Teknologi Keselamatan Pada Mobil Semakin Canggih
Teknologi Keselamatan Pada Mobil Semakin Canggih

Mengenal Sistem Keamanan Aktif Pada Kebanyakan Mobil

25 Mei 2023 | 09:00 WIB

Industri otomotif di Indonesia saat ini berlomba memberikan fitur keselamatan pada kendaraan. Hal ini untuk menunjang konsumen di Tanah Air yang semakin kritis terkait keamanan dan keselamatan pada kendaraan. Fungsi dari sistem keamanan mobil ini sangat penting untuk dipahami, agar dapat melindungi Sahabat dan orang-orang di sekitarmu dari mara bahaya.


Ada berbagai macam dan bentuk dari sistem keamanan yang terdapat dalam mobil. Nah, apa saja fitur-fitur keselamatan apa saja yang ada pada kendaraan? Secara umum fitur keselamatan ada aktif (passive active) dan pasif (passive safety). Keduanya berfungsi mengantisipasi potensi kecelakaan. Jika terjadi kecelakaan, fitur ini mampu meminimalisasi dampak yang fatal.


Pelajari Fitur-Fitur Canggih Dalam Mobil

Pelajari Fitur-Fitur Canggih Dalam Mobil


1. Fitur keamanan aktif

Fitur keamanan aktif adalah semua perangkat yang melindungi pengemudi dan penumpang agar mencegah kecelakaan terjadi, contohnya rem anti blokir (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Blind Spot Monitoring (BSM), dan masih banyak lagi. Hampir semuanya berfungsi dengan memanfaatkan sistem kelistrikan mobil. Berikut contoh fitur keselamatan aktif yang terdapat dalam mobilmu:


  • Anti-Lock Braking System (ABS)

Fitur ABS berfungsi saat pengemudi melakukan pengereman mendadak saat mobil dalam kecepatan tinggi. Biasanya hal ini akan memicu roda mobil terkunci sehingga mobil sulit untuk dikendalikan. ABS akan menggunakan sensor kecepatannya untuk menentukan apa ada roda yang terkunci dengan sendiri atau tidak. Jika roda terkunci maka pipa hidrolik akan mengendur dan mengurangi pengereman sehingga roda tidak tergelincir. 


Selalu Waspada Saat Mengendarai Mobil

Pastikan Sensor Mobil Dengan Kondisi Aktif 


  • Hill Start Assist

Hill start assist (HSA) adalah sebuah fitur penahan mobil di tanjakan atau fitur anti mundur pada jalan menanjak dimana fitur ini hanya dimiliki oleh mobil dengan transmisi otomatis. HSA sangat berguna untuk pengemudi pemula karena akan mempermudah melewati tanjakan.


  • Daytime Running Lights (DRLS)

Daytime Running Lights adalah fitur yang dibuat untuk menunjang keselamatan dari sisi visibilitas dimana fitur ini akan memancarkan cahaya yang akan menyala pada siang hari untuk menginformasikan adanya pengguna jalan lainnya.


  • Blind Spot Monitoring (BSM)

Blind Spot Monitoring berfungsi untuk mengidentifikasi benda-benda disekitar mobil. BSM menggunakan sensor dan jika mobil mendekati salah satu blind spot terdekat, fitur ini akan memicu sistem peringatan untuk pengemudi dalam bentuk lampu berkedip atau peringatan suara. 


  • Automatic Emergency Braking (AEB)

Automatic Emergency Braking merupakan inovasi terbaru dalam fitur keamanan mobil dimana menggunakan sensor dan kamera untuk mendeteksi kecepatan dan benda yang berada di jalur kendaraan. Jika pengemudi tidak menyadari adanya benturan maka sistem akan menerapkan rem secara otomatis untuk mencegah tabrakan.


Ilustrasi Mengemudi Mobil Dengan Stabil
Ilustrasi Mengemudi Mobil Dengan Stabil

2. Fitur keamanan pasif

Fitur keamanan pasif akan melindungi pengendara dan penumpang saat atau setelah terjadi kecelakaan. Sebagai pelengkap keselamatan dalam perjalanan pengemudi dan penumpang, fitur ini semakin canggih dari masa ke masa. Berikut ini adalah contoh dari fitur keselamatan pasif: 


  • Seat Belt dan teknologi pengikat

Fitur seat belt atau sabuk pengaman adalah alat yang sangat penting dalam menjaga pengendara dan penumpang dimana sabuk pengaman dapat mengurangi risiko cedera leher.


Selalu Cek Sabuk Pengaman Untuk Keselamatan Berkendara

Selalu Cek Sabuk Pengaman Untuk Keselamatan Berkendara


  • Airbag

Fitur airbag diciptakan untuk mencegah atau mengurangi cedera pada saat terjadinya benturan keras bagi pengemudi dan penumpang. Airbag akan mengembang dari setir (roda kemudi dari dashboard beberapa milidetik setelah tabrakan, 300 kilometer per jam) sehingga kepala, leher, dan dada aman dari tabrakan. Ketika kepala pengemudi telah mengenai airbag, kantung udara itu akan mengempis secara perlahan sehingga memungkinkan pengemudi selamat keluar dari mobil. 


  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

TPMS adalah fitur yang berfungsi untuk mendeteksi tekanan angin yang terlalu rendah dimana dapat mengancam keselamatan jiwa pengendara dan penumpang mobil.


Kenali Fungsi & Cara Kerja Airbag

Kenali Fungsi & Cara Kerja Airbag


  • ISOFIX

ISOFIX adalah fitur pengait khusus yang disediakan untuk car seat/kursi bayi sehingga kursi bayi akan tetap aman dan tidak akan bergerak apabila terjadi guncangan keras akibat tabrakan. Apabila terjadi risiko kecelakaan, sistem keamanan inilah yang akan melindungi kamu dari risiko cedera bahkan hingga meninggal dunia.


Beragam Sistem Mobil Saling Terkait Satu Sama Lain

Beragam Sistem Mobil Saling Terkait Satu Sama Lain


Sangat direkomendasikan agar Sahabat melakukan servis mobil secara rutin. Kebanyakan pemilik mobil akan melakukan jadwal servis setiap interval enam bulan sekali atau mengikuti jadwal servis yang telah disediakan dari pabrikan mobil. 


Kamu bisa cek www.Garasi.id, pilih jasa servis yang cocok untuk kebutuhan mobil kesayangan Sahabat agar tetap bekerja sempurna dan aman.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 25 Mei 2023 | 09:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkeamananmobilfiturmobilservismobiljasaservis
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family