Membuka Baut Mobil
Membuka Baut Mobil

Membuka Baut Roda Mobil Ada Tekniknya, Simak Ini!

13 Okt 2022 | 11:00 WIB

Hal yang paling bikin kesal saat berkendara adalah ban mobil yang tiba-tiba kempes di jalan. Bila hal tersebut terjadi, sebagai pemilik kendaraan Sahabat wajib banget nih bisa mengganti ban kempes dengan ban cadangan. Untuk itu Sahabat harus memahami cara melepaskan dan memasang roda mobil.

Membuka Baut Roda Mobil Ada Tekniknya, Simak Ini!


Langkah pertama yang harus dilakukan Sahabat adalah memarkir mobil di tempat aman. Kemudian ikuti langkah-langkah membuka baut roda mobil dengan memakai kunci roda. Simak langkah-langkah berikut ya Sahabat 

1. Lepas dop (jika ada) dan cari baut roda mobil

Dop mungkin perlu dilepas sebelum bisa mengakses baut roda mobil dan melonggarkannya. Dop biasanya terpasang dengan klip logam, ditahan oleh baut roda atau menggunakan baut plastik.

Jika dop mobil Sahabat di klip, bongkar dop dengan menggunakan ujung yang rata pada kunci roda atau obeng pipih terhadap bagian yang tebal atau padat pada dop mobil. Namun Jika dop mobil Sahabat ditahan oleh baut roda, Sahabat hanya bisa melepasnya setelah melepas baut roda mobil seluruhnya.

2. Periksa baut roda mobil

Roda mobil, truk, dan kendaraan lainnya dipasang pada sumbu di antara empat dan delapan baut roda yang menempel pada ban. Karena itulah periksa baut roda mobil, baik untuk dilonggarkan atau dikencangkan.

Membuka Baut Roda Mobil Ada Tekniknya, Simak Ini!


3. Gunakan kunci roda untuk melepaskan baut roda mobil

Kunci roda yang terkadang disebut kunci roda palang harus tersedia di dalam perlengkapan bersama dengan dongkrak dan ban serep. Biasanya kunci ini ada pada bagian dalam bagasi atau di bawah karpet bagasi mobil Sahabat.

Kunci roda harus pas dengan baut roda mobil yang digunakan pada rakitan mobil Sahabat dan dalam beberapa hal tidak memerlukan alat lain untuk melepasnya seperti dongkrak yang membantu untuk menaikkan mobil.

4. Tempatkan kunci roda mobil pada baut dan putar kunci berlawanan arah jarum jam

Putar kunci roda setelah Sahabat menempatkannya pada salah satu baut roda dan tarik dengan keras sampai merasakan baut roda mobil Sahabat mulai longgar. Sahabat tidak perlu melepaskan baut roda mobil seluruhnya, gunakan kunci roda untuk melonggarkannya sampai cukup longgar untuk dilepas dengan jari-jari Sahabat. Namun jangan terlalu dipaksa nantinya akan membuat baut menjadi los.

5. Melonggarkan baut roda mobil

Pilih salah satu baut roda lalu longgarkan dan lanjut ke baut berikutnya. Pola ini membantu roda tetap terpusat dan baik saat Sahabat melonggarkan baut.

6. Minyak

Jika baut pada ban terasa macet maka gunakan minyak penembus. Semprotkan sedikit lalu gunakan 4WD untuk membantu mempermudah membuka baut roda mobil Sahabat.

Pastikan cakram dan tromol rem Sahabat bebas dari minyak sebelum mengendarai mobil kembali karena takutnya membuat rem menjadi blong hingga dapat menimbulkan kecelakaan.

Bila sudah paham cara melepaskan baut roda mobil, kini Sahabat juga perlu tau cara merawat baut roda mobil agar tidak timbul karat maupun masalah lain yg bisa saja timbul karena tidak ada perawatan. 

Merawat baut roda mobil adalah hal yang paling sering dilewatkan oleh para pemilik kendaraan. Padahal ketika baut sudah terkena karat atau rusak, sulit untuk seseorang membuka ban mobil tersebut.

Karena posisinya yang ada di bagian bawah serta ukurannya yang cukup kecil, baut roda mobil seringkali terlupakan keberadaannya. Padahal komponen ini memiliki tugas penting untuk tetap mengikat roda pada bagian kaki-kaki mobil.

1. Waspada Karat

Merawat baut roda mobil sering kali tidak dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Nyatanya, ada ancaman pada bagian ini yang bisa mengganggu kinerja kendaraan secara keseluruhan. yaitu karat.

Karena posisinya yang ada di bagian roda, baut roda sering kali terkena debu, kotoran, lumpur, dan air hujan. Jika didiamkan kotoran ini mengendap di sela-sela baut, maka karat lama kelamaan akan timbul.

Ketika baut roda mobil sudah dipenuhi karat, tentu akan menjadi masalah saat Sahabat harus mengganti ban. Padahal rotasi ban penting dilakukan minimal setiap 10.000 km. Apalagi jika ban kempes atau bocor di perjalanan. Ketika ada karat, maka baut roda mobil tidak akan berputar dan sulit untuk melepas pelek dan ban.

2. Perlakuan Buruk

Selain karat, perlakuan buruk terhadap baut roda mobil juga bisa menyebabkan kerepotan dikemudian hari. Misalnya ketika Sahabat salah dalam mengencangkan baut dan menyebabkan drat baut menjadi tergerus, maka akan sulit untuk membuka baut tersebut.

Baut roda mobil memiliki ukuran yang beragam, mulai dari 1.25 mm, 1.5 mm, dan 1.75 mm. Materialnya pun berbeda-beda, ada yang aluminium, besi, baja, hingga karbon. Sebaiknya pilih yang menggunakan baja karena lebih kuat dan tidak mudah terkena karat.

Untuk merawat baut roda mobil, demi mencegah karat sebaiknya lap kering baut setiap setelah mobil dicuci atau terkena guyuran hujan. Sesekali semprotkan dengan cairan penetran atau dioles dengan gemuk secukupnya.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 13 Okt 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilodamobilbaut
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family