Bahaya LED
Lampu LED Saat Hujan

Lampu LED Tak Tembus Hujan, Lebih Baik Ganti Lampu Kuning

28 Jun 2019 | 13:00 WIB
BAGIKAN

Penggunaan lampu High Intensity Discharge (HID), yang konon memiliki sinar putih memang bisa membuat tampilan kendaraan Sahabat Garasi lebih mewah. Namun perlu diingat, pada saat musim hujan penggunaan lampu HID justu bisa berbahaya loh Sahabat Garasi.

Lampu LED Tak Tembus Hujan, Lebih Baik Ganti Lampu Kuning

Baca juga: Kenali Jenis Lampu Mobil

Meski terlihat terang dalam cuaca panas, namun ketika berkendara di bawah guyuran hujan, sinar putih HID justru lemah. Artinya, pancaran sinar tidak sanggup menembus derasnya hujan yang menurunkan visibilitas pengendara.

Menurut Koordinator Autovision di MGK Kemayoran Marco, cahaya putih pada lampu HID memiliki sifat buruk karena memantulkan cahaya saat hujan.

"Saat sedang diguyur hujan atau kabut, sinar putih akan memantul seperti cermin. Kondisi tersebut membuat pengendara akan silau dan membuat jarak pandang makin terganggu," ujar Marco beberapa waktu lalu seperti yang dilansir dari KompasOtomotif.

Menurut Marco, lampu kuning justru memiliki pancaran sinar yang baik untuk menembus hujan atau kabut. Sedangkan secara intensitas cahaya, yang baik kisarannya di 3.000 sampai 5.000 kelvin.

Di bawah 5.000 kelvin cahaya lampu biasanya berwarna kuning pijar sampai mendekati clear. Namun bila sudah di atas 6.000 kelvin maka sinarnya berwarna putih.

4 Kekurangan Lampu HID

Seiring berkembanganya teknologi saat ini, ada banyak kemajuan dalam komponen penerangan mobil. Mulai dari lampu LED, Halogen, dan lampu HID. Kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai teknologi lampu HID.

Namun secanggih apapun teknologi, tentunya memiliki kekurangan tak terkecuali lampu HID. Nah kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kekurangan lampu HID pada mobil.

1. Pencahayaan Terlalu Terang

Kekurangan lampu HID terletak pada pencahayaannya yang terlalu terang. Mengapa? pencahayaan yang terlalu terang seringkali menyebabkan pengendara lainnya yang sedang berpapasan dengan kendaraan anda menjadi buta sesaat dikarenakan efek pencahayaannya yang terlalu terang. Beberapa orang mungkin memiliki mata yang sensitif terutama jika berhadapan dengan lampu yang sangat menyilaukan.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini bisa diatur dengan pemasangan proyektor, sehingga nantinya intensitas cahaya yang dihasilkan lampu HID menjadi berkurang. Selain itu hal ini juga akan membuat fokus cahaya menjadi lebih kedepan dan tidak akan terlalu menyebar ke segala arah. Namun tetap saja hal ini tidak dilakukan banyak orang karena harga proyektor yang terbilang mahal.

2. Harga Lampu Terbilang Mahal

Kekurangan lampu hid pada mobil lainnya yaitu terletak pada harganya yang terbilang cukup tinggi hanya untuk sebuah lampu saja. Tentu beberapa orang mungkin akan memikirkan ulang untuk membeli lampu HID untuk mobil mereka.

3. Tidak Terang Saat Hujan

Meskipun penerangan yang dihasilkan lampu HID cukup terang, namun hal ini akan berbeda jika digunakan berkendara saat hujan. Hal ini karena nyala lampu yang tidak terang saat kondisi hujan ataupun tidak dapat menembus hujan di jalanan.

4. Membuat Headlamp Cepat Kusam

Siapa sangka jika penggunaan lampu HID menajdi penyebab headlamp menjadi kusam. Lampu HID ini membuat mika kaca dan crom reflector menjadi cepat kusam. Namun tak perlu khawatir, anda bisa menggunakan cara membersihkan headlamp mobil kusam sendiri di rumah dengan alat dan bahan sederhana.

Nah Sahabat Garasi, jadi sekarang kamu sudah tau kan lampu yang baik dan aman digunakan untuk penerangan berkendara dengan mobil kesayanganmu.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 28 Jun 2019 | 13:00 WIB
BAGIKAN