Mobil kepresidenan harus memiliki fitur-fitur tangguh untuk mengantisipasi berbagai ancaman
Mobil kepresidenan harus memiliki fitur-fitur tangguh untuk mengantisipasi berbagai ancaman

Mengenal Mobil Kepresidenan Dari Masa ke Masa

12 Agt 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN

Dalam melakukan perjalanan dinas, setiap presiden tentunya menggunakan mobil kepresidenan yang berbeda-beda disesuaikan dengan zamannya. Tentunya mobil presiden itu sendiri memiliki spesifikasi keamanan dan standar keselamatan yang berbeda dengan mobil biasa. Berikut deretan mobil super keren dari zaman Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi Menjabat.

Buick-8

Buick 8 merupakan produksi terbatas anak perusahaan General Motor (GM) dari Amerika, sehingga sering disebut Limited-8. Setelah resmi menjadi negara yang merdeka, mobil Buick-8 menjadi kendaraan pertama pemimpin Indonesia pada saat itu, Presiden Soekarno. Mobil ini menjadi saksi bisu bagaimana Presiden Soekarno mempertahankan kemerdekaan dari tahun 1945 hingga 1949.

Mengenal Mobil Kepresidenan Dari Masa ke Masa

Mobil spesial Buick-8 Limited-8 yang dikeluarkan pada tahun 1939 ini, menggunakan mesin 8 silinder berkapasitas 5.247 cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 141 daya kuda.

Mercedes-Benz 500SEL Limousine

Mobil yang diluncurkan pada tahun 1987 ini merupakan mobil dinas yang digunakan oleh presiden ke-2 Republik Indonesia, Presiden Soeharto. Mobil Mercedes-Benz 500SEL Limousine yang digunakan pada saat itu, disebut-sebut setara dengan mobil dinas Ratu Elizabeth II dan Presiden Bill Clinton. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 8 silinder 5.000cc dengan tipe mesin M117.963. 

Mengenal Mobil Kepresidenan Dari Masa ke Masa

Untuk keamanan sendiri, mobil Kepresidenan Soeharto dilengkapi dengan kaca anti peluru, bodi yang dilapisi baja dan platina hitam, sehingga tahan dari serangan peluru, mortir dan guncangan. Hingga pada tahun 1994, Presiden Soeharto mengganti mobil dinasnya dengan Mercedes-Benz S600.

Mercedes-Benz S600

Mobil Mercedes-Benz S600 mulai digunakan pemimpin negara Indonesia sejak tahun 1995. Kendaraan yang diluncurkan pada tahun 1994 ini memiliki spesifikasi yang tidak kalah tangguh dari tipe sebelumnya. Kaca anti peluru, bodi mobil yang dilapisi baja supaya tahan dari serangan peluru, mortir merupakan spesifikasi standar yang wajib ada di mobil kepresidenan.

Mengenal Mobil Kepresidenan Dari Masa ke Masa

Tidak heran jika mobil ini merupakan kendaraan yang paling lama menjadi mobil kepresidenan mulai dari Presiden Soeharto, Presiden BJ Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Presiden Megawati Soekarnoputri dan periode I kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Mercedes-Benz S600L Pullman Guard

Pada masa kepemimpinan periode ke-2 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mercedes-Benz S600L menjadi kendaraan yang dipercayakan menjadi mobil kepresidenan. Saat itu, Mercedes-Benz S600L dengan model W221  adalah pilihan yang dianggap terbaik. Mobil yang keluar pada tahun 2008 ini bisa dibilang kendaraan dengan sistem proteksi tertinggi. Tidak hanya mampu menahan serangan senapan, mobil ini juga bisa menahan serpihan bom.

Mengenal Mobil Kepresidenan Dari Masa ke Masa

Sementara untuk mesin, alat transportasi ini memiliki 12 silinder Biturbo 6.000 cc sehingga mampu mengeluarkan tenaga sampai 525 daya kuda. Di dalamnya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti koneksi internet, televisi, AC, sampai tabung oksigen. Hingga sekarang Presiden Jokowi masih menggunakan mobil Mercedes-Benz S600L Pullman Guard ini, dan menurut rumor yang beredar, Presiden Jokowi akan melakukan penyegaran mobil kepresidenannya tahun ini.

Foto: Internet


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 12 Agt 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN