Dongkrak Mobil
Jenis Dongkrak Mobil

Mengenal 3 Jenis Dongkrak Mobil

27 Apr 2019 | 19:00 WIB
BAGIKAN

Dongkrak adalah sebuah alat yang umumnya digunakan untuk mengangkat bodi mobil. Selain itu dongkrak juga digunakan untuk mengangkat benda berat lainya. Kemampuan dongkrak dalam mengangkat benda dibatasi oleh kekuatan dongkrak itu sendiri.

Sering kita temui fungsi dongkrak memang untuk memudahkan pemilik mobil dalam mengganti ban. Tetapi tidak hanya itu saja, coba kita lihat dibengkel-bengkel mobil, keberadaan dongkrak sangat membantu dalam kegiatan menservis mesin bagian bawah, yaitu dengan cara mengangkat bodi mobil, agar mekanik dapat masuk dalam lorong mobil.

Mengenal 3 Jenis Dongkrak Mobil

Perlu kita ketahui bahwa jenis dongkrak yang ada di Indonesia ada 3, dan masing masing mempunyai keunggulan dan kelemahan. Ketiga jenis dongkrak tersebut antara lain adalah dongkrak jenis botol, atau kata lainnya tabung, dongkrak gunting, dan dongkrak buaya. Berikut ini adalah penjelasan tentang ketiga jenis dongkrak yang telah disebutkan seperti melansir dari laman informasiotomotig.com.

Dongkrak Botol / Tabung

Dongkrak ini disebut dongkrak botol karena bentuknya yang persis dengan botol. Cara menggunakan dongkrak ini pun cukup mudah, yaitu dengan cara memompa tuas yang berada disamping ke arah bawah dan menarik keatas, dengan begitu hidrolis akan terangkat. Selain cara penggunaan yang mudah, dongkrak botol juga sangat simpel karena tidak memerlukan tempat yang luas. Sistem dorongan dongkrak botol dihasilkan dari tekanan hidrolis, jadi untuk mengangkat beban mobil, pendongkrak tidak perlu mengeluarkan seluruh tenaganya untuk menekan tuas. (Bisa ringan)

Sebelum menggunakan dongkrak ini, pastikan harus mengencangkan katup kecil yang berada disebelah tuas pengungkit. Begitu juga sebaliknya, bila ingin menurunkan dongkrak, putar tuas kearah sebaliknya, dan sampai dongkrak turun kebawah.

Dongkrak botol umumnya digunakan oleh pemilik kendaraan pribadi, walaupun ada sebagaian pemilik truk juga menggunakannya. Kekuatan dongkrak botol ada batasnya, yaitu ukuran 10 ton.

Kelemahan dongkrak ini adalah, hidrolik akan bocor bila pemakaiannya tidak benar, sehingga pemilik dongkrak harus siap memperbaikinya dengan cara mengganti karet sil pada dongkrak.

Dongkrak Gunting

Dongkrak gunting adalah dongkrak yang paling simpel. Bentuknya yang kecil akan sangat mudah untuk dibawa kemana mama. Berbeda dengan dongkrak botol, dongkrak ini tidak menggunakan sistem hidrolik, jadi pengguna dongkrak ini harus dipaksa menggunakan tenaga lebih untuk mengangkat bodi mobil.

Walaupun begitu, dongkrak gunting masih menjadi andalan para pemilik mobil pribadi, karena bentuknya yang mungil bisa ditempatkan dimana saja dan harganya yang sangat murah dibandingkan dengan dongkrak jenis lain.

Dongkrak ini diperuntukkan hanya untuk mobil kecil yang beban mobil tidak lebih dari 2 ton. untuk mengangkat beban lebih dari itu, akan sangat tidak mungkin, karena tidak menggunakan bantuan sistem hidrolik, dan bentuk dari dongkrak yang sangat kecil.

Dongkrak Buaya

Bentuknya yang besar dan berat, tidak banyak pemilik mobil menggunakan dongkrak macam ini. Pengguna dongkrak ini umumnya adalah bengkel. Selain bentuk yang besar, dan berat, dongkrak jenis buaya sangat mahal harganya. Seperti yang banyak orang katakan, dongkrak paling aman adalah dongkrak jenis buaya. Bentuk yang besar dan sudah menggunakan teknologi hidrolik untuk mengangkat beban akan sangat memudahkan pengguna.

Nah bagaimana apakah artikel ini bisa memudahkan pemahaman Sahabat? Demikian artikel tentang Mengenal 3 Jenis Dongkrak Mobil, semoga bermanfaat. Dan buat Sahabat yang belum mempunyai dongkrak atau ingin mengganti dongkrak lama dengan yang baru Sahabat bisa cek Toko Garasi.id, tidak hanya dongkrak di Toko Garasi.id Sahabat bisa membeli kebutuhan otomotif lainnya. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 27 Apr 2019 | 19:00 WIB
BAGIKAN