Perawatan Rutin AC Mobil Sangat Penting Lho, Kenapa?
Perawatan Rutin AC Mobil Sangat Penting Lho, Kenapa?

Merawat AC Mobil Sangat Penting, Ini Alasannya!

30 Des 2021 | 10:48 WIB

Melakukan perawatan Air Conditioner (AC) mobil itu sama pentingnya dengan merawat mobil Sahabat Garasi. Sebab, AC akan membuat perjalananmu semakin nyaman. 

Memiliki mobil bersih, mengkilap, & bagus tapi ngga ada AC mobilnya, itu ibarat seperti sedang mengendarai oven beroda empat, karena mobil tanpa AC sangat terasa sekali panas nya.

Jika Kamu ingin melakukan perawatan AC mobil, maka Sahabat Garasi harus mengetahui komponen yang bakal dibersihkan. Sebaiknya, tanyakan beberapa hal berikut ini yang akan dilakukan perawatan, apa saja?

  1. Oli Kompresor

AC mobil secara teknis membutuhkan oli kompresor agar fungsinya berjalan dengan baik. Fungsi dari oli ini sendiri adalah untuk melumasi kompresor ac mobil agar tidak cepat rusak. 

Selain itu, oli juga berfungsi agar suara yang dikeluarkan oleh kompresor AC tidak mengeluarkan suara yang berisik. Oleh karena itu, sebelum melakukan perawatan mobil berkonsultasi dengan mekanik tentang oli apa yang akan digunakan. 

Dari sekian banyak pilihan oli, biasanya sudah disesuaikan untuk jenis mobil. Jadi, gunakan oli kompresor AC yang sesuai dengan jenis mobil.

  1. Kualitas dan Volume Oli

Selain jenis oli, kualitas oli kompresor juga sangat penting untuk diketahui. Oli kompresor AC yang sudah terlalu lama akan memunculkan korosi pada bagian komponen-komponen AC itu sendiri. 

Dari sini, dapat diambil kesimpulan, kualitas oli apa yang sebaiknya digunakan agar hal-hal diatas tidak terjadi pada AC mobil. Selain itu, ceritakan juga riwayat perjalanan yang sudah dilalui. Sudah sejauh mana kilometer Kamu melaju dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli kompresor AC mobil. 

  1. Freon AC

Jika memang sudah waktunya freon mobil untuk diganti, pastikan untuk mengenali freon tersebut memang sesuai dengan mobil Kamu. 

Beberapa mobil yang produksinya di bawah tahun 2000 biasanya akan menggunakan freon yang berbeda dengan mobil-mobil modern seperti sekarang ini. Jangan lupa konsultasi terlebih dahulu dengan mekanik atau teknisi yang akan melakukan pergantian freon AC mobil. 

  1. Pergantian part

Selain, beberapa bagian part AC mobil pun juga wajib dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum diganti. Beberapa komponen seperti evaporator dan lain-lainnya sangat penting diketahui orisinilitasnya. 

Cara ini untuk memastikan part tersebut memang sesuai dengan jenis mobil dan untuk menghindari masalah besar yang terjadi di kemudian hari.

Begini Perawatan AC Mobil yang Benar

Kebanyakan orang sangat bergantung pada AC mobil setiap mereka mengendarai mobil, terlebih lagi ketika matahari memanggang udara sekitar kita. Secara umum memang AC mobil dapat sangat diandalkan untuk menghilangkan gerah di hari yang panas.

Di saat musim hujan AC mobil juga masih dibutuhkan karena AC mobil berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara didalam mobil saat semua jendela tertutup atau menghilangkan embun yang ada di jendela mobil Kamu.

Masalah yang sering timbul pada sistem AC mobil ada dua yang paling umum terjadi. AC mobil tidak mengeluarkan udara dingin, atau sedikit mengeluarkan udara dingin, dan disaat yang lain udara yang keluar terlalu dingin.

Kedua kerusakan tersebut memang menjengkelkan tapi bukan berarti hal ini terjadi karena adanya kerusakan yang parah terhadap sistem AC mobil Kamu.

AC mobil bisa dikatakan sebagai salah satu komponen yang banyak menyumbang kenyamanan pengendara dalam mobil. Ini cara simpel perawatan AC mobil untuk menjaga agar AC mobil terawat dan tetap dingin.

Merawat AC Mobil Sangat Penting, Ini Alasannya!

Jaga Kebersihan AC dan Interior


  • Jaga Kebersihan Kabin

Kebersihan kabin mobil jangan dianggap remeh. Jika kabin mobil bersih & wangi akan berpengaruh juga terhadap kenyamanan mengemudi.

Kabin mobil yang kotor, ternyata juga akan berpengaruh terhadap kinerja filter AC mobil. Karena jika kabin mobil Kamu bersih maka otomatis minim debu sehingga kinerja filter AC mobil pun akan maksimal.

Maka, pastikan Sahabat Garasi merawat serta menjaga kebersihan kabin mobil agar filter kabin AC mobil bekerja tidak terlalu keras.

  • Jangan Merokok di Dalam Mobil

Merokok di dalam kabin mobil sangat tidak dianjurkan. Jika Kamu merokok dalam kabin sudah pasti kabin mobil akan menjadi bau dan bau tersebut akan susah hilang. Selain bau, jika kalian merokok dalam mobil hal tersebut juga bisa merusak AC dalam jangka waktu lama.

Karena disaat merokok di dalam mobil, asap rokok yang dikeluarkan akan masuk ke dalam AC mobil dan kandungan nikotin pada rokok akan merusak dan mengotori evaporator.

Efeknya, evaporator akan berlendir sehingga AC mobil ketika difungsikan bisa mengeluarkan bau tidak sedap. Jadi dengan tidak merokok, juga sudah melakukan upaya preventif dalam melakukan perawatan AC mobil.

  • Jangan Nyalakan AC Mobil Seketika

Sangat tidak dianjurkan untuk menyalakan AC mobil saat mobil baru pertama kali dinyalakan. Saat kondisi seperti itu keadaan mesin belum stabil, maka dari itu sebaiknya menunggu sebentar sampai kondisi mesin stabil.

Jika dirasa kondisi mesin sudah cukup stabil maka Sahabat Garasi bisa menyalakan AC mobil. Selain itu, juga disarankan untuk tidak menyalakan AC mobil ketika kaca mobil terbuka. Ketika menyalakan AC mobil tapi kondisi kaca atau jendela mobil terbuka, itu akan merusak komponen AC.

Karena debu dari luar mobil bisa masuk ke dalam AC dan juga bisa mengotori AC mobil. Jika sudah terjadi demikian, maka kinerja mesin AC untuk mendinginkan kabin menjadi kurang maksimal dan dapat menimbulkan bau tidak sedap.

  • Bersihkan Kondensor

Saat sedang mencuci mobil, alangkah baiknya jika juga mencuci bagian kondensor AC. Jika Sahabat Garasi belum tahu letaknya biasanya kondensor terletak di depan radiator.untuk membersihkannya cukup menyemprotkan air ke kondensor mobil.

Membersihkan kondensor akan menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Kalau debu dan kotoran ini dibiarkan dan tidak dibersihkan dalam waktu lama maka akan menyebabkan kebocoran dan korosi pada kondensor. Jaga selalu kebersihan kabin mobil dan tidak boleh sembarangan dalam menggunakan AC jika tidak ingin ada kerusakan yang lebih parah.

Mencegah kerusakan yang lebih parah. Servis rutin yang dilakukan akan membantu Sahabat Garasi menemukan masalah sesegera mungkin dan mencegahnya menjadi semakin rumit dan parah. Sahabat Garasi juga bisa merawat AC mobil kesayangan dengan membeli servis perawatan AC di Garasi.id dengan klik link ini.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 30 Des 2021 | 10:48 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanacgarasiid