Penggunaan oktan yang tidak sesuai dapat menyebabkan mesin mobil cepat rusak
Usahakan selalu gunakan oktan yang sesuai dengan rekomendasi mobil

Mencampur Oktan Bensin, Amankah ?

21 Jul 2019 | 21:00 WIB
BAGIKAN

Bolehkah kita mencampur bensin beroktan rendah dengan bensin yang beroktan tinggi? Mungkin pertanyaan seputar masalah ini masih sering dilontarkan. Karena banyak sekali orang yang mengira mencampur bahan bakar itu aman-aman saja.


Memang benar kalau mencampur atau mengoplos bahan bakar itu diperbolehkan dan tidak dilarang. Namun, perlu diperhatikan bahwa terlalu sering mencampur bahan bakar akan menimbulkan efek negatif terhadap performa mesin dan injektor pada mesin.


Baca juga: Cara naikkan oktan dengan kamper itu berbahaya


Mencampurkan oktan rendah dengan oktan tinggi terlalu sering akan mempengaruhi zat dalam oktan. Perubahan yang terjadi akibat pencampuran bahan bakar berbeda oktan umumnya dapat dideteksi oleh mobil modern yang sudah canggih mesinnya. Bisa-bisa indikator bahan bakar menyala yang menandakan adanya malfungsi atau ada gangguan pada sistem bahan bakarnya.

Mencampur Oktan Bensin, Amankah ?


Selain itu seiring berjalannya waktu kinerja mesin akan berkurang dan performanya akan semakin menurun. Sebab pencampuran bahan bakar tersebut akan menyebabkan injektor pada mesin cepat berkerak. Kerak tersebutlah yang menyebabkan kinerja serta performa mesin menjadi tidak optimal dan berkurang. Sehingga, dianjurkan tidak terlalu sering mencampurkan bahan bakar dan tetap menggunakan bahan bakar yang sama sesuai dengan spesifikasi mesin.

Mencampur Oktan Bensin, Amankah ?


Jadi, bolehkah mencampur bensin yang memiliki oktan yang berbeda? Mencampur bahan bakar memang sah-sah saja. Namun, tetap saja terlalu sering mencampur bahan bakar akan menyebabkan dampak berupa performa dan kinerja mesin menjadi berkurang dan tidak maksimal. Lebih baik tetap menggunakan bahan bakar yang sama sesuai dengan spesifikasi mesin daripada melakukan oplosan bahan bakar yang berdampak buruk terhadap performa mesin. 

Baca juga: Aaws mobil tidak dipanaskan bisa buat bensin jadi basi


Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 21 Jul 2019 | 21:00 WIB
BAGIKAN