Masih Pandemi Covid-19, Ini Perawatan Mobil Yang Perlu Kamu Lakukan
Masih Pandemi Covid-19, Ini Perawatan Mobil Yang Perlu Kamu Lakukan

Masih Pandemi Covid-19, Ini Perawatan Mobil Yang Perlu Kamu Lakukan

29 Des 2021 | 10:00 WIB

Meskipun pandemi Covid-19 sudah mulai membaik, Sahabat Garasi jangan pernah lengah ya. Varian baru Omicron sudah masuk ke Indonesia. Protokol Kesehatan harus tetap diterapkan di kehidupan sehari-hari, termasuk mobil yang kalian miliki.

Merawat mobil selama pandemi Covid-19 bukan hanya tentang mesin dan komponen-komponen yang mendukung performa. Interior dan eksterior juga butuh perawatan agar terhindar dari virus.

Banyak pemilik yang membawa mobil mereka ke salon agar mendapatkan layanan dan hasil perawatan yang maksimal. Ada beberapa jenis perawatan yang ditawarkan salon mobil kepada konsumennya. Ini perawatan yang dilayani salon mobil:

Selalu Jaga Kebersihan Interior Mobil Kesayangan Kamu

Selalu Jaga Kebersihan Interior Mobil Kesayangan Kamu


  • Cleaning

Layanan pertama yang pasti tersedia di salon mobil adalah cleaning. Layanan ini meliputi seluruh bagian mobil, mulai dari eksterior, interior, hingga bagian mesin. Ada berbagai teknik cleaning yang dipakai oleh salon mobil, mulai dari cuci mobil biasa, snow wash, dry wash, dan lain-lain. 

Khusus untuk cuci mesin atau engine cleaning, jangan lakukan di sembarang tempat karena sangat sensitif. Jika air sampai masuk ke ruang udara, otomatis air juga akan sampai ke ruang bakar yang nantinya dapat menimbulkan masalah pada mesin.

  • Detailing

Detailing adalah teknik perawatan mobil untuk mempercantik tampilan kendaraan. Teknik yang digunakan biasanya adalah polish atau poles (polish) dan waxing. Poles bertujuan untuk menghilangkan permukaan yang kusam pada cat mobil.

Proses pengerjaannya lebih kepada memperbaiki cat kusam dengan cara mengikis lapisannya. Untuk itu, jangan memoles mobil terlalu sering karena akan membuat cat mobil Kamu semakin tipis.

Sedangkan waxing merupakan perawatan dan perlindungan pada cat mobil. Layanan ini akan menjaga permukaan cat mobil Sahabat Garasi dari jamur atau water spots, noda, baret-baret halus, dan lain-lain.

Cara kerja waxing adalah dengan memberikan wax sebagai proteksi terhadap cat mobil. Wax akan menjadikan warna cat mobil semakin cerah serta berkilau. Biasanya, salon mobil profesional akan menggunakan mesin yang bergerak memutar untuk menggosokkan wax ke bodi mobil.

Masih Pandemi Covid-19, Ini Perawatan Mobil Yang Perlu Kamu Lakukan

Coating Mobil Yang Benar


  • Coating

Apabila mobil membutuhkan perlindungan lebih setelah di poles dan waxing, Sahabat Garasi dapat menggunakan layanan coating. Ada dua jenis coating yang biasa dipakai oleh pemilik mobil, yaitu nano coating dan ceramic coating.

Nano coating merupakan cara untuk melapisi bodi mobil dengan cairan berkandungan khusus yang berukuran nano. Cairan ini akan menjaga cat mobil dari oksidasi dan paparan kimia lainnya.

Sedangkan ceramic coating akan memberi perlindungan lebih dengan cara melapisi permukaan cat mobil menggunakan cairan berkandungan keramik khusus.

Ceramic coating dianggap memberikan proteksi lebih baik pada cat mobil ketimbang nano coating. Selain memberikan proteksi kepada cat mobil, ceramic coating juga akan mempermudah aliran air hujan yang membasahi mobil, layaknya air di daun talas.

Fogging dan fumigator

Fogging sangat cocok digunakan untuk merawat interior mobil agar kabin menjadi wangi dan segar. Sebelum di fogging, mobil akan dibersihkan terlebih dahulu agar kotoran tidak tercampur saat dilakukan fogging.

Setelah dibersihkan, mobil harus dinyalakan karena fogging membutuhkan AC dan hembusan angin dalam pengerjaannya, supaya ada sirkulasi udara.

Teknik ini sangat berguna untuk membunuh bakteri yang terdapat di dalam kabin mobil. Setelah di-fogging, salon mobil biasanya juga akan menawarkan layanan fumigator. Ini berguna untuk membasmi serangga yang mengumpat di dalam kabin.

Untuk waktu pengerjaannya, kedua layanan ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan dapat bertahan hingga tiga minggu sampai sebulan, tergantung pemakaian mobil.

Manfaat Detailing Mobil

Tidak seperti cuci mobil, jenis layanan ini dapat memperpanjang umur dan kualitas kendaraan Kamu. Layanan ini tidak terbatas pada eksterior atau interior mobil. Ini manfaat detailing untuk mobil Kamu:

  1. Penghapusan Kontaminan

Beberapa elemen ini termasuk permen karet dan tar, yang mungkin menempel pada lapisan cat yang bening. Mereka dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada cat. Biasanya, para profesional menggunakan batangan tanah liat untuk menghilangkan kontaminan ini.

Berdasarkan jenis zat, mereka juga dapat menggunakan jenis pelarut lain. Misalnya, jika ada residu mineral pada cat mobil Kamu, mereka mungkin menggunakan larutan pH rendah untuk menghilangkannya.

  1. Goresan dan Putaran

Goresan dan lilitan juga dapat merusak cat mobil. Ini adalah hasil dari penggunaan yang tidak tepat dari mesin cuci dan penyangga mobil ekspres. Sebagai pemilik mobil, mereka bisa sangat membuat Kamu frustasi. Jika menggunakan detail yang tepat, dapat menghilangkan goresan dan pusaran ini.

Profesional dapat menggunakan cat cat dan scrubber orbital untuk memperbaiki area masalah. Hasilnya, tampilan mobil Kamu akan kembali mengkilap. Ini akan terlihat seperti baru sekali lagi.

  1. Melindungi Cat

Setelah membersihkan dan memoles mobil, pastikan untuk mengoleskan clear coat untuk perlindungan ekstra. Biasanya, solusi terbaik adalah menggunakan lilin berbahan dasar carnauba. Hal yang hebat tentang solusi ini adalah dapat bertahan hingga 3 bulan.

Sebagai alternatif, Sahabat Garasi dapat membeli sealant cat. Itu datang dengan umur hingga 12 bulan. Jika mencari opsi terbaik, Kamu bisa menggunakan lapisan polimer nano-keramik. 

  1. Perpanjang Umur Kendaraan 

Jika memilih detail mobil yang tepat, Sahabat Garasi dapat menikmati banyak keuntungan. Misalnya, kendaraan akan terlihat menarik dan memiliki perlindungan tambahan dari unsur-unsur tersebut. Selain itu, dapat meningkatkan nilai jual kembali kendaraanmu.



Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 29 Des 2021 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifomicronpandemiperawatan