Mengenal dashboard mobil serta panel indikatornya
Mengenal dashboard mobil serta panel indikatornya

Mengenal dashboard mobil serta panel indikatornya

05 Mar 2022 | 12:00 WIB

Sahabat yang memiliki kendaraan pasti tidak asing dengan bagian dashboard mobil. Selain speedometer, pada bagian dashboard mobil Sahabat pasti banyak menemukan simbol-simbol lainnya. Dashboard mobil merupakan salah satu bagian dari interior mobil yang biasanya ditempatkan di bagian depan mobil. Fungsinya sebagai tempat atau rumah setiap bagian mobil dan berbagai panel indikatornya, serta menjadi batas antara bagian depan mobil dengan pengendara.

 

Fungsi panel pada dashboard mobil sangatlah penting karena menunjukkan kondisi mesin mobil. Beberapa pemilik mobil tidak begitu memahami kondisi mesin mobil apabila salah satu atau beberapa indikator menyala. Apalagi jika pemilik mobil tersebut tergolong pemula yang tidak memahami mesin mobil. Padahal, mengetahui kondisi mesin sangatlah penting agar perjalanan selamat dan kondisi mobil tetap dalam kondisi yang optimal. Agar lebih memahami kondisi mobil, mari kita bahas bersama fungsi panel pada dashboard mobil.

 

1. Tachometer

Pertama kita bahas fungsi panel pada dashboard mobil yang bernama tachometer. Panel ini akan menunjukkan kepada Sahabat berapa kecepatan putaran mesin menggunakan satuan round per minutes atau biasa disingkat dengan (RPM). Biasanya angka paling kecil adalah satu dan terbesarnya delapan. Di sana juga tertulis "x1000" yang artinya harus dikali seribu. Contohnya jika jarum menunjuk ke angka dua maka artinya mesin berputar pada dua ribu round per menit

Ada dua pembagian zona di tachometer yaitu zona merah dan zona hijau. Zona merah ada di titik tujuh dan delapan. Pastikan agar mesin tidak sampai ke titik ini. Sedangkan zona hijau adalah zona aman yang berada di bawah titik tujuh. Jaga agar jarum tachometer tetap di bawah tujuh.Ilustrasi Speedometer Pada Mobil

Ilustrasi Speedometer Pada Mobil


2. Speedometer

Fungsi panel pada dashboard mobil yang kita bahas kedua adalah speedometer. Panel yang satu ini berguna untuk menunjukkan berapa kecepatan mobil saat ini. Dengan begitu, pengemudi bisa mengetahui dan mengendalikan laju mobil dengan mengkombinasikan pedal gas dan rem. Menggunakan dua satuan yaitu mil per jam atau kilometer per jam. Untuk mobil biasa, umumnya tertulis angka dari 0 sampai 180 KM per jam. Untuk mobil sport kecepatannya bisa sampai 300 KM per jam. Untuk mencapai kecepatan maksimal, mobil harus dalam keadaan sempurna pada mesin dan sasisnya. 

Ada dua cara untuk menunjukkan kecepatan pada pengemudi yaitu sistem digital dan sistem jarum. Untuk speedometer digital, ditunjukkan oleh angka seperti jam digital. Untuk speedometer jarum cara kerjanya dengan mengukur laju perputaran roda dengan bantuan gear yang terhubung ke kabel baja yang juga berputar seiring dengan roda atau ban.

 

3. Suhu Mesin

Bentuknya seperti petunjuk bahan bakar, tertulis huruf "C" untuk cold dan "H" untuk hot. Ketika suhu normal, biasanya posisi jarum ada di antara C dan H. Jaga agar suhu mesin tetap di suhu normal (antara tujuh puluh hingga delapan puluh derajat celcius) untuk mencegah terjadinya overheat. Ada beberapa penyebab temperatur mobil naik. Overheat berefek ke lengkungan pada silinder head yang mengakibatkan kebocoran kompresi dan selanjutnya membuat mesin mati mendadak atau mogok. Apalagi dalam kondisi mesin mobil panas saat macet. Kadang pula bisa terjadi temperatur mobil naik saat tanjakan.

 

4. Petunjuk BBM

Fungsi panel pada dashboard mobil keempat adalah petunjuk BBM. Titik terbawah tertulis huruf E (empty) dan teratas tertulis huruf F (full). Kalau jarum berada di titik E, biasanya bahan bakar masih tersisa lima hingga sembilan liter. Jadi tidak benar-benar habis. Memang didesain seperti ini agar pengemudi masih ada kesempatan untuk mencari pom bensin. 

Sebaiknya bahan bakar harus segera diisi sebelum menyentuh titik E. Karena ketika bahan bakar tinggal sedikit, ada endapan dan air di dalam tangki yang ikut tersedot ke pompa. Endapan dan air ini mampu menyumbat saluran bahan bakar ke mesin yang mengakibatkan berkurangnya kinerja mesin.

 

5. Indikator Oli 

Bila indikator tekanan oli menyala, itu pertanda mesin kendaraan Sahabat sedang dalam kekurangan oli. Oleh sebab itu, segera tambah oli mesin agar mobil tak cepat rusak dan kinerja tetap optimal.

 

6. Indikator Check Engine

Indikator check engine menyala itu menandakan ada kendala di bagian dapur pacu. Bisa disebabkan beberapa masalah, seperti penutup bensin kurang rapat atau salah satu komponen mesin yang rusak. Untuk itu, segera kunjungi bengkel terdekat agar permasalah tersebut teratasi.

 

7. Indikator Tekanan Ban

Memang indikator adalah bagian penting di mobil. Karena itu jika indikator tekanan ban menyala jangan sampai tidak diperhatikan. Sebab hal tersebut mengindikasikan bahwa salah satu atau beberapa roda kekurangan tekanan. Jika dibiarkan, maka akibatnya bisa fatal, seperti terjadinya kecelakaan.

 

8. Indikator Baterai / Aki

Apabila di mobil Sahabat indikator baterai atau aki menyala, maka itu mengindikasikan bahwa ada permasalahan di bagian tersebut. Bisa karena aki yang sudah rusak atau pemasangan kabel yang buruk. Jika memang demikian, tentu Sahabat harus segera memperbaiki atau mengganti komponen yang sudah rusak.

 

9. Indikator Sabuk Pengaman

Indikator sabuk pengaman akan menyala jika pengemudi mobil atau penumpang tak memakai sabuk pengaman. Biasanya lampu indikator akan berkedip dan mengeluarkan bunyi. Jika mendapati hal itu, segera mungkin gunakan sabuk pengaman dengan tepat.

 

10. Indikator Rem

Jika indikator rem menyala itu menandakan bahwa rem tangan mobil Sahabat masih aktif. Namun, jika rem tangan sudah dilepas tetapi lampu indikator masih menyala juga, hal itu menandakan bahwa minyak rem sudah habis.

Oleh sebab itu, Sahabat harus segera mengisi lagi minyak rem mobil. Pilihlah cairan yang memiliki kualitas bagus. Karena bagian di roda itu mempunyai peranan penting.

11. Indikator Pintu

Kemudian ada juga indikator pintu. Bagian ini akan menyala jika pengemudi atau penumpang mobil ada yang tidak sempurna saat menutup pintu. Agar tidak menyala lagi, Sahabat harus membuka dan menutupnya lagi dengan sempurna.

12. Indikator Airbag

Terkait indikator airbag, tentu hanya tersedia di mobil-mobil yang telah didukung dengan sistem keselamatan tersebut. Jika lampu di indikator menyala, itu menandakan bahwa ada kerusakan pada airbag. Sehingga Sahabat harus segera memperbaikinya ke bengkel terdekat.

13. Indikator ABS

Fitur pengereman canggih ABS juga sudah umum dijumpai di mobil-mobil modern. Jika indikator ABS menyala, itu menandakan bahwa ada masalah di teknologi tersebut.

Nah Sahabat, itulah informasi tentang dashboard mobil dan juga pengertian dari tiap-tiap panel indikator mobil yang sering kita jumpai. Semoga dengan adanya informasi ini, bisa membantu Sahabat lebih memahami lagi mobil kesayangan di rumah ya. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 05 Mar 2022 | 12:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifdashboardmobilpanelindikator