Hentikan Mobil Segera Jika Mobil Kamu Mengalami Oveheat
Hentikan Mobil Segera Jika Mobil Kamu Mengalami Oveheat

Mesin Mobil Mengalami Overheat! Lakukan Perhatian Khusus Ini Sekarang!

03 Agt 2023 | 23:10 WIB

Sahabat sebagai pemilik kendaraan roda empat pasti mengetahui mesin merupakan komponen penting pada mobil. Mesin memiliki fungsi sebagai tempat pembakaran bahan bakar pada mobil. Jika mesin mobil rusak, maka mobil kamu tidak dapat digunakan. Karena mesin mobil juga berfungsi sebagai tempat pembakaran, sudah pasti mesin akan menerima suhu yang panas.


Setiap komponen mesin mobil memiliki rentang suhu untuk dapat bekerja dengan optimal dan dapat mengalami kerusakan jika temperatur di dalam mesin terlalu tinggi, atau jika Sahabat sering dengar sebagai overheat. Sebenarnya, mesin mobil secara teknis sudah dirancang agar mampu mengatur suhu sehingga kondisi panas di luar tidak akan membuat mesin mengalami overheat.


Mesin Mobil Mengalami Overheat! Lakukan Perhatian Khusus Ini Sekarang!

Ketahui Penyebab Mesin Mobil Overheat


Namun, overheat tetap menjadi salah satu masalah pada mobil yang harus mendapat perhatian khusus. Karena apabila tidak ditangani dengan cepat, maka risiko yang bisa terjadi sangatlah fatal. Kepala silinder melengkung hingga blok mesin rompal. Apabila hal ini benar-benar terjadi, maka mau tidak mau harus turun mesin. Akibatnya, kamu harus mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk perbaikan.


Maka dari itu Sahabat, penting sekali untuk kamu melakukan perhatian khusus terhadap komponen mobil agar masalah seperti mesin mengalami overheat dapat terhindarkan. Adapun komponen yang perlu mendapat perhatian khusus, antara lain sebagai berikut.


  • Radiator Coolant Habis

Penyebab mobil overheating yang pertama dan paling umum terjadi adalah habisnya cairan radiator coolant. Ingat Sahabat, kamu harus selalu mengecek ketersediaan radiator coolant secara berkala. Karena cairan ini harus segera ditambah jika volumenya sudah hampir habis. Usia radiator coolant memang bisa dipakai sampai 20.000 km. Meski begitu, sebelum mencapai jarak tersebut, sebaiknya tetap lakukan pengecekan secara berkala.


Lakukan Pengisian Air Coolant Secara Berkala

Lakukan Pengisian Air Coolant Secara Berkala


  • Kipas Radiator Tidak Berfungsi

Kipas radiator yang mengalami kerusakan juga kerap menjadi biang kerok di balik mengapa mobil kamu mengalami overheat. Fungsi kipas adalah menarik udara dingin dari luar sehingga dapat mendinginkan mesin. Rusaknya kipas pendingin umumnya terjadi karena dinamonya tidak bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, bisa juga akibat pemasangan kipas pendingan yang terbalik. Untuk menghindari penyebab mobil overheat, Sahabat harus lakukan pemeriksaan secara berkala.


  • Thermostat Rusak

Penyebab mobil overheating berikutnya yaitu adanya kerusakan pada thermostat. Jika diibaratkan, thermostat berperan sebagaimana "otak" dari radiator. Fungsi thermostat sendiri yaitu untuk mengetahui temperatur mesin mobil.


Apabila temperatur mesin masih relatif rendah, termostat bekerja dengan menahan air sehingga air tidak perlu meninggalkan radiator. Sedangkan apabila temperatur mesin tinggi, termostat akan memerintahkan radiator coolant masuk ke saluran pendingin. Jika thermostat mengalami kerusakan, dampaknya sistem pendinginan tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga mobil bisa mengalami overheat.


Mesin Mobil Mengalami Overheat! Lakukan Perhatian Khusus Ini Sekarang!

Cara Kerja Thermostat Mobil


  • Penyumbatan Pada Radiator Yang Kotor

Radiator yang kotor atau tersumbat juga bisa menjadi penyebab mobil overheating yang perlu kamu perhatikan. Tersumbatnya radiator atau kondisi radiator yang kotor bisa dipicu oleh karat maupun sedimentasi. Adanya karat atau endapan kotoran bisa membuat radiator tersumbat. Kondisi ini juga memungkinkan terhambatnya sirkulasi coolant. Akibatnya, sistem pendinginan pada mesin tidak bisa bekerja dengan baik.


  • Kualitas Oli Mesin Rendah

Perlu Sahabat ketahui, pemilihan oli mesin yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab mobil overheating. Karena berkaitan dengan fungsi kerja oli yang berdampak pada suhu kerja mesin. Antara lain melindungi permukaan komponen mesin dari gesekan hingga berperan menjaga temperatur mesin tetap pada suhu yang normal dan stabil.


Pemakaian oli yang tidak sesuai dengan jenis mesin tentu bisa berdampak pada kinerja mesin mobil kamu. Di samping itu, oli berkualitas rendah juga penyebab mobil overheating karena cenderung tidak tahan panas serta cepat menguap. Kualitas oli yang rendah bisa memicu gesekan yang lebih kuat dan akibatnya panas yang dihasilkan berlebihan atau overheat.


Kerusakan Fatal Hingga Turun Mesin

Kerusakan Fatal Hingga Turun Mesin


  • Kerusakan pada Pompa Air

Penyebab overheating lainnya pada mobil yaitu pompa air yang rusak. Dalam sistem pendinginan, pompa air berfungsi mengalirkan coolant. Apabila pompa air rusak, maka coolant tidak bisa dialirkan sebagaimana mestinya dan berakibat pendinginan tidak berjalan.


Mesin mobil mengalami overheat memang merupakan masalah yang harus segera Sahabat tangani dengan cepat agar mobil tetap bisa berfungsi secara normal. Jika tidak ingin mobil kesayangan mengalami overheating, lakukan perhatian khusus dengan pemeriksaan mesin secara berkala agar terhindar dari overheating.


Mesin Mobil Mengalami Overheat! Lakukan Perhatian Khusus Ini Sekarang!


Sahabat bisa kunjungi e-commerce terpercaya www.Garasi.id sekarang, kamu bisa pilih jasa servis berkala yang cocok untuk mobil kesayanganmu dan nikmati promo khusus daerah yang berikan diskon hingga 70% sesuai kota tercinta kamu dibawah ini.



Sahabat juga bisa manfaatkan promo potongan harga lainnya dengan syarat dan ketentuan berlaku. Jika ada kendala kamu bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Selamat merawat mesin mobil kesayangan Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 04 Agt 2023 | 13:19 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmesinmobilmesinoverheatservisberkalapromojawatimurpromojawabaratpromojawatengahsolusipuasperawatanmobilberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family