Lakukan Perawatan Eksterior Mobil Secara Berkala
Lakukan Perawatan Eksterior Mobil Secara Berkala

Masih Awam, Perbedaan Antara Salon Mobil dengan Auto Detailing

22 Jan 2024 | 14:27 WIB

Saat ini sudah semakin banyak pemilik mobil pribadi yang rela mengeluarkan biaya besar agar mobil kesayangannya tetap terawat dan terlihat baru. Namun, perawatan mobil itu banyak jenis dan tingkatannya. Biasanya, hal termudah yang bisa dilakukan pemilik mobil adalah memoles dengan wax setelah mencuci mobil kesayangan, itu pun di bagian luar saja.


Jadi, sangat disayangkan jika perawatan mobil kesayangan kamu tidak optimal. Secara kasat mata bagian bodi mobil akan terlihat kusam serta area interior pun masih terlihat debu dan kotor di sela-sela kabin mobil.


Pentingya Perawatan Khusus Pada Bodi Mobil

Pentingya Perawatan Khusus Pada Bodi Mobil


Oleh karena itu Sahabat, solusi perawatan mobil yang sedang trend dan biasanya dipakai dengan menggunakan jasa salon mobil atau auto detailing. Jika masih awam, kamu bisa simak perbedaan salon mobil dengan auto detailing dibawah ini.


1. Bagian yang Dibersihkan

Perbedaan salon mobil dan auto detailing yang pertama adalah terkait detail kebersihannya. Pada salon mobil, perangkat atau mobil yang dibersihkan hanya pada bagian luarnya saja. Biasanya tidak akan membersihkan secara lebih mendetail.


Jika membersihkan ban mobil, maka yang dibersihkan hanya sampai bagian velg saja dan bagian luar ban. Begitu pula dengan bagian lainnya, meski begitu salon mobil tetap memberikan layanan yang akan membuat mobil kamu menjadi makin kinclong setelah keluar dari salon ini.


Pilih Jasa Auto Detailing Yang Terpercaya

Pilih Layanan Auto Detailing Yang Terpercaya


Sedangkan pada auto detailing, objek yang akan dibersihkan ini sampai ke sela-sela paling kecil. Pada auto detailing mobil akan dibersihkan hingga ke bagian sela-sela yang tak terlihat secara langsung. Tak heran jika hasil auto detailing ini jauh lebih bagus dari salon mobil biasa. Hasil mobil auto detailing sudah pasti lebih kinclong dari salon mobil. 


2. Alat dan Bahan yang Digunakan

Meski sama-sama bertujuan untuk membersihkan dan merawat mobil, namun kedua jasa ini punya perbedaan dalam menggunakan alat dan bahan untuk membersihkannya. Karena hasil dan teknik pembersihan yang dilakukan auto detailing lebih komplit, maka tentu saja alat dan bahan yang digunakan jasa auto detailing akan lebih bagus. 


Sedangkan pada salon mobil biasanya hanya menggunakan alat pembersihan yang umum ada di tempat cuci mobil. Bahan yang digunakan juga kualitasnya tidak sebagus yang dipakai di tempat auto detailing. 


Auto Detailing Memberikan Efek Lebih Maksimal

Auto Detailing Memberikan Efek Lebih Maksimal


3. Tingkat Ketahanan Hasil

Baik auto detailing maupun salon mobil, keduanya sama-sama memberikan efek yang bagus untuk kebersihan dan keindahan mobil. Saat selesai pun hasilnya akan membuat mobil kesayangan Sahabat jadi tampak lebih kinclong seperti baru lagi. 


Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, tentu saja hasil kebersihan dan kemulusan akan jauh lebih bagus auto detailing. Dari layanan yang dilakukan tersebut, mobil yang dirawat oleh auto detailing hasilnya akan lebih tahan lama dibandingkan yang dirawat di salon mobil. 


4. Waktu Pengerjaan

Biasanya pengerjaan salon mobil hanya memoles bagian eksterior yang terlihat. Otomatis, hal-hal lainnya seperti sisi-sisi lampu bisa jadi luput dari pemolesan. Lalu untuk sisi interiornya, yang hanya dibersihkan dengan penyedot debu. Velg hanya sebatas memoles velg dan ban dengan wax saja. Waktu pengerjaannya pun terbilang singkat, dengan 1-3 jam saja.


Lain hal nya dengan Auto Detailing, yang memiliki banyak tingkatan pekerjaan. Dimulai dengan bodi repairing, yang memeriksa seluruh goresan bodi kendaraan yang ada. Pengerjaannya pun benar-benar detail dengan peneraman banyak layer. Bahkan, untuk sela-sela lampu dan baut roda pun tak luput dari pemeriksaan. Interiornya pun dikerjakan secara detail, dan bangku kendaraan, sarung jok juga dicopot untuk dibersihkan. Waktu pengerjaan paling cepat 7 jam. 


Harga Detailing Menentukan Hasil Terbaik

Harga Detailing Menentukan Hasil Terbaik


5. Tarif

Hasil auto detailing cukup sempurna dibandingkan salon mobil. Bahkan mobil hasil rawatan auto detailing ini digadang-gadang membuat mobil tampak seperti baru keluar dari pabriknya. Dengan hasil seperti ini, sudah pasti tarif auto detailing jauh lebih mahal dibandingkan salon mobil biasa.


Maka jangan heran jika Sahabat dibandrol dengan harga yang tinggi mengingat teknik dan hasil perawatannya yang super bagus.  Harga memang berbeda karena ada harga, ada kualitas. Untuk salon mobil bisa dipatok harga ratusan ribu sedangkan auto detailing bisa mencapai jutaan rupiah.


Perbedaan salon mobil dan auto detailing memang patut dipahami oleh setiap orang yang punya mobil pribadi. Perawatan yang dilakukan oleh kedua jasa ini, tentu akan berbeda hasilnya. Auto detailing memang akan memberikan hasil yang lebih baik. Namun Sahabat juga bisa menyesuaikan dengan kondisi mobil kesayangan kamu agar tetap kinclong. 


Masih Awam, Perbedaan Antara Salon Mobil dengan Auto Detailing


Garasi.id selalu memberikan layanan jasa servis terbaik untuk perawatan serta mempercantik mobil kesayangan kamu agar terlihat kinclong dan tampak seperti baru. Kamu bisa nikmati layanan coating & detailing untuk mengembalikan tampilan menawan mobil. Kunjungi www.Garasi.id dan sikat promo Garasi Promo Online berikan diskon 90% untuk cuci mobil, ganti oli, servis berkala, servis AC, spooring & balancing sesuai kota tercinta kamu dibawah ini.



Jika ada kendala, Sahabat bisa hubungi tim Clara dari Garasi.id. Tampilan mobil yang berkilau dan kinclong tidak hanya membuatnya menjadi lebih menawan, tetapi juga dapat meningkatkan nilai jualnya di masa mendatang. Selamat merawat mobil kesayangan Sahabat Garasi.id!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 22 Jan 2024 | 14:27 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikcucimobileksteriorbodimobilwaterspotkotorannodapembersihbodimobilperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family