Cara Merawat Mobil Diesel Yang Benar
Cara Merawat Mobil Diesel Yang Benar

Meski bandel, namun mobil diesel juga perlu rutin dirawat

09 Agt 2022 | 11:00 WIB

Digadang-gadang mobil yang mudah dirawat dan bahan bakarnya terjangkau, membuat mobil diesel banyak di gandrungi masyarakat indonesia. Sekarang banyak kendaraan yang menggunakan mesin diesel dengan teknologi yang semakin canggih membuat penggunanya semakin nyaman. Selain itu mobil dengan mesin diesel dikenal memiliki tenaga yang besar dan juga tangguh.

Meski bandel, namun mobil diesel juga perlu rutin dirawat


 

Meski mudah dirawat, bukan berarti mobil diesel bisa dibiarkan begitu saya. Apapun jenis kendaraan, melakukan servis adalah kunci utama kendaraan panjang umur. 

 

Cara Merawat Mobil Diesel agar Awet

 

Dilansir dari laman Mitsubishi, berikut ini 6 cara merawat mobil diesel agar mesin awet dan juga selalu dalam kondisi prima.

1. Lakukan pemanasan pada mobil diesel sebelum digunakan

Langkah pertama yang harus Sahabat perhatikan sebelum menggunakan mobil diesel adalah memanaskannya terlebih dahulu. Tentu saja terdapat alasan tersendiri mengapa Sahabat harus melakukan hal ini.

 

Pemanasan mobil ini bertujuan agar oli yang terdapat pada mesin bisa bersirkulasi terlebih dahulu sehingga bisa melakukan fungsinya, yakni melumasi setiap komponen yang ada di dalam mesin secara maksimal.

 

Tak perlu waktu yang terlalu lama untuk memanaskan mobil diesel ini, cukup dengan 5 hingga 10 menit sudah cukup dengan keadaan mesin langsam atau idle.


Meski bandel, namun mobil diesel juga perlu rutin dirawat


2. Tepat memilih oli

Oli yang digunakan pada mesin diesel tentu saja sangat berbeda dengan oli mobil bensin. Karakteristik mesin diesel yang lebih tinggi temperaturnya memerlukan oli yang lebih kental dibandingkan mobil bermesin bensin.

 

Sejatinya tak sulit memilih oli yang tepat untuk mobil Sahabat. Karena setiap pabrikan mobil sudah memberikan informasi tentang jenis oli yang cocok untuk mobil diesel Sahabat. Yang harus diperhatikan adalah keaslian dari oli yang Sahabat beli.

3. Bahan bakar berkualitas

Bahan bakar menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi usia dari mesin mobil diesel yang Sahabat miliki. Semakin bagus kualitas dari bahan bakar yang dipilih, maka semakin awet juga usia komponen pada mesin mobil diesel Sahabat.

 

Bahan bakar dengan kualitas buruk memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Kandungan sulfur yang tinggi inilah yang menjadi penyebab rusaknya beberapa komponen yang terdapat di dalam mesin, seperti injector.

4. Rutin mengganti filter bahan bakar

Rutin mengganti filter bahan bakar menjadi salah satu cara merawat mobil diesel agar mesin awet selanjutnya yang harus Sahabat perhatikan. Filter berfungsi untuk menyaring kotoran dan kandungan air yang kadang terdapat dalam bahan bakar.


Filter yang jarang diganti tentu akan berkurang kemampuannya untuk bisa menyaring kotoran dan kandungan air. Jika masuk ke dalam mesin, kotoran dan kandungan air bisa membuat mobil mogok karena pembakaran yang tak sempurna.


5. Rutin mengganti filter udara

Sama pentingnya dengan filter bahan bakar, filter udara juga harus dipastikan kondisinya agar selalu dalam keadaan prima sehingga bisa menyaring debu dan kotoran yang terbawa angin. Debu dan kotoran ini juga bisa membuat pembakaran menjadi tidak sempurna.


6. Rajin Membersihkan Injektor Mesin

Sebagian orang mungkin lupa bahwa membersihkan injektor mesin secara rutin adalah salah satu perawatan mesin diesel yang efektif. Sahabat bisa membersihkan injektor mesin di bengkel, biasanya teknisi bengkel akan menyemprotkan cairan di dalam saluran bahan bakar mesin Sahabat. Dengan melakukan pembersihan injektor mesin secara berkala bisa membuat performa mesin tetap baik dan menghemat bahan bakar. 

7. Jangan Langsung Mematikan Mesin Mobil kamu

Perawatan mesin mobil diesel yang tidak kalah pentingnya adalah dengan cara jangan langsung mematikan mesin mobil setelah kamu menggunakan mobil. Jika Sahabat mematikan mobil secara langsung akan menyebabkan mobil kaget dan akan merusak komponen mesin mobil Sahabat. Hal ini disebabkan karena Sahabat tidak memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang telah  digunakan

8. Servis rutin

Servis rutin bisa mengetahui adanya kerusakan awal atau malfungsi pada kendaraan. Hal ini akan mencegah rusaknya komponen yang lebih parah lagi karena terlambat dalam melakukan penanganannya.


Sebisa mungkin lakukan servis di bengkel yang sudah terpercaya agar tidak salah dalam merawat mobil diesel Sahabat. Untuk servis mobil diesel kesayangan, Sahabat juga bisa nih cek Garasi.id. Karena lagi ada promo Merdeka Servis Mobil dengan diskon hingga 50% loh.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 09 Agt 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmobildieselperawatanservis
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family