Suku Cadang
Bedakan Suku Cadang Palsu

Mengenal Ciri-Ciri Suku Cadang Palsu dan Asli, Awas Ketipu!

25 Okt 2018 | 11:16 WIB

Seiring dengan semakin banyaknya mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia, ternyata turut berdampak kepada ketersediaan suku cadang yang kini semakin beragam juga. Dalam hal ini sparepart palsu kendaraan semakin banyak kita temui beredar luas dipasaran. Tentunya hal ini turut dapat merugikan konsumen maupun produsen kendaraan itu sendiri.

Untuk itu, Sahabat perlu untuk lebih teliti sebelum membeli suku cadang yang sesuai dengan kebutuhan dan diwajibkan untuk memperhatikan sparepart tersebut secara teliti terhindar dari sparepart palsu.

Mengenal Ciri-Ciri Suku Cadang Palsu dan Asli, Awas Ketipu!

Berikut ini redaksi Garasi.id mau sedikit merangkum mengenai ciri-ciri yang perlu Sahabat ketahui, sebagai patokan sebelum membeli suku cadang yang kamu butuhkan.

Sparepart asli punya beberapa ciri-ciri yang bisa kamu jadikan patokan sebelum membeli sparepart yang kamu butuhkan.

Baca Juga : Belanja Otomotif di Toko Garasi.id

1. Faktor Harga yang Cenderung Murah

Banyak konsumen yang tergiur dengan banderol suku cadang dengan harga miring. Sebagai catatan, yang namanya sparepart asli tentu memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan sparepart palsu.

Secara perbandingan harga pun beragam, dan biasanya itu memiliki tingkatan atau grade. Perbedaan harganya pun hampir dua kali lipat dibandingkan harga sparepart palsu.

2. Terdapat Nomor Seri atau Part Number

Suku cadang yang orisinil biasanya memiliki nomor seri atau part number. Karena biasanya suku cadang asli dijual dengan nomor seri tertentu. Catatan pentingnya, Sahabat bisa mengecek nomor seri yang tercantum dalam katalog resminya atau sebagian pun sudah bisa diakses secara online.

Jika Sahabat menemukan ada barang yang nomor serinya beda, kamu patut curiga.

3. Hologram

Untuk menandakan keaslian, biasanya pihak pabrikan memberikan patokan berupa adanya hologram produk. Memang, hologram ini biasanya banyak juga yang memalsukan.

Namun, hologram sparepart asli akan terlihat lebih mewah dan bagus. Untuk yang satu ini memang membutuhkan kejelian Sahabat, karena yang pasti hologram asli dan palsu pasti memiliki perbedaan. 

Nah, sudah lebih paham sedikit kan mengenai ciri-ciri sparepart asli dan palsu? Semoga bermanfaat![DeF]

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Mei 2020 | 23:53 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelisukucadangperawatantipspalsuaslisparepartgarasiidotomotif