Sayangi Kendaraan Sahabat Dan Selalu Terapkan Merawat Mobil
Sayangi Kendaraan Sahabat Dan Selalu Terapkan Merawat Mobil

Tak Perlu Ribet, Merawat Mobil di Rumah Dengan Tepat

23 Mar 2023 | 11:58 WIB


Mobil memang butuh perawatan agar tetap awet. Apalagi ketika hanya di rumah, pemilik mobil wajib merawat mobil dengan benar. Karena jika dibiarkan mobil berada di garasi, bisa-bisa muncul masalah yang cukup serius. Untuk itu perlunya merawat mobil di rumah menjadi perhatian lebih untuk Sahabat. Dari sumber yang terpercaya, mobil yang lama tidak dipakai tetap memerlukan perhatian dan perawatan.


Beberapa metode perawatan dapat dilakukan oleh pemilik mobil saat di rumah. Selain mudah dilakukan, merawat mobil di rumah juga bermanfaat untuk menjaga kinerja mobil dan mengisi waktu melalui kegiatan yang positif. Lalu apa saja sih tips untuk merawat mobil di rumah secara tepat. Berikut 8 tips ringan merawat mobil yang patut dicoba di rumah.


Bersihkan Interior dan Eksterior Mobil Secara Rutin
Bersihkan Interior dan Eksterior Mobil Secara Rutin

  1. Panaskan Mesin Mobil


Melakukan ritual memanaskan mesin secara teratur ternyata ada efek samping yang positif salah satunya mobil akan awet. Mobil memiliki banyak komponen yang bagiannya harus selalu terlumasi dengan baik, terutama bagian mesin.


Oleh karena itu, memanaskan mesin mobil perlu dilakukan secara rutin dengan rentang beberapa hari sekali. Kegiatan ini juga dapat dilakukan sambil memastikan kondisi lainnya seperti suara maupun getaran yang ditimbulkan agar bisa mendeteksi lebih dini bila ada kejanggalan.


  1. Periksa Area Ruang Mesin


Meskipun sudah dilengkapi kap mesin sebagai bagian pelindung area ruang mesin, namun sering kali bisa kita dapati adanya kotoran atau benda asing yang masuk ke dalamnya, seperti daun kering, kotoran hewan, maupun sampah lain. Kondisi yang kotor seperti itu lambat laun akan mempengaruhi kinerja dan keamanan ruang mesin. Maka, sebaiknya periksa keadaan sekitar area ruang mesin dan bersihkan jika perlu.


Periksa Kondisi Bawah Mobil Secara Berkala

Periksa Kondisi Bawah Mobil Secara Berkala


  1. Periksa Area Bawah Mobil


Bagian yang jarang terpantau seperti area bawah mobil juga perlu mendapatkan perhatian. Cara termudah adalah dengan mengamati sisi lantai tempat mobil terparkir, terutama di bagian bawah ruang mesin. Jika tidak ada tetesan cairan yang jatuh ke lantai seperti pelumas mesin, minyak rem, radiator coolant, atau cairan lain artinya mobil dalam kondisi yang baik. Namun, jika terdapat tetesan pastikan terlebih dahulu jenis cairannya dan segera konsultasikan kepada pihak bengkel resmi.


  1. Rotasi Ban Mobil


Mobil yang terlalu lama terparkir memiliki beban yang harus ditanggung oleh keempat ban, sehingga bisa memunculkan masalah seperti tire flat atau permukaan ban yang rata pada salah satu sisi saja. Menghindari hal tersebut, akan lebih baik jika pemilik mobil meluangkan waktu untuk mengendarai mobilnya di sekitar tempat tinggal dengan jarak yang pendek. Ban mobil pun akan terotasi dengan baik dan mudah.


Sahabat dapat menemukan informasi tekanan ban yang direkomendasikan kendaraan pada stiker di dalam pintu samping pengemudi. Berikut cara melakukan pemeriksaan ban:


  • Untuk pembacaan yang akurat, selalu periksa tekanan ban saat ban mobil "dingin", yaitu sebelum Sahabat mengemudikannya.
  • Jika Sahabat sudah berkeliling untuk sementara waktu, biarkan ban "beristirahat" setidaknya selama empat jam sebelum memeriksa tekanannya.
  • Selanjutnya, cari tahu tekanan ban yang direkomendasikan untuk mobil Sahabat (ada di buku manual kendaraan dan pada panel di dalam pintu samping pengemudi,)
  • Selalu isi ban ke tingkat tekanan yang disarankan ini, apa pun merek ban. Terakhir, periksa tekanan ban dengan pengukur tekanan ban.

Menggunakan Tekanan Ban Yang Tepat Berkendara Pun Nyaman
Menggunakan Tekanan Ban Yang Tepat Berkendara Pun Nyaman

  1. Perhatikan Lokasi Parkir


Memberi perlindungan bagi mobil kesayangan tidak hanya dilakukan untuk bagian mesin dan roda saja, namun juga pada bagian eksterior yang memiliki porsi sangat besar terhadap visual kendaraan.


Langkah utama adalah pemilihan lokasi parkir yang aman, misalnya menghindari parkir di bawah pohon. Meski teduh, pohon bisa mengakibatkan risiko seperti meneteskan getah yang lengket hingga ranting jatuh, sehingga menimbulkan lecet pada cat mobil.


  1. Cuci Eksterior Mobil


Mobil yang sedang terparkir di rumah juga bisa terpapar debu ataupun kotoran. Oleh karena itu, cucilah bagian eksterior mobil secara berkala. Selain itu, segera hilangkan bekas kotoran atau getah yang menempel. Dengan demikian, tampilan cat mobil akan terjaga dengan baik dan menarik untuk dilihat.


Lakukan Rutinitas Perawatan Eksterior Mobil

Lakukan Rutinitas Perawatan Eksterior Mobil


  1. Jaga Kebersihan Ruang Interior


Kebersihan dan kesegaran aroma ruang kabin sangat menunjang suasana hati yang positif saat berkendara. Setelah membersihkan eksterior, sebaiknya bagian interior turut dijaga dengan cara membuang sisa sampah yang tersisa di dalam mobil, membersihkan panel interior, dan jika perlu sedot debu menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Penyemprotan kabin menggunakan cairan desinfektan setelah bepergian juga diperlukan saat ini terutama untuk memberikan rasa aman dan nyaman.


  1. Bahan Bakar Pada Kapasitas Yang Cukup


Biasakan untuk meninggalkan mobil dalam kondisi kapasitas bahan bakar yang cukup, seperti setengah dari kapasitas maksimum tangki bahan bakar. Hal tersebut akan bermanfaat jika sewaktu-waktu mobil hendak dipakai, maka tidak perlu menghabiskan waktu perjalanan lebih lama hanya karena harus mengisi ulang bahan bakar terlebih dahulu.


Perawatan mobil di rumah sebenarnya mudah dilakukan sendiri oleh Sahabat. Kondisi mobil yang sehat, bersih dan terjaga akan membawa kepuasan tersendiri serta meningkatkan daya tarik mobil dari sisi nilai jual. Sahabat bisa lakukan jasa servis dari rumah dengan cek www.Garasi.id, segera lakukan pembelian jasa servis untuk mobil kesayangan Sahabat sekarang dan rasakan pengalaman performa mesin mobil akan selalu terjaga dan memiliki usia yang panjang. Hanya Garasi.id yang memberikan solusi perawatan serta kenyamanan berkendara yang optimal. Informasi lengkap silahkan hubungi Tim Customer Servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 24 Mar 2023 | 10:26 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkalaekteriorinterior
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family