Kode Ban Mobil
Ban Mobil

Memilih Ban Mobil Itu Harus Sesuai Kebutuhan, Dan Kamu Juga Butuh Paham Kode Ban

15 Jan 2020 | 13:01 WIB

Setelah Sahabat Garasi mengetahui cara memilih ban mobil yang baik, bisa mengganti pelek dan ban yang cocok. Sahabat Garasi juga harus tahu nih, bagaimana memilih ban yang cocok untuk kendaraan Sahabat Garasi. Jangan sampai salah pilih, memilih ban yang tidak sesuai dengan kebutuhan Sahabat.

Memilih Ban Mobil Itu Harus Sesuai Kebutuhan, Dan Kamu Juga Butuh Paham Kode Ban

Karena salah memilih jenis ban mobil bisa sangat merugikan Sahabat Garasi lho. Untuk itu disarankan pilihlah ban mobil yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat dan disesuaikan dengan rute atau medan jalanan yang kerap dilalui Sahabat ya.

Karena penggunaan ban untuk jalan biasa, jalan mulus, jalan agak kasar sampai jalan sangat buruk tentu membutuhkan jenis ban yang berbeda. 

Meminang ban mobil harus tepat

Pertama yang harus dilakukan ialah tentukan kembangan yang cocok. Kalau kita kerap melewati jalan di highway atau jalan bebas hambatan misalnya, pilihlah kembangan yang halus-halus aja.

Namun kalau misalnya Sahabat kerap melalui jalanan agak berbatu, jelas Sahabat membutuhkan ban mobil yang berbeda lagi. Namun untuk Sahabat yang mengendarai mobil berjenis SUV, mobil ini disarankan untuk pakai ban dengan kembangan ban yang agak kasar, karena ban ini akan tetap nyaman dikendarai. 

Memilih Ban Mobil Itu Harus Sesuai Kebutuhan, Dan Kamu Juga Butuh Paham Kode Ban

Atau bisa juga nih Sahabat memilih ban kendaraan dengan jenis All Terrain (AT), ban mobil ini oke di jalan mulus banget atau agak sedikit kasar. Selanjutnya Sahabat juga bisa memilih ban MT atau Mud Terrain ini untuk Sahabat yang kerap melalui jalanan yang tidak mulus. Terakhir jika Sahabat kerap melalui jalanan ekstrem atau tanah dan berbatu, bisa memilih untuk menggunakan jenis ban MT Extreme. Ban mobil ini kerap dipilih untuk pecinta adventure atau offroad ekstrem.

Nah Sahabat, setelah tau cara memilih ban untuk mobil kesayangan, kamu juga harus tau tentang kode-kode yang tertera pada ban mobil. Bukan sembarang angka, kode-kode tersebut memiliki arti penting. Untuk lebih jelas yuk kita simak artikel dibawah ini.

Kode ban mobil

Setiap kendaraan memiliki ukuran ban mobil yang berbeda-beda. Mulai dari tipe, lebar, diameter semua tertera di kode atau angka yang ada pada ban tersebut. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana cara membaca kode-kode pada ban mobil. Untuk itu kami akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membaca kode atau tire code yang tertera pada ban.

Memilih Ban Mobil Itu Harus Sesuai Kebutuhan, Dan Kamu Juga Butuh Paham Kode Ban

Cara membaca kode ban mobil

Seperti yang ditemui pada ban-ban kendaraan Sahabat Garasi, kode ban kendaraan biasanya menggunakan angka dan huruf. Nah misalnya sebuah ban dengan kode 245 / 45 Z R 19 98 W. Bila dijabarkan, maka cara membacanya adalah sebagai berikut:

245

Bagian Ini menampilkan bagian lebar tapak dari ban tersebut. Dimana, jarak dari dinding samping ban yang satu dengan yang lain, adalah sejauh 245 mm atau 24,5 cm.

45

Setelah dijeda dengan tanda miring, kode selanjutnya yang ditampilkan adalah rasio aspek tinggi sidewall terhadap lebar. Angka ini dapat membuat siapa saja tau tentang ketinggian yang dimiliki oleh sidewall.Caranya cukup mudah, cukup kalikan saja angka 245 mm tadi dengan 45. Maka akan diperoleh angka 127,5 mm yang merupakan ketinggian ban tersebut.

Z

Selain membahas tentang ukuran, kode yang ada di ban juga memungkinkan Sahabat untuk mengetahui kecepatan maksimum yang dimiliki oleh ban mobil Sahabat. Di contoh kode yang telah tertulis tadi, huruf Z adalah rating kecepatan tertinggi. Sebagai acuan, S dapat bertahan hingga 112 mph, T sanggup bertahan hingga 118 mph, dan begitu seterusnya.

R

Huruf R disini menunjukan jenis konstruksi ban tersebut adalah Radial. Bila dibongkar, ban ini memiliki lapisan kain yang senarnya melintang dari sudut kanan ke sekeliling ban, dan memiliki lapisan tambahan di sekitar area tapaknya.

19

Angka yang satu ini merupakan bagian penunjuk dari besarnya diameter dari yang dimiliki oleh sebuah ban mobil. Dalam studi kasus kali ini, ban mobil tersebut memiliki diameter ban 19 inci.

98

Angka yang satu ini menunjukan tentang indeks beban yang dimiliki suatu ban. Dari sini Sahabat dapat mengetahui tentang seberapa besar kapasitas daya dukung ban mobil terhadap besaran beban yang dapat ia bawa untuk melaju di atas aspal. Masalah angka, Sahabat sebenarnya cukup memperhatikan bahwa angka yang tercantum sesuai dengan standar spesifikasi yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil kesayangan.

W

Selain kode Z tadi, kode W juga menampilkan besaran rating kecepatan yang disanggupi oleh sebuah ban.W sendiri memiliki daya tahan terhadap kecepatan yang cukup baik, yakni mampu mendukung kecepatan kendaraan hingga 168 mph.

Sahabat Garasi. Selain kode-kode diatas ada juga kode-kode lain seperti AT (all terrain) artinya ban tersebut dapat digunakan di hampir semua kondisi jalan, ada juga HT (Highway Terrain) yang hanya bisa digunakan pada jalan beraspal.

Nah semoga cara memilih ban mobil dan membaca kode ban diatas bisa membantu Sahabat Garasi ketika akan membeli sebuah ban mobil baru ya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 06:27 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

banbarukodebancarabacatipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonline