Perhatikan Volume Oli Mesin Mobil
Perhatikan Volume Oli Mesin Mobil

Masih Awam, Begini Cara Membaca Dipstick Oli Mobil!

02 Mei 2023 | 10:00 WIB

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Hal ini membuat Sahabat ingin selalu merawat mobil dengan baik supaya mobil ini tidak cepat rusak karena penggunaannya yang sering. Salah satu bentuk perawatan untuk mobil yang banyak dilakukan adalah mengganti oli atau mengeceknya. Ada beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan untuk mengecek oli di mobil. Salah satunya adalah dengan dipstick.


Dipstick adalah batang yang pipih yang akan dicelupkan pada tempat penyimpanan oli di dalam mesin. Sesuai namanya, penggunaan alat ini adalah dengan mencelupkannya atau dengan dipping itu sendiri. Alat ini umumnya merupakan bagian dari mobil yang sudah disediakan oleh produsen untuk Sahabat gunakan saat ingin mengecek kualitas dari oli mobil hingga jumlah takaran oli mesin yang ada. Namun, untuk yang masih awam, mungkin akan bingung cara membaca dipstick oli mobil.


Periksa Keadaan Oli Setiap Mengisi Bensin

Periksa Keadaan Oli Setiap Mengisi Bensin


Fungsi dipstick atau stik oli adalah agar pemilik kendaraan bisa dengan mudah memeriksa kualitas dan volume oli dari luar mesin. Dipstick adalah suatu besi pipih yang bisa digunakan untuk mengecek keadaan dari oli mobil Sahabat. Namun, ada kemungkinan yang cukup besar kalau kamu masih belum mengerti cara menggunakan dipstick ini.


Berikut ini adalah beberapa cara membaca dipstick oli mobil yang perlu Sahabat ketahui. Langkah ini juga bisa diaplikasikan sebagai cara membaca dipstick oli mobil matic maupun versi manual.


1. Parkir Mobil Di Permukaan Yang Rata

Langkah awal yang perlu Sahabat lakukan adalah harus memarkir mobil pada permukaan jalan yang rata. Hal ini dilakukan supaya bisa mendapatkan pembacaan oli yang lebih akurat lagi. Di sini kamu harus memastikan kalau oli tidak ada dalam keadaan miring ke salah satu bagian yang akan memberikan kamu sedikit pembacaan yang kurang akurat. Coba temukan bagian permukaan yang rata saat sedang memarkir mobil lalu bisa mengecek oli mobil.


2. Pastikan Mesin Mobil Dalam Keadaan Mati

Untuk kebanyakan mobil, sangat direkomendasikan untuk pengemudi mengecek oli mereka saat mesinnya sedang dingin. Namun beberapa automaker merekomendasikan pengecekan saat mesin dalam keadaan hangat untuk beberapa kendaraan. Supaya bisa menentukan lebih pasti lagi yang mana yang cocok untuk mobil Sahabat maka harus mengecek buku manual pemilik.


Beberapa faktor yang mempengaruhi temperatur mesin ideal untuk pengecekan oli adalah termasuk jenis oli yang digunakan dan temperatur di lokasi mengecek oli mobil. Elemen tambahan ini harusnya juga tersedia di dalam buku manual pemilik. Pastikan saat mengecek oli mobil dalam keadaan mesin sedang panas, maka kamu harus berhati-hati supaya tangan tidak terkena benda panas.


Pastikan  Indikator Oli Mobil Berfungsi Normal

Pastikan Indikator Oli Mobil Berfungsi Normal


3. Perhatikan Level Indikator Volume Oli

Sahabat juga perlu memperhatikan level indikator volume oli pada mesin mobil. Biasanya, ada dua titik kecil di ujung dipstick, di mana yang satu menunjukkan kalau oli sudah penuh atau yang lainnya lagi menunjukkan jumlah minimal oli yang seharusnya ada.


Cara melihat dipstick oli adalah dengan memastikan titik minimum yang harusnya dekat dengan ujung, dan titik maksimum harus sekitar satu inci atau lebih lebih tinggi. Pada mobil yang memiliki oli dengan jumlah yang cukup, maka garisnya ada pada sekitar pertengahan kedua titik itu.


Secara general, titik yang berada untuk minimum akan berada di paling ujung dari dipstick. Jika garis dari ada oli pada dipstick berada di pertengahan ujung dan titik tersebut maka kamu harus menambahkan oli ke mobil kamu.


4. Perhatikan Kondisi Warna Oli

Warna dan konsistensi dari oli mesin akan menunjukkan umurnya dan kemungkinan beberapa masalah efisiensi mesin lainnya yang harus kamu ketahui. Jadi, pastikan juga untuk cek warna oli mesin mobil kamu. Lap sedikit oli yang menempel di dipstick dan periksa oli tersebut di sebuah kain.


Sahabat akan mengetahui kualitas dari oli mesin. Oli mesin yang berada dalam keadaan yang baik akan berwarna kuning sedikit kehijauan, dan tidak boleh terlalu gelap. Oli akan berubah warnanya dari emas ke coklat dan hitam semakin lama oli tersebut keluar dari mesin. Metal filings dan particulate akan sedikit demi sedikit merusak silinder mobil dari waktu ke waktu yang menjelaskan kenapa oli harus diganti sesuai dengan interval jasa yang direkomendasikan.


Sebenarnya, kondisi oli mesin mobil yang berwarna kuning bersih atau kuning kecoklatan masih layak pakai. Namun, jika oli mobil sudah berwarna coklat gelap atau bahkan hitam, oli tersebut sudah sangat tidak layak dan harus segera diganti. Lihatlah warnanya secara lebih spesifik. Jika warnanya gelap atau bahkan hitam maka itu adalah tanda kalau oli harus segera diganti. Bawa mobil kamu ke bengkel untuk ganti oli atau Sahabat bisa mencoba untuk menggantinya sendiri.


Perhatikan Volume Oli Mesin Mobil

Ganti Oli Mesin Mobil Secara Berkala


5. Ketahui Pengertian Tanda Pada Dipstick

Beberapa kondisi bisa ditunjukkan lewat dipstick. Ada kondisi yang perlu Sahabat ketahui seperti berikut ini.


  • Oli Rendah atau Posisi Berada di Bawah LOW (L)

Kondisi ini menunjukkan kapasitas oli kurang dan harus ditambah. Penyebabnya bisa dari kemungkinan oli mesin bocor atau terdapat rembesan oli di sekitar mesin.


  • Oli Normal atau Posisi Berada di Antara LOW dan FULL

Kondisi ini menunjukkan kapasitas oli yang tidak mengalami masalah.


  • Oli Berlebihan atau Posisi Berada di Atas Tanda FULL

Kondisi ini menunjukkan oli mobil terlalu penuh. Perlu diketahui, oli mesin mobil yang terlalu banyak bisa menyebabkan mesin menjadi berat saat jalan akibat poros mesin yang terendam oleh oli.


Pilih Jasa Servis Ganti Oli Hanya di www.Garasi.id
Pilih Jasa Servis Ganti Oli Hanya di www.Garasi.id

Semoga Sahabat lebih paham mengenai cara membaca dipstick oli mobil dengan benar. Merawat mobil tidak perlu selalu pergi ke bengkel tapi bisa melakukannya sendiri. Bayangkan jika Sahabat sedang di area yang tidak ada bengkel dan tiba-tiba ada masalah pada oli mesin. Hal ini tentu akan sangat menyebalkan, karena hal semudah ini membuat kamu tidak bisa melanjutkan perjalanan. Itulah kenapa penting untuk mengetahui keadaan dan cara mengganti oli mesin mobil dengan benar supaya Sahabat mengerti permasalahan pada mobil kesayangan. Ingat Sahabat, lakukan perawatan servis berkala dan ganti oli hanya di www.Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Mei 2023 | 11:36 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifperawatanmobilservisberkaladipstickolimobilgantioli
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family