Aki mobil
Aki mobil

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

26 Jan 2020 | 19:41 WIB

Tak dipungkiri jika saat ini masih banyak pemilik mobil yang kebingungan untuk menentukan pilihan aki mobil, apakah akan menggunakan aki kering mobil atau aki basah mobil. Bahkan tak sedikit yang masih bingung membedakan apa keunggulan dan kekurangan dari keduanya.

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

Aki mobil atau accu merupakan salah satu jenis baterai yang umumnya digunakan sebagai penyuplai daya listrik pada kendaraan, termasuk pada mobil. Jika tidak ada aki, tentu mobil tidak akan bisa dinyalakan saat dalam keadaan mati.

Fungsi utama aki mobil

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

Untuk menyalakan mesin mobil, ada satu komponen vital yang bertugas untuk menyediakan energi memutar dinamo starter dan kemudian menjalankan siklus mesin. Komponen tersebut adalah accu, atau yang lebih kerap dikenal sebagai aki mobil. Aki mobil merupakan baterai bagi kendaraan yang berperan untuk menyediakan dan menyimpan daya untuk semua kebutuhan energi listrik pada mobil, mulai dari dinamo starter, lampu-lampu hingga sistem elektrik mobil. Tak heran jika komponen ini menjadi vital untuk diperhatikan guna menjamin kenyamanan saat berkendara.

Aki mobil sebagai penyimpan energi

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

Salah satu fungsi aki mobil secara umum dari mobil ini adalah sebagai tempat untuk penyimpanan energi. Baterai atau aki pada mobil ini mempunyai fungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia di dalam kendaraan anda. tanda aki kering mobil soak wajib anda waspadai mengingat energi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi mobil secara keseluruhan sebagian besar bergantung pada komponen satu ini.

Aki mobil sebagai penyuplai energi

Fungsi aki mobil secara umum yang kedua adalah sebagai penyuplai energi ke dinamo starter. Energi yang disimpan dalam baterai tersebut akan menyuplai aliran listrik ke dalam dinamo starter. Nah sobat, jadi ketika Sahabat akan menstarter kendaraan, komponen yang memiliki peran utama adalah komponen aki ini.

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

Jika pada saat Sahabat menstarter kendaraan namun ada masalah, maka ada baiknya Sahabat memeriksa kondisi aki mobil ya. Mengingat penyebab mobil bermasalah saat distarter yang seringkali ditemukan karena kondisi aki mobil yang sudah tidak layak.

Aki mobil sebagai penyuplai sistem pengapian

Fungsi yang ketiga adalah sebagai komponen penyuplai energi ke sistem pengapian pada kendaraan. Sistem pengapian juga merupakan salah satu sistem yang sangat penting dalam kendaraan. Sistem pengapian ini adalah sistem yang berperan dalam menjalankan mesin mobil. Jadi jika sistem pengapian bermasalah sudah pasti mesin mobil tidak akan berjalan normal sesuai dengan yang seharusnya ya Sahabat.

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

Untuk itu tetaplah jaga dan selalu melakukan perawatan terhadap aki mobil agar sistem pengapian tidak terjadi masalah. Terkadang seringkali ditemukan aki dalam keadaan kering, namun tidak dihiraukan.

Aki mobil sebagai sumber energi pencahayaan mobil

Lampu merupakan salah satu aksesoris penting yang ada dalam kendaraan. Jika tidak ada lampu untuk menerangkan, bisa bayangkan bagaimana penampakan atau keadaan mobil terutama di saat malam hari. Nah Sahabat, aki mobil ini juga tentunya berfungsi untuk memberikan atau menyuplai energi ke lampu tersebut agar bisa digunakan.

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

Selain itu, lampu juga sangat memberikan manfaat penting terhadap keselamatan khususnya pada malam hari. Selain itu pada siang hari lampu mobil juga tentunya akan sangat berpengaruh bagi keselamatan kamu.

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

Terkadang Sahabat pasti pernah mengalami lampu yang tiba tiba mati, alasan lampu interior mobil mati saat berkendara seperti ini karena diakibatkan oleh komponen aki yang bermasalah sobat. Karena pada dasarnya energi yang digunakan untuk menyalakan lampu berasal dari komponen aki mobil tersebut.

Aki mobil sebagai sumber energi komponen lainnya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, komponen pendingin yang satu ini ( yaitu AC ) sangatlah dibutuhkan keberadaanya di dalam kendaraan kita. Karena apabila kondisi cuaca sedang bersuhu tinggi, nah pada saat seperti ini kita tentunya sangat membutuhkan AC ini. Nah komponen AC mobil yang bekerja menggunakan energi yang disuplai oleh aki mobil. Untuk itu peranan aki sangatlah penting bukan Sahabat.

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

Selain itu, aki mobil juga berperan penting dalam menyuplai energi listrik ke komponen yang ada di seluruh mobil. Seperti bagian audio, video dan sistem hiburan lainnya yang ada di dalam mobil. Jika aki mobil tidak mensuplai energinya ke komponen tersebut, maka bisa dipastikan komponen audio atau video tidak akan bisa digunakan.

Aki mobil basah vs kering

Dari segi desain, aki basah mobil biasanya menggunakan wadah yang transparan. Hal itu berguna untuk melihat kondisi sel dan ketinggian air aki. Selain itu, pada bodi aki basah juga terdapat penanda garis batas ketinggian air yang memudahkan kamu kapan waktu yang tepat untuk mengisi air pada aki. Berbeda dengan aki kering yang didominasi warna gelap pada bodinya karena kamu tidak perlu repot-repot melihat ketinggian air di dalamnya.

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

Jika dilihat dari harga, aki basah mobil biasanya lebih murah daripada aki kering mobil. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, aki kering lebih mudah dalam hal perawatan tidak seperti aki basah dimana kita harus sering melakukan pengecekan pada cairan di dalamnya.

Mengganti Aki Basah Mobil dengan Aki Kering Mobil? Bolehkah?

Jika Sahabat memiliki mobil yang menggunakan aki basah mobil dan tidak mau repot untuk merawat sehingga mengganti dengan aki kering, hal itu sangatlah diperbolehkan. Tetapi dengan catatan ukuran aki dan voltasenya sama dengan aki sebelumnya. Tidak ada perbedaan signifikan jika membandingkan spesifikasi aki kering dengan aki basah sebenarnya, cuma yang jadi pembeda adalah harga dan perawatan saja.

Pilih aki basah mobil atau aki kering mobil?

Jika ditanya lebih awet yang mana, banyak sumber yang mengatakan bahwa aki basah mobil jauh lebih awet ketimbang aki kering mobil dengan catatan selalu dijaga ketinggian cairan di dalamnya. Namun cara penggunaan mobil, penambahan aksesoris yang berlebihan pada mobil juga berpengaruh terhadap umur dari aki mobil itu sendiri lho Sahabat.

Jadi jika Sahabat ingin mengganti aki mobilnya, sesuaikanlah dengan dana yang kamu miliki, jika mempunyai dana lebih sebaiknya memilih menggunakan aki kering, memang harganya lebih mahal sedikit namun tidak perlu repot dengan perawatan dan pengecekan ketinggian air aki.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 09 Apr 2020 | 07:18 WIB
Bagikan