Bahaya LED
Lampu LED Saat Hujan

Lampu LED Tak Tembus Hujan, Lebih Baik Ganti Lampu Kuning

30 Nov 2017 | 10:26 WIB
BAGIKAN

Penggunaan lampu High Intensity Discharge (HID), yang konon memiliki sinar putih memang bisa membuat tampilan kendaraan Anak Garasi lebih mewah. Namun perlu diingat, pada musim hujan seperti ini penggunaan lampu HID justu bisa berbahaya loh Anak Garasi.


Lampu LED Tak Tembus Hujan, Lebih Baik Ganti Lampu Kuning


Meski terlihat terang dalam cuaca panas, namun ketika berkendara di bawah guyuran hujan, sinar putih HID justru lemah. Artinya, pancaran sinar tidak sanggup menembus derasnya hujan yang menurunkan visibilitas pengendara.

Menurut Koordinator Autovision di MGK Kemayoran Marco, cahaya putih pada lampu HID memiliki sifat buruk karena memantulkan cahaya saat hujan.

"Saat sedang diguyur hujan atau kabut, sinar putih akan memantul seperti cermin. Kondisi tersebut membuat pengendara akan silau dan membuat jarak pandang makin terganggu," ujar Marco beberapa waktu lalu seperti yang dilansir dari KompasOtomotif.

Menurut Marco, lampu kuning justru memiliki pancaran sinar yang baik untuk menembus hujan atau kabut. Sedangkan secara intensitas cahaya, yang baik kisarannya di 3.000 sampai 5.000 kelvin.

Di bawah 5.000 kelvin cahaya lampu biasanya berwarna kuning pijar sampai mendekati clear. Namun bila sudah di atas 6.000 kelvin maka sinarnya berwarna putih.

Nah Anak Garasi, jadi sekarang kamu sudah tau kan lampu yang baik dan aman digunakan untuk penerangan berkendara dengan mobil kesayanganmu.


Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 30 Nov 2017 | 10:26 WIB
BAGIKAN