Recall
Toyota CH-R Hybrid Recall

Masuk Daftar 'Recall', Toyota Bersiap Menarik 1 Juta Lebih CH-R Hybrid

08 Sep 2018 | 10:59 WIB

Toyota siap menarik lebih dari satu juta unit mobil hibrida yang telah dipasarkan ke seluruh dunia. Masalah ini terungkap lantaran ditemukan kelainan pada sistem elektrik yang bisa memicu terjadinya kebakaran akibat hubungan arus pendek. 

Masuk Daftar 'Recall', Toyota Bersiap Menarik 1 Juta Lebih CH-R Hybrid

Melansir dari laman Kompas.com, Kamis (6/9/2018), prinsipal Toyota di Jepang menjelaskan bila letak masalah ada pada komponen kawat harness yang terkoneksi langsung dengan power control unit hibrida. 

"Jika debu menumpuk pada bagian tersebut atau penutupnya, maka insulasi atau penyekatan perpindahan arus listrik bisa berkurang seiring waktu akibat getaran dari kendaraan. Kondisi ini bisa menimbulkan korsleting yang membuat panas berlebih dan berisiko kebakaran," ucap juru bicara Toyota Jean-Yves Jault. 

Baca Juga: Ingat! Sekarang "Recall" Wajib Lapor Menteri Perhubungan

Mobil jenis hibrida yang terdampak terdiri dari beberapa varian model. Mulai dari Prius, Prius Plug-in hybrid, C-HR hybrid, semuanya produksi Jepang, periode Juni 2015-Mei 2018. 

Dari penyebaranya, mobil-mobil tersebut sudah dipasarkan di Jepang, Eropa, Australia, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya. Namun Toyota mengklaim setengah dari jumlah yang akan ditarik rata-rata bakal datang dari Jepang sendiri. 

"Kira-kira setengah dari recall yang akan dilakukan akan terjadi di Jepang, sementara untuk Amerika Serikat ada 192.000 Prius yang terdampak," ujar Jean.

Jean menambahkan sampai saat ini belum ada korban jiwa atas masalah ini, namun sudah ada kasus korsleting yang menimpa satu konsumen di Jepang. Kampanye perbaikan secara cuma-cuma akan segera dilakukan Toyota dengan memangil para pemilik kendaran untuk pengecekan dan pergantian.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:41 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbeliperaturankendaraanrecallpemerintahwajiblaporotomotifjakartaAPMPermenhubpasaluu332018toyotahybridjepang
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family