mobil sedan
Mobil sedan bekas

Pernah Jadi Primadona, Kini Mobil Sedan Tak Lagi “Mewah”

04 Nov 2019 | 14:01 WIB
BAGIKAN

Pasar mobil sedan kelas terendah saat ini terus mengalami penurunan. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, total sedan yang laku pada tahun 2017 hanya sekitar 1.800 unit, tidak termasuk taksi.

Padahal, tahun sebelumnya angka tersebut mencapai 2.743 unit. Dari data tersebut, diketahui bahwa ada dua mobil sedan di segmen paling bawah yang mendominasi, yakni Honda City dan Toyota Vios.

Dua model tersebut menguasai pasar sejak 2004. Angka penjualan keduanya juga terpaut tipis. Dan sejak 2008 hingga 2014, Vios selalu menjadi nomor satu.

Mau Beli Mobil Sedan Bekas Harga Tak Sampai 100 Juta? Ini Pilihannya

Namun ternyata, dua mobil tersebut bukanlah mobil sedan terlaris sepanjang masa di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo, puncak penjualan sedan di Tanah Air terjadi pada tahun 1997.

Kala itu, ada merek baru yang hadir di Indonesia. Merek tersebut juga menjadi awal dari kebangkitan industri otomotif dalam negeri, yakni Timor.

Meluncur perdana pada 1996, mobil sedan Timor berhasil memikat enam ribuan konsumen. Jauh lebih tinggi dari mobil sedan Honda City yang hanya laku 900-an unit dan Suzuki Baleno dengan angka penjualan dua ribuan unit.

Pada tahun berikutnya, angka penjualan mobil sedan Timor mencapai puncaknya, yakni 19 ribuan unit. Ini adalah jumlah mobil sedan terbanyak yang dijual satu merek dalam kurun waktu satu tahun di Indonesia.

Tahun berikutnya, Indonesia dilanda krisis ekonomi, yang berdampak pada anjloknya penjualan mobil. Timor pun harus gulung tikar. Dan sejak saat itu, penjualan mobil sedan tidak lagi pernah menyentuh angka 10 ribu unit per tahun.

Pajak mobil sedan turun

Tidak seperti mobil LCGC maupun MPV, mobil jenis sedan memiliki harga yang lebih mahal karena pajak yang cukup besar.

Sebagai informasi, pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil sedan kecil (di bawah 1.500 cc) saat ini ditetapkan 30 persen. Sedangkan untuk mobil sedan di atas 1.500 cc adalah 40 persen. Beberapa waktu lalu, Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian mengusulkan harmonisasi tarif pajak kendaraan untuk mobil sedan dan kendaraan listrik.

Mau Beli Mobil Sedan Bekas Harga Tak Sampai 100 Juta? Ini Pilihannya

Artinya, jika kebijakan tersebut benar-benar terwujud, maka harga mobil sedan bisa jauh lebih murah.

Tetapi sebelumnya, isu lawas soal revisi pajak mobil sedan semakin santer kabarnya beberapa waktu lalu, dan mulai mendekat ke arah realisasi. Kementerian Perindustrian mendorong Kementerian Keuangan untuk bisa menyelesaikannya pada akhir kuartal pertama 2018 ini.

Lebih jelas lagi Airlangga Hartarto Menteri Perindustrian mengatakan, kalau produk regulasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah ( PPnBM) yang saat ini berlaku sudah lawas. Dirinya bahkan menyebut kalau saat ini kondisinya sudah berbeda. 

"Jadi pertama, struktur PPnBM kendaraan yang kita kenal ini dikembangkan di tahun 1980-an, tentu situasinya berbeda. Saat itu kita mendorong produksi kendaraan nasional, dalam bentuk sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose (MPV) karena kita keluarganya besar," Ucap Airlangga, melansir dari Kompas.com beberapa hari lalu.

"Oleh karena itu, insentif kemudian diberikan pada model SUV dan MPV, yang kemudian kita lanjutkan dengan mendorong mobil yang hemat lingkungan (LCEV). Tentu ke depan mobil sedan compact car ini bukan barang mewah lagi," tutur Airlangga. 

Airlangga menambahkan, dari hasil pantauan menunjukkan kalau potensi ekspor mobil sedan kompak besar, mereka kemudian akan mengevaluasi, utamanya dengan memberikan PPnBM lebih rendah dari yang berlaku saat ini. 

"Kami akan evaluasi karena compact car ini ekspornya juga besar. Karena itu kami ingin mendorong dengan bea masuk yang PPnBM lebih rendah, tentu masyarakat banyak keluarga kecil juga bisa memanfaatkan compact car," ucap Airlangga.

Beli mobil sedan tidak sampai 100 Juta

Soal gaya, mobil sedan memang tak ada matinya. Baik dulu ataupun sekarang, untuk orang tua ataupun anak muda, mobil sedan bisa jadi pilihan sempurna. Kabar baiknya, Sahabat tidak harus menunggu bisa beli mobil baru untuk bisa bergaya dengan jenis mobil satu ini. Ada harga mobil sedan bekas di bawah 100 juta yang berkualitas bagus dan tampilannya keren.

Mau Beli Mobil Sedan Bekas Harga Tak Sampai 100 Juta? Ini Pilihannya

Apa saja mobil sedan tersebut? Berikut ini informasi lengkapnya.

Toyota Vios Gen 1

Pilihan mobil sedan pertama adalah Toyota Vios generasi pertama yang diproduksi tahun 2003-2007. Di pasaran, sedan jenis ini dijual mulai dari Rp80-an juta. Untuk ukuran sedan, Toyota Vios ini terkenal cukup irit, dengan penggunaan bahan bakar sekitar 9-11 km/liter.

Walaupun desain interiornya dengan panel di tengah bukan favorit setiap orang, desain eksterior sedan ini sangat mewah dan elegan. Desain eksteriornya memang diadaptasi dari Toyota Platz yang diproduksi negara asal merek mobil ini, Jepang. Memiliki desain yang terlihat sangat berkelas dan harganya yang murah, Toyota Vios ini jadi pilihan menarik untuk Sahabat yang ingin tampil penuh gaya.

Honda City GD8 i-DSI

Hadir sebagai pesaing kuat Honda City GD8 i-DSI di pasaran Indonesia, Honda City GD8 i-DSI memiliki penampilan luar yang tak kalah elegan. Mobil sedan ini menggunakan mesin berkapasitas 1.500cc dengan penggunaan bahan bakar 12-15 km/liter. Untuk kecepatan tinggi, mobil ini sangat stabil dan tetap terasa nyaman. Mobil ini diproduksi pada tahun 2003-2007 dan mengalami facelift pada 2006. Yang bisa Sahabat dapatkan dengan harga sekitar Rp90-an juta adalah versi pre-facelift.

BMW 318i E46

Ingin merasakan memiliki mobil sedan bermerek Eropa dengan desain mewah, tetapi harganya cukup bersahabat? BMW 318i E46 adalah jawabannya. Di Indonesia, mobil ini hadir hanya dalam satu pilihan, yaitu empat pintu. Desain eksterior mobil ini sangat sporty dan terkesan mahal. Tak mengherankan kalau pamor mobil sedan bekas ini cukup terkenal di kalangan eksekutif muda pada masanya, yaitu tahun 1999-2004 dan bahkan setelah produksinya di Indonesia dihentikan.

Harga bekas mobil sedan ini adalah sekitar Rp90-an juta untuk produksi tahun 1999 atau versi pre-facelift. Meskipun tergolong tua dibandingkan sedan bekas merek lain dengan harga sama, kualitas dan reputasi BMW tidak diragukan lagi. Mobil ini sangat stabil digunakan dalam kecepatan tinggi.

Suzuki Baleno Next-G

Sedan bekas yang terasa nyaman dan memiliki penampilan keren berikutnya adalah Suzuki Baleno Next-G. Versi baru sedan ini dijual di Indonesia pada tahun 2003-2007. Meskipun sebenarnya merupakan versi sedan kompak, Suzuki Baleno Next-G memiliki bentuk yang mirip versi hatchback-nya, yaitu Suzuki Aerio. Hal ini membuat kabin di dalam mobil cukup luas untuk ukuran sedan. Mobil sedan bekas ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp70 juta untuk produksi tahun 2003 sampai Rp80-an juta untuk produksi tahun 2006.

Honda City Type Z

Ingin sedan yang lebih murah daripada pilihan di atas, tetapi yang penampilannya tetap penuh gaya? Sahabat bisa mempertimbangkan Honda City Type Z. Sedan ini merupakan pendahulu dari Honda City G8 i-DSI dan kini harga bekasnya sekitar Rp60 juta atau lebih, tergantung kondisi dan tahun produksi, yaitu antara tahun 2001-2003. Keunggulan sedan ini adalah kualitas pembuatannya yang sangat baik, apalagi sedan Honda memang telah terbukti keandalannya. Mobil sedan ini cocok untuk Sahabat yang menyukai desain klasik atau sekadar ingin tampil beda. 

Nah, setelah tahu ternyata ada mobil sedan bekas murah dan penuh gaya di atas, Sahabat paling tertarik dengan yang mana? Kalau saat ini belum bisa mengambil keputusan, tak perlu khawatir! Bandingkan saja sedan-sedan di atas. Pertimbangkan soal kemudahan dalam menemukan suku cadang atau besar pajaknya. Selain itu, sebagai Sahabat Garasi, jangan lupa untuk mengecek Garasi.id, situs jual beli mobil bekas tepercaya. Kamu juga bisa membaca Beli Mobil Bekas Berkualitas, Ingat Garasi.id!

Karena di Garasi.id sahabat bisa mencari semua jenis mobil mulai dari merk, tahun produksi, dan juga Mobil Pilihan yang kualitasnya sudah teruji. Jadi tunggu apalagi, segara cek Garasi.id dan temukan mobil bekas idamanmu.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 04 Nov 2019 | 14:01 WIB
BAGIKAN