Kaca spion mobil
Kaca spion mobil

Mengenal Lebih dalam Jenis Kaca Spion Mobil dan Perannya

14 Jul 2020 | 14:06 WIB

Kaca spion mobil merupakan salah satu komponen penting yang harus ada dalam setiap kendaraan bermotor baik mobil atau motor. Meski memiliki ukuran yang berbeda setiap jenisnya, fungsi dan peranan kaca spion mobil sangatlah penting. Oleh karenanya, Sahabat jangan sekali-kali menyepelekan keberadaan akan komponen yang satu ini. 

Mengenal Lebih dalam Jenis Kaca Spion Mobil dan Perannya

Secara umum, kaca spion mobil terdiri atas beberapa jenis yang tentunya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda. Apa saja jenis kaca spion mobil dan masing-masing fungsinya, yuk simak di bawah ini. 

Kaca Spion Mobil Luar( Door Mirror  Atau Side – View Mirror )

Mengenal Lebih dalam Jenis Kaca Spion Mobil dan Perannya

Sesuai dengan namanya, kaca spion yang satu ini terletak di ujung atas pintu atau di pilar A. Spion dengan jenis yang satu ini berguna untuk melihat bagian belakang mobil beserta bagian samping mobi.  Adapun sudut kaca spion luar ini bisa diatur secara manual atau elektrik yang bisa dimaksimalkan fungsinya dengan cara mengatur posisi mengemudi yang benar dan nyaman.

Kaca Spion Mobil Dalam

Mengenal Lebih dalam Jenis Kaca Spion Mobil dan Perannya

Di dalam kabin mobil, terdapat kaca spion yang menempel pada bagian kaca atas. Selain itu ada pula yang menempel di plafon mobil anda. Spion mobil dalam ini dirancang agar pengemudi bisa melihat keadaan belakang mobil melalui kaca belakang. Secara umum, spion dalam ini dirancang secara manual. Pengemudi sendiri yang akan mengatur arah dan sudut kaca spion tersebut.  Beberapa model kaca spion dalam juga dilengkapi spion yang bisa mereduksi pancaran sinar lampu dari mobil belakang.

Kaca Spion Mobil Tambahan

Selain spion mobil standar seperti yang sudah dijelaskan diatas, ternyata masih ada jenis spion yang lainnya, yakni spion tambahan. Beberapa pabrikan mobil membekali produk buatannya dengan spion tambahan. Pada umumnya spion tambahan ini berukuran kecil yang dipasang diatas fender bagian depan.

Mengenal Lebih dalam Jenis Kaca Spion Mobil dan Perannya

Spion ini pada umumnya memiliki bentuk cembung. Spion cembung ini sangat berguna pada saat parkir atau melewati jalanan yang sempit. Pengemudi bisa melihat roda depan siis penumpang dengan trotoar atau pinggir jalan yang dilaluinya. Dengan demikian, maka pengemudi bisa meminimalisir peluang roda menyerempet trotoar atau terperosok kedalam got.

Fungsi Kaca Spion Mobil

Mengenal Lebih dalam Jenis Kaca Spion Mobil dan Perannya

Nah itulah beberapa jenis spion mobil yang perlu kalian ketahui Sahabat. Secara umum, fungsi dari kaca spion mobil hampir sama. Namun agar kalian lebih paham akan pentingnya kaca spion mobil, yuk simak beberapa fungsi kaca spion mobil yang perlu kalian ketahui.

Mencegah Terjadinya Tabrakan Saat Pindah Jalur

Saat pengemudi akan memindahkan jalur mobilnya, maka kalian sebagai seorang pengemudi wajib melihat spion mobil. Dengan melihat spion, maka akan meminimalisir terjadinya kecelakaan saat melakukan perpindahan jalur di jalan raya.

Membantu Manuver Saat Parkir

Banyak pengemudi yang menabrak pembatas parkir atau mobil lainnya yang berdekatan dengannya pada saat akan parkir. Oleh karena hal tersebut diperlukan kaca spion mobil agar mempermudah untuk melihat kendaraan pada saat parkir.

Melihat Kondisi Lalu Lintas di Belakang

Spion mobil juga berguna untuk mengetahui keadaan atau kondisi lalu lintas di belakang kita sangatlah penting, karena dengan mengetahui kondisi di belakang kita, maka kita bisa melihat apakah kendaraan kita menghalangi kendaraan yang lain atau tidak.

Sebagai Pedoman Posisi Kendaraan

Terkadang, pada saat berkendara kita sering tidak menyadari apakah posisi kendaraan kita terlalu mempet atau tidak dengan kendaraan yang lainnya. Untuk menghindari hal seperti ini,  maka Sahabat bisa memanfaatkan kaca spion mobil untuk bisa melihat bagian bagian sisi kendaraan anda baik kiri maupun kanan dengan mudah. Dengan hal seperti ini, kamu sudah bisa memastikan kendaraan berada pada posisi yang tepat atau tidak.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 14 Jul 2020 | 14:06 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil