Rutin Servis Mobil Menjaga Kestabilan Performa Mobil
Rutin Servis Mobil Menjaga Kestabilan Performa Mobil

Manfaat Servis Mobil Berkala Secara Rutin

06 Des 2022 | 11:59 WIB

Biaya servis mobil adalah sejumlah biaya yang perlu Sahabat bayarkan untuk menjaga performa mesin kendaraan agar tetap prima dan berkendara dengan aman. Seperti yang kita ketahui, besaran biaya servis mobil bisa sangat bervariatif tergantung merk mobil, jenis, dan besaran kilometer yang sudah dicapai.

Rutin menjalani servis mobil sudah dianjurkan oleh pemerintah dari dulu. Pasalnya, berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 10 tahun 2012 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Yaitu, batas maksimum zat atau bahan pencemar yang boleh dikeluarkan langsung dari pipa gas buang kendaraan bermotor.

Di mana kendaraan bermotor tipe baru menggunakan mesin dan/atau transmisi tipe baru yang harus sesuai dengan mutu emisi gas buang dari menteri lingkungan hidup. Ada berbagai manfaat yang akan diperoleh pengguna kendaraan ketika rutin menjalani servis mobil, simak ulasannya sebagai berikut.


Servis Mobil Secara Rutin Agar Performa Mobil Selalu Prima Dan Terbebas Dari Marabahaya

Servis Mobil Secara Rutin Agar Performa Mobil Selalu Prima Dan Terbebas Dari Marabahaya


  • Mobil Tetap Prima

Servis yang rutin sesuai aturan membuat kinerja mobil tetap cemerlang dan bisa melaju dengan prima. Karena servis dilakukan secara menyeluruh, maka Sahabat bisa tahu komponen mobil mana saja yang perlu perbaikan. Pasalnya, komponen mobil memiliki penurunan kualitas seiring dengan jarak pemakaian.

Misalnya, kampas rem yang menipis, busi aus, atau saringan udara yang kotor. Semua itu bisa terdeteksi melalui servis secara berkala. Saat servis mobil, bengkel akan melakukan pembersihan, perbaikan, atau penggantian komponen bila diperlukan. Dengan begitu, mobil bisa tetap melaju dengan baik dan memberi jaminan rasa aman dan nyaman kepada pengendara.


  • Berkendara Semakin Nyaman Dan Aman

Servis mobil secara berkala memberi peluang bagi Sahabat dan pihak bengkel mengetahui komponen mana saja yang sudah perlu diganti atau diperbaiki. Misalnya, kampas rem yang menipis tentu akan diganti dengan komponen yang baru.

Ini tentu saja akan membuat kamu selaku pemilik dan pengendara mobil merasa aman dan nyaman. Bila sebelumnya merasa was-was dengan performa mobil, maka servis membuat hati kita plong. Melaju di jalanan menjadi lebih nyaman.


  • Hemat Biaya

Jangan lupa kalau servis kendaraan secara berkala mengurangi risiko kantong Sahabat  boros di masa yang akan datang. Servis mobil secara berkala memberi peluang bagi kamu mengganti komponen yang rusak. Bila pihak bengkel menemukan satu saja komponen yang sudah lawas dan perlu diganti, maka mereka akan meminta persetujuan pemilik mobil untuk melakukan penggantian.

Penggantian di saat servis berkala ini memang mengeluarkan biaya. Tapi ingat, masih lebih baik merogoh dompet untuk biaya servis berkala ketimbang merogoh kocek untuk penggantian komponen yang tiba-tiba rusak setelah lama tidak diservis. Biasanya komponen yang rusak akibat lama tidak diservis akan menuntut perbaikan dengan biaya yang tidak sedikit. Artinya, uang yang dikeluarkan akan lebih banyak. Karena itu, lebih baik servis secara berkala. Meski tetap mengeluarkan uang, yang terpenting performa kendaraan tetap terjaga.


Siasati Budget Yang Dikeluarkan Relatif Lebih Murah Dan Terjangkau

Siasati Budget Yang Dikeluarkan Relatif Lebih Murah Dan Terjangkau


  • Manfaatkan Promo Dan Paket Servis

Pada kesempatan tertentu, biasanya bengkel mobil akan melakukan promo dalam rangka perayaan hari besar tertentu. Nah, Sahabat bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan servis maupun mangganti bagian tertentu pada mobil kamu. Selain promo, paket servis yang ditawarkan oleh bengkel cenderung lebih murah ketimbang melakukan satu jenis servis yang Sahabat inginkan. Cara menghemat biaya servis mobil tersebut bisa kamu jadikan alternatif penghematan biaya.


  • Umur Kendaraan Lebih Lama

Mobil yang diberi jatah servis berkala memiliki usia yang relatif lebih lama. Dengan setiap servis yang dilakukan, Sahabat jadi tahu komponen mana saja yang perlu diganti. Penggantian dan perbaikan komponen secara berkala membuat performa mobil lebih baik. Masa pakai mobil pun jadi lebih panjang.


  • Nilai Jual Kendaraan Stabil

Performa mobil yang baik dan terjaga serta jaminan kenyamanan dan keamanan yang tetap ada, membuat nilai jual mobil lebih stabil. Itulah mengapa mobil harus dicek secara berkalaMobil yang diservis secara berkala tentu lebih dipilih para pemburu mobil bekas ketimbang mobil yang jarang atau tak pernah diservis. Tentu, mobil bekas yang masih bisa melaju kencang dan performa baik punya nilai tawar yang tinggi. Karena itu, penting untuk Sahabat rutin servis mobil. Agar saat kendaraan mobil senantiasa aman dan nyaman.


Manfaat Servis Mobil Berkala Secara Rutin


Jika Sahabat ingin melakukan servis berkala mobil lebih hemat, Garasi.id dan partner terpercaya di web www.Garasi.id berikan Promo Gaspol 12.12 dengan diskon 75% hingga 150Ribu untuk jasa layanan servis berkala, ganti oli mesin, spooring, balancing, uji emisi dan perawatan AC agar mobil kesayangan Sahabat kembali optimal. Promo ini berlaku sampai dengan 15 Januari 2023. Tunggu apa lagi, sikat promonya sekarang!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 06 Des 2022 | 11:59 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family