Lampu mobil
Lampu mobil

Lampu Mobil Kurang Terang, Mungkin 5 Komponen ini Penyebabnya

31 Jul 2021 | 14:14 WIB

Sebagai sistem penerangan kendaraan, lampu utama bukan hanya bertindak sebagai penghias mobil namun juga berfungsi sebagai active safety system. Karena lampu ini akan aktif menjaga keselamatan pengemudi mobil ketika mobil berjalan di jalan yang memiliki penerangan minim atau digunakan sebagai penerangan di malam hari.

Lampu Mobil Kurang Terang, Mungkin 5 Komponen ini Penyebabnya

Lampu mobil bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi cahaya. Ada beberapa jenis lampu yang biasa digunakan di mobil. Yang paling umum digunakan adalah model halogen (bohlam). Lampu ini memiliki sinar kuning dengan intensitas sedang namun tetap bisa menerangi jalan dengan sempurna. Masalah utama pada lampu ini adalah filamen yang putus. Filamen adalah kawat khusus yang tipis, apabila dialiri arus listrik maka kawat ini akan bersinar.

Lampu Mobil Kurang Terang, Mungkin 5 Komponen ini Penyebabnya

Sementara di sekitar filamen terdapat gas halogen untuk membuat sinar lampu makin terang. Jenis lain yang sekarang mulai marak adalah jenis LED Projector. Ini merupakan jenis lampu yang paling terang pada mobil, karena menggunakan rangkaian dioda pada lampu. Namun, masalah lampu redup baik pada jenis bohlam halogen atau LED itu sama-sama kekurangan arus listrik. Apa yang menyebabkan lampu kekurangan arus listrik dan meredup, mari simak ulasanya seperti dilansir di msn.com ?

Relay lampu rusak

Fungsi relay adalah sebagai jembatan bagi arus listrik utama dari baterai langsung masuk ke lampu. Didalam relay ada dua rangkaian, yakni rangkaian arus kecil yang masuk ke saklar lampu dan rangkaian arus utama yang masuk ke lampu. Saat saklar dinyalakan, maka rangkaian utama pada relay akan terhubung sehingga lampu bisa menyala. Masalah yang sering terjadi adalah karena kontak didalam relay itu tidak kencang atau longgar.

Lampu Mobil Kurang Terang, Mungkin 5 Komponen ini Penyebabnya

Sehingga air yang dialirkan pada selang, kalau sambungan selang renggang maka air akan bocor dan hanya sedikit air yang bisa disalurkan. Begitu pula dengan arus listrik, saat kontak didalam relay renggang maka arus listrik yang sampai ke lampu itu menjadi lebih sedikit sehingga sinar lampu menjadi redup. Ciri masalah ini, adalah saat anda menyentuh bagian atas relay headlamp akan terasa panas. Panas ini dikarenakan ada loncatan elektron dari kontak yang kurang kencang.

Soket lampu karatan

Lampu Mobil Kurang Terang, Mungkin 5 Komponen ini Penyebabnya

Karat ternyata bisa bertindak sebagai hambatan. Sama kasusnya seperti air, kalau di dalam selang ada penghambat maka aliran air menjadi lebih kecil dan air yang disalurkan per detiknya menjadi berkurang. Pada lampu, karat yang sering ada pada soket bisa menyebabkan penurunan tegangan yang masuk ke lampu yang mengakibatkan sinar lampu kurang maksimal.

Soket lampu meleleh

Lampu Mobil Kurang Terang, Mungkin 5 Komponen ini Penyebabnya

Lelehan di area soket lampu juga berpotensi menyebabkan lampu mobil redup karena lelehan ini bertindak sebagai hambatan listrik. Soket lampu yang meleleh, bisa diawali dari soket yang kurang klop atau kurang masuk ke dalam terminal lampu. Hal ini menyebabkan adanya loncatan elektron dari dua konduktor yang memiliki gap. Loncatan elektron ini meninggalkan panas yang bisa melelehkan area sekitar terminal lampu yang umumnya berbahan plastik.

Aki lemah

Lampu Mobil Kurang Terang, Mungkin 5 Komponen ini Penyebabnya

Sudah tentu aki yang lemah berarti tegangan didalam aki juga lemah. Artinya bukan hanya lampu tapi kelistrikan lain juga menjadi kurang maksimal. Contoh proses starting yang berat dan klakson yang suaranya lemah. Masalah ini umumnya terjadi saat kondisi mesin mobil dalam kondisi mati. Namun kalau mesin berhasil dihidupkan ada alternator yang sanggup menyuplai semua kebutuhan arus listrik.


Mika lampu kusam

Kaca lampu atau mika lampu biasanya memiliki kondisi yang sangat bening ketika mobil baru berumur tiga hari. Namun kalau sudah lewat tiga tahun, maka kondisi mika akan menjadi lebih kusam. Hasilnya, sinar yang dihasilkan lampu di dalam headlamp tidak mampu terpancar keluar dengan sempurna karena kotoran yang menyelimuti mika lampu tidak bisa ditembus cahaya.

Lampu Mobil Kurang Terang, Mungkin 5 Komponen ini Penyebabnya

Solusinya anda harus mencuci mika lampu agar lebih bening. Hanya saja untuk melepas lampu perlu teknik khusus karena pengunci mika ini cukup kuat. Anda mungkin perlu alat pemanas untuk melemahkan pengunci mika.

Bohlam lampu rusak

Terakhir, masalah lampu mobil kurang terang juga bisa disebabkan karena kualitas bohlam lampu itu sendiri. Ada beberapa jenis lampu yang digunakan pada mobil, antara lain bohlam halogen dan lampu LED. Untuk yang halogen, menggunakan kawat tipis bernama filamen yang apabila dialiri arus listrik maka akan membara.

Lampu Mobil Kurang Terang, Mungkin 5 Komponen ini Penyebabnya

Gas halogen, dimasukan ke dalam bohlam agar bara pada filamen menjadi lebih terang. Kalau kondisi filamen gosong, atau gas halogen pada bohlam bocor maka lampu bisa menjadi redup. Kalau anda menemui masalah lampu mobil redup satu (entah kiri atau kanan) maka ini yang menjadi penyebab paling umum

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 31 Jul 2021 | 14:14 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family