Segera Ganti Ban Mobil Sebelum Celaka
Segera Ganti Ban Mobil Sebelum Celaka

Menunda Ganti Ban Mobil! Celaka Akibatnya

20 Okt 2023 | 23:53 WIB

Ban adalah salah satu komponen paling penting bagi  mobil. Tanpa ban yang bagus, tentunya Sahabat tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar. Meskipun tahan lama, ada masanya ban mobil harus diganti secara berkala supaya bisa selalu sampai di tempat tujuan dengan aman.


Kondisi ban yang perlu diganti biasanya akan mengalami penurunan performa dalam cengkramannya. Tentu saja Sahabat, bila kamu tidak segera atasi masalah ini dapat sangat berbahaya, bisa berpotensi kecelakaan.


Cek Kondisi Ban Mobil Secara Berkala

Cek Kondisi Ban Mobil Secara Berkala


Bagaimana Sahabat, kamu sudah cek kondisi ban mobil kesayangan kamu belum? Jika Sahabat menemukan ada yang tidak beres saat mengecek ban mobil, jangan disepelekan begitu saja ya! Perhatikan ciri-ciri berikut ini sebagai penanda ban mobil perlu segera diganti.


  • Perhatikan Permukaan Ban Mobil

Kesehatan ban sangat ditentukan oleh penampilan dan tekstur karetnya. Jika Sahabat menemukan bagian tengah atau samping ban sudah tidak rata lagi, sebaiknya jangan menunggu terlalu lama untuk ganti ban mobil. 


Karena ban yang sudah gundul lantaran menipis, retak karena terkena suhu panas, atau bergelombang karena sudah aus dapat memengaruhi keseimbangan mobil saat berkendara. Akibatnya, mobil bisa lebih sering goyah, dan hal ini bisa membahayakan keselamatan.


Periksa Ban Mobil Sebelum Berkendara

Periksa Ban Mobil Sebelum Berkendara


  • Cek Kondisi Sisi Dinding Ban

Tidak hanya permukaan karet ban, dinding di bagian samping ban mobil juga salah satu penanda penting tentang waktu yang tepat untuk ganti ban mobil. Perlu diingat ya Sahabat bahwa penyebab umum dari benjolan pada ban mobil adalah anyaman atau kawat penguat konstruksi rangka ban yang putus. 


Sederhananya, jika kamu menemukan benjolan ini, ketahanan ban sudah mencapai batasnya karena tidak kuat menahan tekanan angin. Sebaiknya kamu harus cepat ganti ban dengan yang baru.


Gunakan Alat Khusus Ban Mobil

Gunakan Alat Khusus Ban Mobil


  • Batas Indikator TWI

Pada bagian tengah dan tepi ban mobil, Sahabat akan melihat ada indikator berbentuk segitiga. Alasan simbol tersebut diciptakan karena Tyre Wear Indicator (TWI), penanda yang menunjukkan apakah sebuah ban sudah aus atau belum. 


Jika kembang ban mobil pada bagian tengah sudah bersentuhan dengan batas indikator TWI, disarankan kamu meluangkan waktu untuk ganti ban mobil karena permukaan ban sudah aus dan lebih licin.


Perhatikan Ban Mobil Yang Sering di Tambal

Perhatikan Ban Mobil Yang Sering di Tambal


  • Ban Mobil Sering di Tambal

Saat Sahabat berkendara, tidak menutup kemungkinan karet ban mobil akan tidak sengaja terkena benda tajam seperti besi, baut atau paku di jalan. Untungnya, ban tubeless dapat ditambal dan digunakan kembali dalam waktu singkat. 


Tapi, jika ban sudah berkali-kali ditambal ulang, Sahabat harus segera menggantinya. Karena kekuatan ban sudah berkurang drastis. Selain itu, ban yang usianya sudah melebihi tiga tahun juga perlu diganti karena ban mobil akan kehilangan kelenturannya seiring dengan waktu.


Tetap Teang Saat Mengganti Ban Mobil

Tetap Teang Saat Mengganti Ban Mobil


Bagaimana Sahabat, apakah kamu menemukan salah satu ciri-ciri di atas saat memeriksa kondisi ban? kamu tidak perlu khawatir, sebab mengganti ban mobil sendiri cukup mudah. Kamu bisa mengatasinya hanya dengan mengendurkan baut di tempat yang datar, lalu mendongkrak mobil untuk melepaskan ban dan memasang ban cadangan.


Perlu Sahabat ketahui, untuk menjaga mobil kesayangan kamu agar tetap awet adalah dengan rajin mengganti ban. Jadi, saat kamu melihat permukaan ban sudah tidak lagi mulus, terdapat benjolan pada tepi dinding ban, atau sudah menggunakan ban yang sama selama lebih dari tiga tahun, sebaiknya jangan menunda-nunda ganti ban mobil, ya Sahabat! 


Menunda Ganti Ban Mobil! Celaka Akibatnya


Biar Sahabat lebih tenang ketika ban mobil bocor, kamu bisa pilih layanan terpercaya Asisten Darurat - Layanan Darurat Mobil / Emergency Roadside Assistance (ERA) dari Garasi.id. Manfaatkan layanan Asisten Darurat yang memberikan ketenangan dan kenyamanan saat kamu berkendara.


Informasi lengkap Sahabat bisa kunjungi www.Garasi.id. Tim customer servis Clara dari Garasi.id akan membantu layanan 24 jam jika Sahabat mengalami kendala darurat.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 21 Okt 2023 | 00:12 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifbanmobilbocorkempestambalbanbanretakbanbenjolasistendaruratgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2023 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family