GPS dengan HP dilarang
Larangan Gunakan GPS

Mengenal GPS, Mulai Dari ‘Dampak’ Hingga Jenisnya

28 Feb 2019 | 19:00 WIB
BAGIKAN

Mobil menjadi kebutuhan yang wajib untuk para penduduk ibukota. bagaimana tidak? Masih kurang baiknya transportasi di Ibukota, membuat warga Jakarta banyak berpikir untuk memiliki kendaraan pribadi agar lebih praktis mobilitasnya.

Dizaman modern seperti sekarang ini memiliki kendaraan pribadi bukanlah hal yang sulit. Tidak hanya mobil keluaran terbaru, mobil bekas pun juga bisa dicicil. Sekarang semuanya menjadi lebih mudah, karena membeli mobil tidak perlu repot lagi mondar-mandir menyusuri showroom, cukup dengan smartphone Sahabat sudah bisa mencari mobil bekas idaman.

Meski bekas, namun bukan berarti Sahabat tidak bisa mendapatkan mobil yang memiliki fitur mumpuni. Pasalnya, banyak zaman sekarang mobil bekas dengan kondisi yang masih terbilang bagus lalu sudah di jual oleh pemiliknya karena ingin membeli mobil keluaran terbaru lagi. Memang teknologi yang ada tidak secanggih mobil keluaran terbaru, tetapi sudah banyak mobil bekas dipasaran yang memiliki fitur terkini seperti halnya sistem pengereman ABS, sistem keamanan seperti Airbag, sistem hiburan, hingga sistem navigasi yang sudah disematkan sejak awal mobil diproduksi. 

Mengenal GPS, Mulai Dari ‘Dampak’ Hingga Jenisnya

Berbicara soal Global Positioning System (GPS) atau alat navigasi pada kendaraan, hal ini sempat menjadi ramai diperbincangkan karena belum lama Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan larangan menggunakan GPS atau alat navigasi pada smartphone saat berkendara karena dianggap bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara. 

Mengapa ada isu larangan gunakan GPS?

Data Korlantas Polri menyebutkan tidak kurang dari 50% kecelakaan lalu lintas dipicu oleh unsur lengah saat berkendara. Persentase kecelakaan tersebut diambil dari total kecelakaan lalu lintas akibat faktor manusia. Kelalaian manusia atau pengendara kendaraan memang masih menjadi faktor utama penyebab kecelakaan. Korlantas terus mengupayakan kesadaran para pengendara akan pentingnya disiplin berlalu lintas. Mengemudi di jalan raya memang memerlukan konsentrasi tingkat tinggi, tentu saja hal ini dilakukan agar selamat sampai tujuan.

Namun tahukah Sahabat, berdasarkan akun @divisihumaspolri yang diunggah di media sosial Instagram, menelepon, SMS, dan berinteraksi dengan ponsel pada saat mengemudi merupakan penyebab terbesar terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Putusan MK mengenai larangan penggunaan GPS membuat terbentuknya kubu pro dan kontra di masyarakat karena di satu sisi perangkat tersebut dibutuhkan sebagai alat bantu navigasi. Namun di sisi lain, pengoperasiannya dianggap bisa mengurangi konsentrasi dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Lalu bagaimana dengan GPS bawaan mobil?

Melansir Detik.com, menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Halim Pagarra, penggunaan perangkat GPS tidak dilarang. Yang tidak boleh adalah menggunakan aplikasi menggunakan GPS di handphone pada saat berkendara.

Halim menyatakan perangkat GPS di mobil, yang melekat pada kendaraan dan bisa membantu melacak keberadaan mobil, diperbolehkan untuk digunakan. Adapun yang dilarang adalah penggunaan aplikasi yang menggunakan GPS pada handphone oleh pengemudi (baik roda dua maupun empat) saat kendaraan berjalan.

Untuk kendaraan roda empat, terdapat fitur perangkat GPS yang melekat dengan mobil tersebut. Sedangkan untuk kendaraan roda dua, selama ini para pemotor atau pengendara ojek online, melekatkan handphone ke badan motor untuk membantu pengendara. Hal ini yang menurut Halim tidak diperbolehkan.

"Kalau (perangkat) GPS di mobil itu tidak masalah, karena itu kan melekat pada mobilnya. Tapi yang di motor itu aplikasi (menggunakan GPS, pada handphone) itu yang tidak boleh," ujar Halim.

Lebih jauh mengenal GPS

Membahas tentang GPS, Sahabat perlu tahu macam-macam dari GPS pada mobil. Dewi, pemilik Silla Motor menjelaskan ada dua jenis GPS yang saat ini masih tersedia. Yaitu jenis GPS navigasi dan tracker.

GPS navigasi berfungsi sebagai penunjuk jalan, sistem ini juga memiliki penunjuk suara berupa arah mana yang akan dituju seperti di google map. Terdapat pula beberapa fasilitas seperti game, radio, pemutar musik serta terkoneksi ke kamera belakang (mundur).

Pada perangkat GPS navigasi Sahabat tidak dikenakan biaya bulanan. Semua kebutuhan hanya perlu tersambung listrik dari kabel yang tersambung ke mobil, berbeda dengan smartphone yang harus membayar biaya bulanan untuk kuota dan harus hidup dengan ketergantungan baterai. 

"Kelebihannya bisa fokus saat berkendara tidak ada gangguan", ujar Dewi kepada Garasi.id di Silla Motor,Cinere, Rabu (20/2).

Meski memiliki banyak kelebihan, GPS navigasi juga memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak adanya cara pemilihan rute ketika jalur sedang macet dan padat atau ketika jalan sedang dibangun. Data jalur baru diperbaharui dengan durasi 2 bulan sekali.

Sementara itu ada pula GPS tracker yang memiliki berbagai fungsi dan kelebihan berupa penambahan fasilitas keamanan. GPS tracker memiliki tingkat akurasi yang tinggi dengan didukung sinyal GSM dan GPS yang stabil sehingga data perjalanan bisa terlihat secara rinci.

Di lokasi berbeda, Mukmin, pemilik toko HADI AUDIO menjelaskan, GPS tracker bisa dipasang di kendaraan roda empat, baik untuk mobil pribadi maupun mobil disewakan atau rental. 

"Keunggulannya yaitu bisa menghindari pencurian kendaraan, menghindari penyimpangan rute, menghindari resiko penyalahgunaan kendaraan. Dengan GPS Tracker kita juga bisa mematikan mesin dari jarak jauh. Ada MIC untuk mendengarkan pembicaraan di dalam kabin," jelas Mukmin kepada Garasi.id di HADI AUDIO, Ciganjur, Kamis (21/2).

Mukmin juga menjelaskan, GPS tracker memiliki fitur untuk memantau kendaraan secara real time dengan mendownload aplikasi pada android maupun iOS. Fitur laporan digambarkan detail, laporan parkir, laporan kecepatan kendaraan, laporan jarak tempuh sampai laporan jam kerja.

Ragam GPS Navigasi

GPS navigasi mobil adalah perangkat yang tidak bisa lepas dari kegiatan berkendara. GPS navigasi akan membantu Sahabat untuk mengetahui arah tercepat menuju tujuan dan juga memberikan informasi kemacetan di sekitar. Adapun jenis GPS navigasi yang banyak digunakan adalah : 

1. GARMIN nuvi 57LM

Garmin nuvi 57LM adalah perangkat GPS navigasi jenis portabel yang dapat diandalkan untuk mengakses fitur-fitur dasar GPS. Meskipun harganya cukup terjangkau, perangkat ini mampu memantau kondisi jalan di depan hingga sekitar 30 kilometer. Hal yang paling menarik dari produk ini adalah layanan update peta gratis selama pemakaian, sangat cocok untuk Sahabat yang ingin menikmati biaya pemakaian murah untuk jangka panjang.

Garmin nuvi 57LM mempunyai kelemahan yaitu kurangnya konektivitas Bluetooth. Ini artinya Garmin nuvi 57LM tidak bisa dikoneksikan untuk menggunakan fitur handsfree pada telepon atau untuk mendengarkan musik di playlist smartphone. Harga untuk Garmin nuvi 57LM ini sekitar 2 Jutan dipasaran.

2. EinCar BV9986BI

EinCar BV9986BI adalah GPS navigasi tipe HDD yang dibekali kemampuan unik yaitu detektor anti pencurian. Ini akan membuat Sahabat merasa aman saat meninggalkan mobil. Meskipun terlihat sederhana dengan desain 1 DIN, Sahabat tetap bisa menikmati fitur Bluetooth, radio, maupun kamera mundur untuk memastikan objek di belakang kendaraan yang tidak tertangkap kaca spion.

EinCar BV9986BI sangat direkomendasikan untuk pengguna iphone, karena bisa langsung tersambung dengan playlist di handphone. Harga untuk EinCar BV9986BI sekitar 2,5 Jutaan di pasaran.

3. Pyle PLDNB78i

Pyle PLDNB78i merupakan perangkat GPS navigasi tipe in-dash berlayar 7 inci yang memadukan fitur navigasi, wireless music streaming, dan fitur komunikasi dengan Bluetooth, cocok untuk Sahabat yang menginginkan GPS navigasi murah yang lengkap. Paket GPS navigasi ini sudah dilengkapi dengan preload map sehingga Sahabat bisa langsung menikmati penunjuk jalan paling cepat dan aman dengan petunjuk suara dan teks.

Kekurangannya ada pada konektivitas interface bagi pengguna perangkat Apple, karena dibutuhkan konektor tambahan. Apabila suara dari aplikasi GPS sedang aktif, musik yang Sahabat mainkan jadi terhenti.

Ragam GPS Tracker

1. GPS Mobil Track GT06N

GPS Mobil Track merek іnі memberikan perlindungan kepada kendaraan kesayangan Sahabat ѕеtіар saat. Ukurannya yang kecil memungkin perangkat іnі untuk dipasanga pada tempat yang tersembunyi. Dеngаn bеgіtu Sahabat bіѕа melakukan pelacakan keberadaan mobil dаrі jarak jauh baik secara online maupun offline. Sahabat dараt menikmati fitur menarik dаrі GPS Mobil Track GT06N іnі seperti mematikan mobil secara otomatis dаrі jarak jauh, tracking akurat yang bіѕа diakses mеlаluі smartphone atau laptop, menyadap suara dі sekitar kabin mobil, serta dараt mengirimkan notifikasi apabila mobil melaju dеngаn kecepatan tinggi diluar dаrі batas yang ditentukan. Harga dаrі GPS mobil track іnі sekitar735 ribu rupiah.

2. GPS Tracker GT-06N Smart

GPS mobil track yang іnі memiliki antena GSM dan GPS yang berada dі dalam sehingga bentuknya lebih ramping dan ringkas. Dеngаn bеgіtu GPS tracker іnі mudah dipasang dі tempat tersembunyi dan tidak terlihat. GPS tracker іnі dilengkapi dеngаn fitur-fitur menarik seperti kemampuannya untuk menyadap suara dаrі dalam kabin kendaraan serta sensor getar untuk mendeteksi getaran ketika dalam modus siaga. Dalam 1 box GPS Tracker GT-06N Sahabat аkаn mendapatkan 1 set kabel konek wireless, 1 baterai, 1 tombol sos, 1 book user manual, dan 1 set relay 12 volt. Harga GPS tracker іnі tidak jauh dаrі GPS Mobil Track GT06N, уаіtu sekitar 750 ribu rupiah.

Manfaat Menggunakan GPS Mobil

Lebih mudah menemukan lokasi tujuan

Dengan menggunakan teknologi ini, kita akan menjadi lebih mudah dalam menemukan lokasi atau tempat tujuan kita. Hal ini sangat membantu saat kita sedang berada di daerah atau kota yang baru dan tidak biasa kita kunjungi. Bahkan di daerah terpencil pun, kita masih bisa menggunakannya karena teknologi ini tidak tergantung dan tidak memerlukan koneksi internet. Cukup mengetikkan nama atau daerah tempat tujuan kita dan GPS pun akan segera memproses dan menunjukkan arah ke lokasi tersebut.

Lebih efektif dibandingkan peta konvensional

Dalam mencari sebuah tempat atau daerah, menggunakan inovasi canggih ini akan lebih cepat daripada mencarinya di peta konvensional. Teknologi ini sudah dilengkapi dengan peta Indonesia di dalamnya dan juga ada beberapa merk GPS yang sudah dilengkapi dengan peta negara lain. Jadi kita tidak perlu kerepotan dan membuang banyak waktu dalam mencari arah menuju tempat yang ingin dikunjungi.

Lebih aman dengan memasang GPS pada kendaraan pribadi

Seperti yang disebutkan di atas bahwa teknologi ini memiliki fungsi atau fitur tracker atau pelacak yang berguna untuk melacak posisi kendaraan yang terpasang benda ini. Hal ini tentunya memberikan rasa aman yang lebih bagi pemilik kendaraan atau mobil tersebut, karena kita dapat selalu mengetahui dimana kendaraan kita berada dan untuk menghindari hal-hal buruk terjadi. Bila ada sesuatu yang terjadi dengan kendaraan kita pun, kita bisa dengan cepat melaporkan ke pihak yang berwajib seperti polisi untuk mencari kendaraan kita.

Itulah ulasan tentang GPS atau alat navigasi pada mobil. Secara keseluruhan, GPS atau alat navigasi merupakan fitur kendaraan yang memang dibutuhkan untuk pengendara. Hanya saja untuk pemakaianya harus lebih berhati-hati agar tidak mengganggung ketika berkendara seperti yang sudah tertulis di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal 106 ayat 1 undang-undang itu menyebutkan bahwa pengendara wajib berkonsentrasi penuh saat mengendalikan kendaraannya. Semoga dengan informasi yang diberikan Garasi.id ini, Sahabat bisa lebih memahami lagi tentang GPS baik mulai dari penggunaan hingga jenisnya.  

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 28 Feb 2019 | 19:00 WIB
BAGIKAN