Dongkrak mobil
Dongkrak mobil

Langkah Mendongkrak Mobil yang Benar dan Jenis-Jenis Dongkrak Mobil

20 Feb 2020 | 14:30 WIB

Dongkrak adalah sebuah alat yang umumnya digunakan untuk mendongkrak mobil atau mengangkat bodi mobil. Alat tersebut sudah wajib hukumnya ada di setiap mobil yang kamu miliki Sahabat. Kemampuan dongkrak mobil dalam mengangkat benda, dibatasi oleh kekuatan dongkrak itu sendiri.

Langkah Mendongkrak Mobil yang Benar dan Jenis-Jenis Dongkrak Mobil

Selain itu mendongkrak mobil, fungsi dari dongkrak sendiri Sahabat temukan di bengkel-bengkel mobil. Mulai dari servis mobil, mencuci mobil atau melakukan pengecekan bagian bawah mobil. 

Di Indonesia sendiri terdapat 3 buah jenis alat untuk mendongkrak mobil. Masing-masing dari dongkrak mobil tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada yang dinamakan dongkrak jenis botol/tabung, dongkrak gunting dan dongkrak buaya. Nah, apa sih yang membedakannya? Dan bagaimana cara mendongkrak mobil yang benar? Yuk simak tipsnya di bawah ini seperti dilansir di informasiotomotif.com.

Dongkrak mobil botol/ tabung

Dongkrak mobil botol/tabung disebut seperti itu karena bentuknya yang persis dengan botol. Cara mendongkrak mobil dengan ini cukup mudah, Sahabat hanya tinggal menaik turunkan tuas agar sistem hidrolis bekerja. Keunggulan lainnya adalah, bentuknya yang simpel dan kecil memudahkan dongkrak mobil ini untuk dibawa kemana saja. Sebelum menggunakan dongkrak ini, pastikan harus mengencangkan katup kecil yang berada di sebelah tuas pengungkit. Begitu juga sebaliknya, bila ingin menurunkan dongkrak, putar tuas ke arah sebaliknya, dan sampai dongkrak turun kebawah.

Langkah Mendongkrak Mobil yang Benar dan Jenis-Jenis Dongkrak Mobil

Dongkrak botol umumnya digunakan oleh pemilik kendaraan pribadi, walaupun ada sebagian pemilik truk juga menggunakannya. Kekuatan dongkrak botol ada batasnya, yaitu ukuran 10 ton. Kelemahan dongkrak ini adalah, hidrolik akan bocor bila pemakaiannya tidak benar, sehingga pemilik dongkrak harus siap memperbaikinya dengan cara mengganti karet sil pada dongkrak.

Dongkrak gunting

Dongkrak gunting adalah dongkrak yang paling simpel. Bentuknya yang kecil akan sangat mudah untuk dibawa kemana mana. Berbeda dengan dongkrak botol, dongkrak ini tidak menggunakan sistem hidrolik, jadi pengguna dongkrak ini harus dipaksa menggunakan tenaga lebih untuk mengangkat bodi mobil.

Langkah Mendongkrak Mobil yang Benar dan Jenis-Jenis Dongkrak Mobil

Walaupun begitu, dongkrak gunting masih menjadi andalan para pemilik mobil untuk mendongkrak mobil pribadi, karena bentuknya yang mungil bisa ditempatkan dimana saja dan harganya yang sangat murah dibandingkan dengan dongkrak jenis lain.

Dongkrak ini diperuntukkan hanya untuk mobil kecil yang beban mobil tidak lebih dari 2 ton. untuk mengangkat beban lebih dari itu, akan sangat tidak mungkin, karena tidak menggunakan bantuan sistem hidrolik, dan bentuk dari dongkrak yang sangat kecil.

Dongkrak buaya

Langkah Mendongkrak Mobil yang Benar dan Jenis-Jenis Dongkrak Mobil

Bentuknya yang besar dan berat, tidak banyak pemilik mobil menggunakan dongkrak mobil macam ini. Pengguna dongkrak ini umumnya adalah bengkel. Selain bentuk yang besar, dan berat, dongkrak jenis buaya sangat mahal harganya. Seperti yang banyak orang katakan, dongkrak paling aman adalah dongkrak jenis buaya. Bentuk yang besar dan sudah menggunakan teknologi hidrolik untuk mengangkat beban akan sangat memudahkan pengguna untuk mendongkrak mobil.

Cara mendongkrak mobil yang benar

Setelah dijelaskan di atas jenis-jenis dongkrak mobil apa saja yang perlu Sahabat ketahui, ada beberapa langkah dan cara untuk mendongkrak mobil. Tidak semudah yang Sahabat pikirkan lho, jika tidak mengikuti prosedurnya bisa mengakibatkan kecelakaan. Oleh karena itu, yuk simak langkah-langkah mendongkrak mobil yang baik dan benar. 

Cek kondisi dongkrak mobil 

Langkah pertama adalah persiapan. Persiapkan terlebih dahulu tentunya dongkrak yang Sahabat miliki, kunci yang diperlukan untuk memutar dongkrak dan yang lainnya. Selain itu, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah lakukan pengecekan akan kondisi dongkrak.

Untuk mengeceknya,Sahabat bisa melihat apakah ada kebocoran oli, kurangnya komponen pendukung dongkrak dan yang lainnya. Jika ditemukan masalah tersebut berarti dongkrak mobil yang Sahabat miliki sudah tidak bisa digunakan.

Cari permukaan yang rata 

Langkah Mendongkrak Mobil yang Benar dan Jenis-Jenis Dongkrak Mobil

Ketika Sahabat akan mendongkrak mobil, pilihlah permukaan yang rata untuk menjadi pijakan dongkrak mobil. Jangan pernah mendongkrak mobil di permukaan yang landai, akan sangat berbahaya karena tidak seimbang. 

Tumpuan saat mendongkrak mobil

Tidak semua bagian bawah mobil bisa Sahabat jadikan sebagai tumpuan ketika akan mendongkrak mobil. Pastikan kamu memilih tumpuan yang tepat ketika melakukan proses jacking tersebut. Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan tumpuan agar proses mendongkrak bisa dilakukan dengan benar dan mudah. Dimana saja letaknya?

Tumpuan mendongkrak mobil pada bodi monocoque

Langkah Mendongkrak Mobil yang Benar dan Jenis-Jenis Dongkrak Mobil

Struktur bodi monokok merupakan struktur rangka yang menyatu dengan bodi. Dengan kata lain, pada tipe ini tidak ada frame besi karena sistem suspensi akan berlangsung menempel pada bodi. Tumpuannya sendiri ada di dua posisi, yakni di area samping bawah pintu mobil baik depan atau belakang dan pada bagian lower arm suspension. 

Tumpuan mendongkrak mobil pada bodi frame terpisah

Langkah Mendongkrak Mobil yang Benar dan Jenis-Jenis Dongkrak Mobil

Tipe bodi ini sering digunakan pada kendaraan berat atau mobil niaga. Sahabat bisa melihat besi yang melintang di bagian bawah mobil yang berfungsi sebagai frame tempat untuk meletakkan sistem suspensi. Yang paling aman, dongkrak bisa diletakkan pada titik frame itu sendiri, karena posisinya paling kuat.

Langkah mendongkrak mobil yang benar

Nah, ketika Sahabat ingin mendongkrak mobil dengan apapun jenis dongkraknya, tentukan titik tumpu yang baik dan benar. Pastikan posisi dongkrak menyentuh titik tumpu. Pompa tuas dongkrak hingga mobil terangkat, pastikan lakukan dengan perlahan. 

Langkah Mendongkrak Mobil yang Benar dan Jenis-Jenis Dongkrak Mobil

Ketika Sahabat ingin mengganti ban mobil yang kempes atau bocor, sebelum dongkrak diputar, longgarkan seluruh baut ban yang akan diganti. Hal tersebut akan mempermudah Sahabat ketika akan melepas ban dari tempatnya. 

Ketika mendongkrak mobil, pastikan mobil tidak terlalu tinggi ketika diangkat. Cukup sekitar 10-15 cm, jika terlalu tinggi mobil justru tidak akan seimbang dan jika terlalu rendah ban akan sulit dilepas. Dan hal yang tidak perlu Sahabat lupakan juga adalah pada saat akan mendongkrak mobil tersebut, pastikan semua penumpang turun untuk meringankan beban kerja dongkrak.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 14:35 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitokogarasiidotomotifragaminfodongkrakbuayatabunggunting