Jangan Sampai Mobil Kamu Berisik, Cek Bagian ini!
Jangan Sampai Mobil Kamu Berisik, Cek Bagian ini!

Mesin Mobil Bunyi Dan Berisik, Kamu Harus Tahu Penyebab Utamanya!

10 Des 2021 | 15:00 WIB

Kendaraan seperti mobil harus dirawat secara berkala ya, Sahabat Garasi. Jika tidak, mobil Kamu akan mendapatkan banyak masalah, salah satunya bunyi mesin mobil yang kasar dan berisik. Kondisi ini mengganggu dan membuat perjalanan Kamu tidak nyaman.

Mesin Mobil Bunyi Dan Berisik, Kamu Harus Tahu Penyebab Utamanya!


Selain tak nyaman dikendarai, mesin mobil yang berisik juga akan mengganggu orang di sekitar kamu. Hal ini membuat banyak pengguna mobil ingin mencari cara menjaga mesin mobil agar tetap halus. Kamu harus tahu penyebab mesin mobil kasar dan berisik. Ini ulasannya:

  • Katup Mesin

Katup mesin dapat menjadi salah satu penyebab mesin mobil kasar dan berisik. Hal ini disebabkan karena batang katup terbuat dari logam dan dapat memuai jika terkena panas. Sebab itu, sebaiknya berikan celah pada katup mesin dengan rocker arm berukuran sekitar 0,2 mm hingga 0,3 mm.

Saat mengaturnya, pastikan celah katup tidak terlalu rapat karena dapat menyebabkan bunyi akibat batang katup yang menekan katup. Jarak yang terlalu lebar juga tidak disarankan karena sama-sama akan menimbulkan bunyi akibat bergesekan dengan rocker arm. Untuk itu, Kamu sangat dianjurkan untuk melakukan penyetelan celah katup secara berkala agar meninimalisir terjadinya pergeseran celah katup menjadi lebih rapat ataupun lebar.

  • Knocking

Knocking bisa menjadi salah satu penyebab mesin mobil kasar dan berisik. Hal ini terjadi karena adanya pembakaran yang kurang sempurna akibat penggunakan bahan bakar yang nilai oktannya kurang atau tidak sesuai. Selain itu, bisa diakibatkan oleh kotoran yang mengendap di ruang bakar. Suara kasar penyebab knocking biasanya menyerupai seperti ketikan saat suhu mesin mobil mulai naik. Sebaiknya, Kamu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan mesin dan oktan yang dianjurkan.

Mesin Mobil Bunyi Dan Berisik, Kamu Harus Tahu Penyebab Utamanya!


  • Oli Mesin Berkurang

Mesin yang kekurangan oli akan kurang optimal mengurangi gesekan antara komponen dalam mobil. Saat kinerjanya sudah tidak optimal, timbul sumber suara mesin yang kasar di mobil kesayangan Kamu. Mesin yang berisik karena kurang oli biasanya terdengar di bagian atas pengaturan katup. Hal ini juga bisa terjadi karena adanya kebocoran oli atau kondisi piston yang sudah mengalami keausan.

  • Bearing Mobil

Saat mobil Kamu terdengar semakin berdengung terus menerus dan semakin kencang saat RPM naik, sudah bisa dipastikan jika penyebabnya adalah bearing. Ada banyak macam bearing pada mobil, sehingga terkadang sulit untuk menentukan bearing jenis apa yang bermasalah seperti tensioner, alternator, idler, dan yang lainnya. Pastikan Kamu membawanya ke bengkel untuk diperbaiki menggunakan mesin.

Kamu tentu tidak ingin mengalami hal tersebut terjadi. Kamu juga harus tahu cara menghaluskan kembali mesin mobil. Berikut caranya:

  1. Gunakan Oli Berkualitas

Memilih oli secara sembarangan bukanlah keputusan yang tepat. Pasalnya, penggunaan oli yang sembarangan ini juga bisa menjadi salah satu pemicu suara mesin mobil yang tadinya lembut berubah menjadi kasar. Untuk itu, pastikan Kamu lebih teliti lagi saat akan memilih oli yang tepat untuk mobil. Perhatikan terlebih dahulu merek dan spesifikasi oli yang Kamu beli. Sesuaikan juga spesifikasi oli tersebut dengan kebutuhan oli pada mesin mobil Kamu.

  1. Pastikan Asupan Oli Terpenuhi

Meski sudah menggunakan oli dengan spesifikasi yang tepat, bukan berarti permasalahan suara mesin mobil kasar tak lagi Kamu hadapi ke depannya. Pasalnya, suara mesin yang kasar juga bisa disebabkan oleh oli yang tak melumasi komponen mesin secara merata. Untuk itu, pastikan kamu memeriksa secara mendetail setiap komponen yang ada di mesin sudah mendapatkan asupan oli yang cukup dan merata.

Di sisi lain, jangan lupa untuk juga selalu mengganti oli mesin mobil Kamu secara rutin, ya Sahabat Garasi. Malas mengganti oli juga bisa membuat suara mesin kendaraan Kamu berubah menjadi kasar.

  1. Bersihkan Kompresor AC Mobil

Saat suara mesin mobil mendadak berubah menjadi kasar, Kamu bisa langsung mengecek kondisi kompresor AC mobil. Pasalnya, tumpukan kotoran pada kompresor AC juga bisa menjadi penyebab berubahnya suara mesin mobil. Jika Kamu menemukan banyak kotoran saat melakukan pengecekan, segera bersihkan bagian kompresor AC mobil tersebut. Selain kotoran, oli kompresor AC yang habis juga bisa menjadi pemicu kasarnya suara mesin mobil Kamu.

  1. Perhatikan Katup Mesin

Selain oli dan kompresor AC, hal lainnya yang juga wajib Kamu perhatikan yakni celah katup mesin. Suara mesin yang kasar juga bisa disebabkan oleh celah katup mesin yang terlalu rapat. Jika memang ini yang terjadi pada mobil Kamu, segera lakukan penyetelan celah katup yang seharusnya. Pastikan celah katup mesin tidak terlalu rapat dan tidak terlalu lebar, ya Sahabat Garasi. Pasalnya, celah katup yang lebat juga bisa menjadi penyebab suara mesin yang kasar.

Mesin Mobil Bunyi Dan Berisik, Kamu Harus Tahu Penyebab Utamanya!


  1. Servis Mobil Secara Berkala

Terakhir, Kamu harus melakukan servis berkala untuk mobil agar menghindari mesin berbunyi. Servis berkala bisa Kamu lakukan setiap 10.000 Km. Langkah-langkah inilah yang membuat suara mesin mobil Kamu halus. Jika Sahabat Garasi ingin melakukan servis berkala atau ganti oli, Garasi.id sedang ada promo Gaspol Servis diskon hingga 50%. Kamu bisa kunjungi website garasi.id atau klik link ini. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 10 Des 2021 | 15:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisberkalamobil