Lebih mahal mana, Perawatan mobil matic vs manual?
Lebih mahal mana, Perawatan mobil matic vs manual?

Lebih Mahal Mana, Perawatan Mobil Matic vs Manual?

12 Feb 2022 | 11:00 WIB

Saat hendak membeli mobil, yang selalu menjadi salah satu pertimbangan penting adalah biaya perawatan. Karena kendaraan yang digunakan pasti butuh perawatan rutin bukan nantinya Sahabat Garasi. Bicara soal perawatan mobil, Sahabat Garasi tim mobil matic atau manual nih? Tapi apapun mobilnya, inget tetap harus rutin dirawat ya Sahabat. 

  

Balik lagi soal perawatan nih, perawatan mobil matic vs manual menjadi topik yang sering dibahas orang saat memutuskan membeli mobil. Mobil matic digadang-gadang sebagai mobil yang nyaman dikendarai, apalagi untuk di daerah jakarta yang suka macet. Cuma injak 2 pedal gas dan rem, macet panjang juga jadi terasa nyaman aja kalau naik mobil matic. Beda kalau mobil manual, kalau habis macet-macetan rasanya betis langsung kenceng nginjekin kopling.  

  

Soal nyamanya mobil matic, ternyata sering dinilai banyak orang menguras dompet loh Sahabat. kira-kira bener nggak ya Sahabat? yuk langsung aja kita bahas lebih lengkap lagi soal Perawatan mobil matic vs manual. 

  

Apa aja perawatan mobil matic? 

1. Panaskan mobil setiap hari 

Memanaskan mobil hukumnya wajib untuk perawatan mobil matic maupun manual. Meski terdengar sepele, namun memanaskan mobil bisa membuat mesin kendaraan kamu terus prima. Keuntungan lain dari Sahabat rutin memanaskan mobil adalah kelistrikan mobil terjaga dengan baik, sirkulasi oli baik, dan mampu mengurangi kebocoran kompresi.

  

2. Ganti oli secara berkala 

Di mobil matic Sahabat wajib untuk mengganti oli secara berkala, baik oli mesin ataupun oli transmisi. Untuk perawatan mobil matic, idealnya penggantian oli matic jika telah menempuh jarak 25 ribu KM dan maksimal 50 ribu KM. 

  

3. Kontrol kondisi Valve 

Pada mobil matic terdapat komponen valve, komponen ini bisa jadi bocor bila cara Sahabat memindahkan transmisi terlalu kencang dan cepat. Dampak dari kebocoran valve akan bisa merambat pada komponen transmisi lainnya sehingga mengganggu kenyamanan berkendara.  

  

4. Servis berkala 

Jika Sahabat memilih mobil matic, jangan lupa untuk memperhatikan jadwal servis rutin agar kondisi mesin tetap prima dan menghindari penggantian komponen yang terlanjur rusak parah. 

  

Perawatan mobil manual? 

Lebih Mahal Mana, Perawatan Mobil Matic vs Manual?

Rutin Ganti Oli


1. Mengganti oli dan filter oli mobil 

Perawatan utama untuk mobil manual adalah mengganti oli dan filter oli secara teratur. Hal tersebut menjadi penting karena kinerja mesin mobil sangat dipengaruhi oleh oli. Jadi jangan sekali-kali Sahabat menunda hingga waktu lama untuk melakukan penggantian oli dan filter oli mobil. 

  

2. Lakukan penyetelan kopling 

Menjadi komponen yang memperhalus dan mempercepat pergantian gigi pada mobil manual, sebaiknya Sahabat melakukan penyetelan kopling secara tepat. Karena jarak pedal kopling yang terlalu tinggi bisa berdampak perpindahan gigi mobil menjadi kasar dan berat.

 

3. Periksa timing belt

Menjadi komponen yang meneruskan putaran roda gigi ke mesin mobil, timing belt yang rusak biasanya mengeluarkan suara dengung atau bising ketika mesin mobil dinyalakan. Bila hal itu terjadi, segeralah Sahabat ganti karena bila tidak segera diganti akan berdampak ke timing belt putus sehingga komponen tertentu pada mobil juga akan rusak.

 

4. Servis berkala

Untuk mendapatkan kondisi mobil yang selalu prima, Sahabat wajib hukumnya untuk melakukan servis berkala secara rutin. Nah untuk tempat servis berkala yang rutin, Sahabat bisa mempercayai Garasi.id. Di Garasi.id Sahabat bisa membeli voucher servis berkala dengan diskon hingga 50% karena ada promo Gaspol In Love hingga 28 Februari 2022.

 

Melihat penjelasan di atas, meski tidak terlalu mencolok soal perbedaan perawatan mobil matic vs manual tetapi bisa di ambil kesimpulan kalau perawatan mobil matic memang lebih mahal. Kenapa? karena mobil matic dalam hal perawatan memang mahal, khususnya dalam hal penggantian oli. Namun, perawatan hal lain pada mobil matic tidak ada. Hal tersebut diungkapkan oleh Pemilik Bengkel Spesialis Worner Matic Hermas Efendi Prabowo yang dikutip dari kompas.com.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 12 Feb 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisberkalaservismobilgantioli
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family