Mobil Listrik Mulai Dilirik Masyarakat
Mobil Listrik Mulai Dilirik Masyarakat

Kurangi Polusi Udara, Mobil Listrik Kini Mulai Naik Daun

18 Apr 2022 | 09:39 WIB

Bukan lagi rahasia umum, kemunculan mobil listrik kini sudah mulai merajalela di pasaran. Hal ini terjadi karena mulai sadarnya masyarakat akan pemakaian mobil yang ramah lingkungan. Mobil berbahan bakar bensin digadang-gadang menjadi penyumbang emisi karbondioksida, karena hal itulah kini perlahan konsumen beralih ke mobil listrik.

Mobil Listrik Mulai Dilirik Masyarakat

Mobil Listrik Mulai Dilirik Masyarakat


Kehadiran mobil listrik seakan menjadi warna baru dalam dunia otomotif era sekarang. Sejumlah produsen mobil raksasa berusaha keras menciptakan inovasi terbarunya. Selain itu, muncul produsen-produsen mobil baru yang secara khusus memproduksi mobil listrik seperti Byton, Canoo, dan Rivian. 

Jika di masa depan Sahabat berminat memarkir salah satu mobil listrik ke garasi rumah, pastikan Sahabat sudah mengetahui seluk beluk seputar mobil listrik. Minimal, Sahabat tahu istilah-istilah baru dalam kamus teknologi mobil listrik. Apa saja, merangkum dari situs Car and Driver dan Edison Energy,berikut lima istilah mobil listrik yang perlu Sahabat ketahui: 

1. Sebutan satuan tenaga

Di Amerika Serikat, produsen mobil sering menyebut kekuatan mobil listrik dalam satuan tenaga kuda. Sebutan ini disamakan dengan jenis mobil konvensional atau mesin pembakaran internal. Ternyata, satuan tenaga mobil listrik bisa disebut dalam kilowatt. Satu kilowatt sama dengan 1,34 tenaga kuda. 

2. Kapasitas baterai 

Baterai dalam mobil listrik berfungsi sebagai daya penggerak yang mengandung energi. Kapasitas baterai adalah waktu dalam jam di mana baterai dapat mengeluarkan daya dalam kilowatt. Misalnya, mobil listrik yang lebih kecil dengan jangkauan 200 mil atau lebih sering memiliki baterai sekitar 60 kilowatt. Itu berarti mereka dapat menyediakan 30 kilowatt (atau sekitar 40 tenaga kuda) selama dua jam berturut-turut.

3. Jenis pengisian daya baterai 

Saat ini, sebagian besar daya mobil listrik berasal dari baterai yang diisi baik di rumah ataupun di tempat kerja. Ada dua jenis pengisian daya, pertama, yang disebut Level 1, menggunakan stop kontak 120 volt standar. Kedua, yang disebut Level 2, menggunakan sirkuit 240 volt yang lebih kuat. 

4. MPGe

Miles Per Gallon Equivalent atau MPGe adalah ukuran seberapa jauh mobil listrik dapat melakukan perjalanan dengan energi yang terkandung dalam satu galon bensin. Ini adalah ukuran efisiensi mobil listrik untuk menilai perbandingan efisiensi mobil berbahan bakar bensin di MPG. Nomor MPG biasanya akan muncul di stiker jendela dan di tabel spesifikasi mobil dan pengemudi. 

5. Hybrid 

Mobil yang mengintegrasikan mesin konvensional dan motor listrik untuk meningkatkan efisiensi mesin. Pengisian baterai dilakukan oleh mesin ICE (Internal Combustion Engine), yang mana pengemudi tidak perlu mengisi daya baterai dengan mencolokkan ke pasokan listrik. Mobil hybrid dapat menawarkan penghematan bahan bakar yang lebih besar daripada jenis mobil konvensional. 

Cara kerja mobil hybrid

Sejumlah produsen mobil terkemuka kini berlomba-lomba memproduksi keluaran terbaru mobil hybrid atau hibrida. Hal ini seiring naiknya minat beli konsumen terhadap mobil hasil kombinasi mobil listrik dan mesin konvensional ini. Salah satu pertanyaan paling umum di benak pengemudi adalah bagaimana mobil hybrid bekerja? 

Melansir Cars Direct, mobil hybrid pertama dikembangkan pada 1899 oleh Ferdinand Porsche. Baru di akhir 1990-an, produsen mobil asal Jepang Honda mulai memproduksinya secara massal. Di tahun berikutnya, produsen lain seperti Toyota hingga Chevrolet melakukan inovasi terhadap mobil hybrid ini lantaran kesadaran mobil ramah lingkungan yang terus meningkat. 

Dua sumber daya utama dari mobil hybrid adalah berupa mesin bensin dan motor atau generator listrik yang disokong baterai. Inilah yang membedakan mobil hybrid dengan mobil konvensional. Dikutip dari laman resmi Toyota, kombinasi sempurna antara mesin konvensional dan generator listrik, mobil hybrid menawarkan sensasi mengemudi yang lebih nyaman dan ramah lingkungan. 

Selama perlambatan atau pengereman, motor listrik menghasilkan daya, lalu menyimpannya di baterai agar tetap terisi. Dengan ini, pengemudi tidak perlu mencolokkan baterai ke listrik untuk mengisi daya. Pun saat dikemudikan di lalu lintas kota, mobil hybrid secara otomatis bisa beralih ke mode listrik. Ini tidak memakan konsumsi bahan bakar bensin, sehingga mampu mengurai emisi karbondioksida.

Sementara saat mobil hybrid melaju dengan kecepatan tinggi, maka mesin konvensional berbahan bakar bensin secara otomatis bekerja untuk daya ekstra. Motor listrik juga berfungsi mengurangi beban pada mesin bensin saat mengemudi. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah keseluruhan emisi. 

Sistem kerja mobil hybrid yang demikian diklaim memberikan kinerja dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan jenis mobil lainnya. Tak ayal, mobil hybrid memiliki sejumlah keunggulan. Pertama, motor listrik pada mobil hybrid memberikan take-off yang terkontrol dan efisien berkat torsi instan yang lebih cepat. 

Kedua, pengemudi akan merasakan kenikmatan berkendara yang lebih halus. Ini terjadi karena teknologi yang canggih memberikan pengereman yang terkontrol dan perubahan gigi otomatis yang lebih cerdas. Ketiga, daya penggerak hasil kombinasi menghasilkan tarikan yang lebih kuat pada putaran rendah. Artinya, pengemudi dapat menikmati mobil hybrid di jalan mana pun, di mana saja. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 18 Apr 2022 | 09:39 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

beritaotomotifmobillistrikmobilramahlingkungan