Ban mobil
Ban mobil

Musim Hujan Tiba, Ini Ban Mobil yang Pas Digunakan di Musim HUjan

26 Okt 2020 | 16:29 WIB

Saat ini kota-kota besar seperti Jakarta masih sangat sering terguyur hujan. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi di luar ruangan. Tidak hanya pengendara roda dua, pengendara roda empat pun dapat terkena imbas dari curah hujan yang hampir setiap hari hadir ini.  Loh ko pengendara roda empat terkena imbasnya juga? Tentu saja, selama kondisi aspal jalan masih basah pastinya akan sangat mengganggu pengendara roda empat.

Musim Hujan Tiba, Ini Ban Mobil yang Pas Digunakan di Musim HUjan

Kenapa? Karena kondisi jalan yang basah, otomatis akan terasa licin dan membuat mobil sangat sulit dikendalikan. Untuk menanggapi hal ini, Garasi.id akan memberikan satu tips memilih jenis ban mobil yang cocok untuk musim hujan. Yuk disimak.

Tips aman berkendara di musim hujan

Kondisi jalan yang basah akan terasa sangat licin ketika mobil yang anda gunakan memiliki ban dengan pattern atau kembangan yang tidak cocok dengan kondisi jalan tersebut. Bukan hanya pattern, compound ban juga sangat mempengaruhi performa ban di jalan basah.

Musim Hujan Tiba, Ini Ban Mobil yang Pas Digunakan di Musim HUjan

Maka dari itu, selain berhati-hati Sahabat juga perlu memilih ban mobil yang cocok untuk musim hujan, maupun kering. Berikut sedikit penjelasan dari Garasi.id tentang memilih ban mobil yang cocok untuk musim hujan.

Memilih ban mobil compound khusus

Compound sendiri merupakan campuran material yang digunakan untuk membuat sebuah ban. Bahan semacam ini memang tidak bisa dilihat secara kasatmata, maka dari itu biasanya untuk beberapa produsen ban mobil terkenal seperti Bridgestone, Dunlop, GT Radial, atau merk ban lainya, akan memberikan penjelasan mengenai produknya terlebih dahulu dalam sebuah website atau catalog miliknya.

Musim Hujan Tiba, Ini Ban Mobil yang Pas Digunakan di Musim HUjan

Penjelasan ini mencakup, compound yang tertanam pada ban tersebut, kemudian keunggulan, fitur – fiturnya dan yang terakhir ukuran yang tersedia untuk tipe tersebut. Untuk mendapatkan ban mobil dengan tipe terbaik sekaligus cocok untuk digunakan di jalan basah, anda bisa memilih ban mobil yang memiliki "Aqua Compound" atau pada kolom performance terdapat tulisan "Wet Performance". Hal ini bisa dijadikan sebagai pertanda bahwa ban tersebut sanggup atau mampu melibas permukaan jalan yang basah.

Memilih Pattern atau Kembangan Ban Mobil

Untuk memilih pattern dan kembangan ban mobil yang cocok digunakan di jalan basah, kami akan memberikan penjelasan dengan menggunakan gambar. Nah pada ketiga gambar dibawah ini, Garasi.id sengaja menggunakan ban mobil dari produsen karet ban terkenal asal Jepang yaitu Bridgestone. Kenapa Bridgestone?

Musim Hujan Tiba, Ini Ban Mobil yang Pas Digunakan di Musim HUjan

Karena, hampir semua ban tipe Passenger Car milik Bridgestone sudah dilengkapi dengan Aqua Compound. Selain Aqua Compound, Bridgestone juga menyisipkan sejumlah fitur menarik yang membuat bannya sangat mumpuni untuk jalan basah maupun kering.

1. Konvensional Pattern, Performa Standard

Pattern pertama dalam list ban mobil yang cocok untuk musim hujan adalah Konvensional Pattern. Pattern ini biasa dikenal dengan Alur Kembangan Symmetrical, merupakan tipe kembangan yang sangat standard dari ban mobil. Tipe ini, memiliki alur yang berkesinambungan menyerupai blok dan cenderung simetris.

Untuk performa, alur kembangan ini memiliki performa yang standar, dengan tingkat kebisingan yang rendah, namun kurang efektif dalam hal menepis air. Dapat disimpulkan bahwa, ban ini merupakan ban standar yang bisa digunakan untuk melibas kondisi jalan yang basah, namun tidak direkomendasi. Jadi, sah – sah saja menggunakan ban ini, namun tetap harus berhati – hati ketika mobil mulai memasuki permukaan jalan yang basah.

Musim Hujan Tiba, Ini Ban Mobil yang Pas Digunakan di Musim HUjan


Salah satu contoh ban mobil yang menggunakan pattern atau kembangan seperti ini yaitu Bridgestone New Techno Tecaz. Seperti yang tertera di List Of Tire Superiority Bridgestone Techno Tecaz ini masuk kedalam kelompok ban mobil standar yang tidak banyak memiliki keunggulan, namun sangat mumpuni untuk digunakan oleh mobil – mobil keluarga.

2. Asymmetric Pattern

Tipe Kembangan atau Pattern ban mobil yang cocok untuk musim hujan berikutnya yaitu Asymmetric Pattern, kembangan yang satu ini memiliki desain telapak ban yang berbeda antara bagian kiri dengan bagian kanannya. Dengan begitu, ban ini harus benar – benar diperhatikan pada saat pemasangan. Karena jika salah pemasangan, akan sangat fatal akibatnya.

Musim Hujan Tiba, Ini Ban Mobil yang Pas Digunakan di Musim HUjan

Dengan memiliki desain Pattern yang berbeda di setiap sisinya, membuat ban ini memiliki banyak sekali keunggulan, baik di permukaan jalan yang basah maupun kering. Berikut sedikit keunggulan dari salah satu ban mobil yang cocok untuk musim hujan dengan kembangan atau pattern Asymmetric (terlepas dari merk ban itu sendiri).

  • Ban ini mampu dengan sangat baik meminimalisir getaran pada kemudi. Karena, bentuk asimetrisnya mampu mencegah sisi ban skid (gaya lateral yang terjadi saat berkendara di jalan yang tidak rata).
  • Respon kemudi menjadi lebih halus, karena bentuk asimetris dan desainnya.
  • Mampu dengan sangat baik menepis genangan air, sehingga resiko terjadinya aquaplaning pada kendaraan menjadi lebih sedikit.

Semua keunggulan tersebut dapat anda temukan pada ban mobil Bridgestone Ecopia MPV 1. Ban mobil Bridgestone yang satu ini memiliki desain pattern atau kembangan yang cukup unik. Kenapa? karena sisi bagian dalam dan luarnya memiliki desain yang berbeda. Selain keunggulan tersebut, Bridgestone Ecopia MPV 1 ini juga memiliki sejumlah keunggulan lain.

3. Directional Pattern, Tipe Telapak Ban Mobil Satu Arah 

Yang ketiga dalam list of pattern ban mobil yang cocok untuk musim hujan yaitu Directional. Tipe Pattern atau kembangan ini biasanya cenderung berbentuk anak panah kebawah atau seperti huruf V yang desainnya sendiri memiliki fungsi untuk menepis air dengan baik.

Musim Hujan Tiba, Ini Ban Mobil yang Pas Digunakan di Musim HUjan

Selain itu, tipe kembangan ini juga memiliki keunggulan dalam menciptakan pengereman. Bukan hanya itu saja, kembangan ini juga rata – rata memiliki index dengan kecepatan yang tinggi. Salah satu contoh ban mobil yang menggunakan tipe pattern atau kembangan seperti ini yaitu Bridgestone Techno Sport. Seperti yang sudah sebutkan diatas, ban mobil Bridgestone yang satu ini memiliki desain atau bentuk kembangan menyerupai huruf V dan juga memiliki speed rating yang cukup tinggi.

Musim Hujan Tiba, Ini Ban Mobil yang Pas Digunakan di Musim HUjan

Dari ketiga tipe kembangan di atas, jika disimpulkan semuanya mampu digunakan di permukaan jalan basah. Namun, kembali lagi kepada performa. Ada yang sangat baik digunakan di permukaan jalan basah, dan ada juga yang sangat baik digunakan di permukaan jalan basah + mampu memberikan sistem pengereman yang maksimal di segala jenis permukaan jalan.

Musim Hujan Tiba, Ini Ban Mobil yang Pas Digunakan di Musim HUjan

Nah, jika Sahabat ada yang ingin meminang ban mobil di Garasi.id tersedia banyak ban mobil yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu. Tidak hanya merk Bridgestone saja tetapi ada merk lain yang kemampuannya juga tidak kalah bagus dengan Bridgestone. Tapi ingat ya Sahabat, saat memilih ban mobil kamu harus menyesuaikan dengan ukuran velg mobil kamu.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 26 Okt 2020 | 16:29 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

bannitrogenanginBBMiritamangarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family