Switch Lampu
Merawat mobil

Merawat Mobil Jangan Cuma Sektor Mesin, Tapi Juga Lampu

04 Jan 2020 | 17:16 WIB

Keputusan memiliki mobil dapat didasari oleh berbagai latar belakang. Salah satunya adalah kebutuhan sarana transportasi untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Untuk alasan tersebut tentunya sebagai pengendara pasti sangat tidak menyukai jika kondisi mobil bermasalah ketika digunakan. Agar hal itu dapat dicegah, caranya adalah dengan merawat mobil secara berkala.

Merawat Mobil Jangan Cuma Sektor Mesin, Tapi Juga Lampu

Servis berkala atau servis rutin biasanya termasuk prosedur yang diwajibkan oleh pabrikan. Apabila mobil masih dalam masa garansi tapi tidak melakukan perawatan berkala di bengkel resmi maka garansi yang dimiliki tersebut bisa hangus atau tidak berlaku lagi.

Punya Mobil Jangan Cuma Dikendarai, Kamu Perlu Lakukan Ini

Tidak hanya mobil baru, untuk Sahabat yang memiliki mobil bekas juga wajib merawat mobil bekas kesayangan secara berkala agar kondisinya tetap prima.

Keuntungan Merawat Mobil

Manfaat yang Sahabat dapatkan apabila melakukan servis berkala pada kendaraan atau merawat mobil yaitu kondisi mesin kendaraan akan selalu dalam performa yang maksimal. Seiring dengan pemakaian kendaraan untuk keperluan sehari-hari, pastinya beberapa komponen akan mengalami perubahan. Misalnya seperti saringan udara menjadi kotor, busi menjadi aus, atau kampas rem yang semakin tipis. Saat merawat mobil secara berkala, komponen tersebut dilakukan pembersihan atau penyetelan kembali. Jika ada part mobil yang tidak dapat berfungsi maka akan dilakukan penggantian. Dengan begitu maka kondisi mesin mobil akan selalu dalam kondisi yang maksimal.

Merawat Mobil Jangan Cuma Sektor Mesin, Tapi Juga Lampu

Dengan merawat mobil secara rutin, maka semua sistem bisa dipastikan bekerja dengan baik. Jika kendaraan selalu dalam kondisi yang baik maka pengendara akan terhindar dari perasaan was-was. Berkendara pun menjadi lebih tenang dan nyaman bila merawat mobil dengan rutin.

Manfaat lainnya bila merawat mobil bekas adalah dapat mengurangi beban pengeluaran yang lebih besar. Jika masalah pada kendaraan dapat terdeteksi lebih awal sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah dan lebih banyak. Hal ini cukup penting karena pada mobil banyak berbagai system yang saling berkaitan. Dengan mengetahui kondisi lebih awal saat merawat mobil maka Sahabat bisa mengatur pengeluaran untuk penggantian komponen yang rusak tersebut.

Mobil mogok di jalan menjadi hal yang paling dihindari bagi pengendara. Dengan merawat mobil secara berkala maka kondisi tersebut dapat diminimalisir. Kendaraan yang tiba-tiba mogok bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya seperti kondisi aki yang lemah, aliran bahan bakar yang tidak lancar, sistem pengisian yang tidak normal, minyak kopling habis, dll. Selain itu, resiko akan adanya kerusakan juga dapat dikurangi bila merawat mobil, sehingga umur kendaraan juga menjadi lebih lama. Kamu juga bisa membaca 8 Tips Mengatasi Mogok Saat Mobil Menerjang Banjir

Merawat Mobil Jangan Cuma Sektor Mesin, Tapi Juga Lampu

Sebagai pengguna jalan raya, ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengemudikan kendaraan di jalan raya. Misalnya seperti melakukan uji emisi untuk menekan tingkat polusi udara. Jika tidak merawat mobil secara rutin maka kendaraan Sahabat akan sulit memenuhi peraturan tersebut.

Tidak hanya bagian mesin, merawat mobil itu harus dilakukan secara menyeluruh yang meliputi bagian interior hingga eksterior. Karena jika kondisi mobil Sahabat sehat luar dalam, Sahabat pun akan merasakan kenyamanan saat berkendara baik sendiri maupun bersama keluarga. Dan meski berpergian dengan jarak tempuh yang jauh pun, bila sudah merawat mobil Sahabat dan keluarga akan merasa tenang karena mobil dalam keadaan baik. 

Selain itu, yang tidak boleh ketinggalan dalam merawat mobil adalah bagian lampu mobil. Switch lampu mobil menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam sistem kelistrikan, utamanya sistem penerangan mobil itu sendiri. Walaupun bentuknya tidak terlalu besar, namun switch ini memiliki peranan yang sangat penting, terutama ketika Sahabat akan berkendara di malam hari. Karena jika switch lampu mobil bermasalah, maka lampu mobil juga akan bermasalah, atau bahkan tidak akan berfungsi sama sekali.

Atasi Switch Lampu Yang Lagi "Ngambek"

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, switch lampu mobil berfungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu mobil itu sendiri. Switch atau sakelar ini biasa dioperasikan dengan cara menekan, melepas, menarik ataupun memutarnya sehingga kontak bergerak dan berpindah dari terminal satu ke terminal lainnya. Akibatnya adalah lampu mobil menyala, baik itu lampu kota, lampu jauh, lampu dekat ataupun hanya dim saja.

Merawat Mobil Jangan Cuma Sektor Mesin, Tapi Juga Lampu

Seiring pemakaian, ada kalanya memang terjadi masalah pada switch lampu mobil seperti lampu tidak menyala sama sekali. Untuk mengatasi hal tersebut, Sahabat Garasi perlu melakukan ini :

1. Lepaskan terlebih dahulu tuas saklar lampu dari tempatnya. Setelah itu cek bagian relay apakah ada yang terbakar atau tidak. 

2. Bersihkan seluruh bagian yang berkerak pada saklar lampu, setelah itu jika ada bagian yang meleleh, tambahkan sedikit timah dan beri sedikit grease agar tidak cepat aus. 

Nah, walaupun bentuknya tidak terlalu besar, akan tetapi switch lampu mobil memegang peranan sangat penting, utamanya untuk keselamatan pengemudi. Oleh sebab itu penting sekali merawat saklar lampu dengan baik, jangan pernah membuat posisi saklar dalam keadaan menggantung karena akan cepat rusak. Jika sudah rusak jalan satu-satunya hanya menggantinya dengan saklar baru yang tentu harganya cukup mahal.

Bohlam Mobil Sering Putus

Lampu mobil sering mati ditengah jalan tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan, apalagi jika matinya pas malam hari. Lampu mobil yang mati tersebut disebabkan karena filamen yang putus. Nah penyebabnya bermacam-macam Sahabat Garasi, mulai dari panas, getaran ataupun arus listrik yang terlalu tinggi. Hal ini juga tak lepas dari kualitas bohlam yang digunakan. Bohlam dengan harga murah biasanya tak kuat menahan panas sehinga mudah putus. Bahkan ada yang dinyalakan 3 jam misalnya sudah putus.

Merawat Mobil Jangan Cuma Sektor Mesin, Tapi Juga Lampu

Jika itu yang terjadi, maka Sahabat cukup membawa bohlam cadangan saja. Jadi jika sewaktu-waktu mati tinggal diganti saja. Cara yang perlu Sahabat lakukan saat ingin mengganti bohlam yang putus adalah :

1. Buka kap mobil kemudian cabut soket lampu

2. Buka penutup karet

3. Masukkan jari dalam lobang headlamp untuk membuka kaitan kawat atau pengunci lampu.

4. Ganti lampu pastikan ketiga kaki lampu tepat pada dudukannya

5. Kaitkan kawat pengunci, tutup kembali karet pelindung tancapkan socket maka pekerjaan selesai.

Nah Sahabat, seperti itu kurang lebih cara gampang merawat kendaraanmu hingga ke sektor lampu mobil yang putus. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk semua Sahabat Garasi.id ya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 08:36 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipssaklarswitchlampuotomotifperbaikifungsisedansuvmpccitycarjakartadepokbekasitanggerang