Lampu Mobil
Lampu Mobil Mati Sebelah

Lampu Mobil Suka Mati Sebelah, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

07 Agt 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Berbicara tentang permasalahan lampu mobil yang mati mulai dari headlamp (lampu depan),lampu rem,sein, dan lampu lainnya yang masih berkaitan dengan kendaraan roda empat. Lampu mobil baik depan maupun belakang merupakan suatu bagian penting ketika kita berkendara apalagi saat malam hari. 

Lampu mobil yang bermasalah baik itu mati salah satu atau keduanya, hal tersebut bisa menimbulkan resiko ringan hingga besar. Sahabat bisa saja tertilang oleh polisi atau malah beresiko mengalami kecelakaan yang fatal karena tidak dapat melihat objek yang berada di depan dengan jelas.

Lampu Mobil Suka Mati Sebelah, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baca juga: Dijalan Tiba-Tiba Switch Lampu Ngadat? Begini Cara Mengatasinya

Agar kita dapat mengetahui penyebab dari kerusakan pada lampu depan mobil, Sahabat bisa mengetesnya dengan menggunakan testpen. Bisa saja kerusakan berasal dari bohlam lampu, sekring yang putus, kabel yang bermasalah dan masih banyak lainnya. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai permasalahan lampu mobil mati hingga solusi mengatasinya.

1. Lampu depan mobil mati sebelah ataupun keduanya.

Jika Sahabat pernah mengalami lampu mobil depan mati dua duanya untuk lampu dim maupun lampu jarak dekat maka kemungkinan terbesar penyebabnya adalah sekring yang putus yang mana sekring ini berfungsi sebagai pengaman jika terjadi arus berlebih seperti ketika terjadi korsleting pada jalur kabel yang menuju ke lampu utama mungkin dikarenakan ada jalur kabel yang terkelupas dan terjadi korsleting pada saat kabel tersebut terkena air yang bisa terjadi diwaktu hujan maupun ketika melewati jalan berlubang yang dipenuhi air. Selain sekring kemungkinan lain adalah putusnya bola lampu tersebut akan tetapi hal ini sangat jarang terjadi apabila yang mati keduanya.

Untuk solusinya, bila dirasa penyebabnya dari sekring, setelah memeriksa dan memastikan kondisinya putus, Sahabat dapat memperbaikinya dengan cara melilitkan dua helai serabut logam dari kabel tersebut ke kedua terminal. Dan kemudian pasang kembali sekring tersebut dengan tepat.

2. Lampu dekat mati lampu jauh hidup

Menggunakan lampu jauh dengan terus menerus akan menyilaukan kendaraan yang berlawanan arah dan hal itu membahayakan dan sangat menjengkelkan untuk orang lain karena pandangan orang yang berlawanan arah dengan kita akan tidak jelas dan mungkin Sahabat sering dimaki karena keadaan tersebut,maka harap segera perbaiki ya jika Sahabat mengalami lampu dekat mati akan tetapi lampu jauh hidup. 

Untuk mencari solusi dari permasalahan ini sahabat dapat melakukan pengecekan terhadap bola lampu sahabat dan apabila bola lampu tidak putus maka coba untuk memeriksa relay lampu yang mengatur untuk berfungsinya lampu jauh dan lampu dekat, dan untuk mengetahuinya sahabat bisa melakukan pemeriksaan dengan cara yang mudah, dengan mencoba menyalakan lampu dekat dan coba melakukan lampu DIM jika terdengar sura "tek" maka bisa dipastikan relay masih berfungsi dengan baik. Jika cara diatas masih tidak membuahkan hasil maka Sahabat bisa melakukan pemeriksaan terhadap socket-socket sambungan kabel yang mengarah ke headlamp.

3. Lampu depan mobil redup sebelah

Selain mati seringkali permasalahan terkait dengan lampu depan redup sebelah. Apabila didapati mobil dengan keadaan seperti ini biasanya disebabkan oleh kurang kencangnya kabel yang menempel ke body mobil. Untuk memperbaikinya Sahabat bisa mencari kabel yang berada di sekitar headlamp yang berwarna hitam yang mana kabel tersebut biasanya ditempelkan dengan baut ke body mobil, pada umumnya kabel tersebut kendur atau mungkin baut berkarat juga bisa jadi hampir putus.

4. Lampu rem mati

Lampu rem salah satu dari bagian penting untuk mobil dimana bertugas untuk memberi isyarat pada pengemudi kendaraan di belakang kita jika kita sedang melakukan pengereman, jika lampu rem mati itu akan sangat membahayakan kita maupun yang berada dibelakang kita karena bisa jadi kita ditabrak dari belakang karena lampu rem mati. Pada umumnya lampu rem mobil mati disebabkan oleh empat faktor berikut :

  • sekring putus,
  • bola lampu yang putus,
  • socket sambungan dekat lampu belakang kotor
  • rumah bola lampu yang karatan yang mana biasanya terjadi pada mobil pick up,
  • switch lampu rem yang terdapat pada ujung pedal rem bagian atas yang rusak akan tetapi hal ini sangat jarang terjadi.
  • Jadi sahabat bisa melakukan pengecekan pada bagian bagian tersebut untuk mengatasi
  • lampu rem mobil yang mati.

4. Lampu Sein mobil berkedip cepat,mati total atau mati salah satu

Diantara Sahabat mungkin ada juga yang pernah mengalami indikator lampu penunjuk arah (sein) yang ada di speedometer berkedip dengan cepat, sebetulnya hal itu adalah salah satu ciri yang menandakan salah satu lampu sein yang mati seperti contoh jika Sahabat menyalakan lampu sein sebelah kanan dan ternyata indikator sein pada dashboard berkedip dengan cepat maka bisa dipastikan salah satu lampu sein sebelah kanan ada yang mati. Dan untuk memperbaikinya Sahabat bisa mengganti bohlam lampu sein jika putus atau jika tidak putus mungkin bohlam tidak menempel dengan baik pada rumahnya, juga periksa sambungan socket.

Nah Sahabat, itulah beberapa permasalahan yang membuat lampu mobil mati hingga cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Sahabat Garasi. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Agt 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN