Besaran Biaya Servis Mobil Sangat Bervariatif Tergantung Merk Mobil
Besaran Biaya Servis Mobil Sangat Bervariatif Tergantung Merk Mobil

Mau Biaya Servis Mobil Lebih Murah? Simak Disini!

05 Des 2022 | 15:37 WIB

Mobil merupakan kendaraan yang semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Ada berbagai alasan yang melatarbelakangi mereka memutuskan untuk membeli atau bahkan menambah kendaraan roda empat.


Melakukan servis mobil secara berkala tentu akan membuat performa kendaraan Sahabat selalu optimal, berkendara selalu aman dan nyaman, terhindar dari mogok di jalan, dan akan menghemat biaya.


Salah satu kebutuhan kendaraan yang harus diperhatikan adalah perawatan dan perbaikan pada komponen yang rusak atau sudah habis masa pakainya. Saat hendak melakukan service berkala, Sahabat harus berhati-hati karena setiap kendaraan itu berbeda.


Lalu, bagaimana caranya agar biaya servis mobil lebih murah? Yuk, ketahui lengkapnya di sini.


Servis Mobil Berkala Dilakukan Sesuai Interval Kilometer Yang Telah Tercapai

Servis Mobil Berkala Dilakukan Sesuai Interval Kilometer Yang Telah Tercapai


1. Beli Sparepart Asli Pabrikan

Meski rajin melakukan servis berkala mobil dan mengendarai kendaraan dengan cara yang wajar, bukan gak mungkin bengkel meminta Sahabat mengganti sparepart. Kalau kondisi ini yang dihadapi, bisa jadi karena kamu tidak memperhatikan kualitas suku cadang yang dibeli.

Buat menghindari hal itu, usahakan untuk selalu membeli suku cadang asli di dealer atau distributor resmi sehingga mobil kamu tidak perlu bolak balik ke bengkel yang menghabiskan biaya cukup besar. Sebagai informasi tambahan, kamu harus pastikan untuk cek harga sparepart di pasaran toko online maupun offline agar yakin sparepart yang akan dibeli asli atau original sebelum melakukan servis.


2. Oktan BBM Sesuai Kriteria Mesin

Gak cuma memakai suku cadang resmi, penggunaan BBM juga mempengaruhi biaya servis berkala mobil. Banyak pemilik kendaraan yang memaksa mengisi tangki kendaraannya dengan bensin beroktan rendah, padahal pabrikan kendaraan tersebut sudah menganjurkan penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi.


3. Rutin Merawat Ban

Sebagai suku cadang di sebuah mobil yang memiliki peran vital, ban merupakan item yang harus rutin diservis.Kondisi ban yang jelek tidak hanya bisa mengancam keselamatan saat berkendara, tapi juga bisa mempengaruhi kondisi keuanganmu.


Jaga Keawetan Ban Mobil Dengan Rutin Memeriksa Kondisi Ban

Jaga Keawetan Ban Mobil Dengan Rutin Memeriksa Kondisi Ban


4. Pahami Jadwal Servis Berkala Mobil

Daya tahan mesin mobil bisa bertahan lebih lama jika servis mobil dilakukan secara berkala. Tidak cuma rutin, servis juga harus dilakukan sesuai jadwal. Banyak alasan kenapa servis mobil harus dilakukan sesuai jadwal.

  • Mobil Jarang Dipakai Dan Jarak Tempuh Tidak Bertambah

Servis mobil secara berkala sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali. Karena saat mobil diam, terjadi proses oksidasi dari uap air yang berada di sekitar mobil. Lambat laun, air akan bercampur dengan oli mesin dan merusak senyawa kimia oli.

Termasuk pula bercampur dengan cairan mobil lainnya seperti minyak rem, minyak kopling, dan oli transmisi Komponen mesin yang tidak bergerak juga menjadi rentan dihinggapi oleh karat dari proses oksidasi lantaran tidak pernah mendapatkan pelumasan dari oli. Selengkapnya kamu dapat membaca artikel Lifepal tentang efek mobil jarang dipakai

  • Mobil Sering Dipakai Dan Jarak Tempuh Terus Bertambah

Berbeda dengan skema sebelumnya, mobil Sahabat yang ini adalah tipe pekerja keras alias selalu dipakai jarak jauh. Dilihat dari jarak tempuhnya pun sudah memenuhi syarat untuk melalui servis, meski waktunya belum.

Jika dua keadaan itu menimpa mobilmu, maka lakukanlah servis berkala mobil sesegera mungkin. Jangan lupa ketika melakukan servis berkala mobil, komponen mekanis lain seperti suspensi, ban, rem, dan kemudi harus dicek juga untuk mengantisipasi risiko kerusakan akibat usia pemakaian. Termasuk penggantian filter dan setting komputer mesin supaya bisa kembali fit.


Jaminan Baik Mobil Terlindungi

Jaminan Baik Mobil Terlindungi


5. Manfaatkan Garansi Mobil

Perusahaan leasing pada umumnya sudah memberikan perlindungan garansi untuk mobil-mobil yang dijual secara mencicil. Pemilik mobil bisa memanfaatkan layanan ini untuk mendapatkan servis mesin tanpa dipungut biaya. Tentu ada masa berlaku dan ketentuan-ketentuan lain untuk bisa memanfaatkannya. Tapi jika mobilmu sudah lunas, maka perlindungan garansi pun berakhir. Untuk itu, kamu perlu membeli garansi mobil terbaik sendiri.

Dengan garansi mobil, kamu bisa mendapatkan pertanggungan jika mesin atau spare part mobilmu yang lain mengalami kerusakan. Dengan pertanggungan ini, kamu jadi tidak perlu mengeluarkan uang lebih.

Perlu Sahabat ketahui, Garasi.id berikan pilihan tepat untuk garansi mobil kamu. Garansi Super merupakan layanan garansi mobil bekas yang bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan tambahan untuk kamu yang memilih untuk membeli mobil bekas sebagai tunggangannya

Berbagai resiko bisa kamu dapatkan jika membeli mobil yang bukan keluaran baru dari pabrik, umumnya resiko kerusakan pada mesin maupun pada transmisi. Semua resiko atas kerusakan tersebut membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Tetapi biaya tersebut bisa kita minimalisasi apabila mempunyai garansi mobil bekas dari Garasi.id.

Mau Biaya Servis Mobil Lebih Murah? Simak Disini!


Apa saja benefit Garansi Super dari Garasi.id? Sahabat bisa pelajari dan informasi lengkapnya silahkan hubungi Clara dari Garasi.id melalui Wasap! Sahabat juga bisa nikmati promo cuci mobil mulai dari 20Ribu dan promo lainnya diskon 75% hingga 150rb di Promo Gaspol 12.12 untuk produk servis berkala, ganti oli, spooring, balancing, detaling dan perawatan AC agar mobil kesayangan Sahabat kembali prima!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 20 Des 2022 | 09:58 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservismobilservisberkalaperawatanmobilgaransimobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family