Efisiensi Mobil Listrik Tidak Perlu Diragukan Lagi Jika Dibandingkan Dengan Mobil Konvensional
Efisiensi Mobil Listrik Tidak Perlu Diragukan Lagi Jika Dibandingkan Dengan Mobil Konvensional

Mitos Kekhawatiran Peminat Mobil Listrik

20 Okt 2022 | 11:00 WIB

Sebagai negara dengan tingkat konsumsi energi yang begitu besar, isu penggunaan mobil listrik menjadi salah satu alternatif solusi yang sedang dirancang oleh pemerintah pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Pengalihan kendaraan bermotor menjadi kendaraan listrik dan pembangunan hulu industri kendaraan listrik menjadi solusi yang dianggap mampu membawa Indonesia menantang masa depan.

Perencanaan peralihan modal kendaraan bermotor menjadi kendaraan listrik jelas bukan proyek berskala kecil, namun berskala besar dan berdampak luas secara nasional. Dampak yang ditimbulkan bukan hanya dari sisi perekonomian, tetapi juga lingkungan dan sosial. Tantangan besar pertama berasal dari persiapan infrastruktur untuk kendaraan listrik sendiri. Penyediaan unit pengisian listrik dan layanan pertukaran baterai adalah kebutuhan utama yang perlu secara matang oleh pemerintah.

Hal terbesar saat ini harga masih menjadi kendala terbesar dalam melakukan pemanfaatan mobil listrik di dalam negeri. Mahalnya mobil listrik di Indonesia juga dikarenakan komponen yang digunakan seperti baterai juga lebih mahal ketimbang kendaraan bermotor itu sendiri. Namun jika komponen tersebut diproduksi di dalam negeri , maka diperkirakan harga mobil listrik juga akan menjadi lebih murah.

 Mobil Listrik Semakin Populer Di Indonesia

Mobil Listrik Semakin Populer Di Indonesia


Kehadiran mobil listrik memang sangat menarik perhatian masyarakat. Karena kendaraan ini menawarkan beberapa keuntungan, salah satunya lebih ramah lingkungan. Hanya saja beberapa mitos yang beredar mengenai mobil listrik membuat masyarakat ragu untuk membelinya. Sahabat perlu tahu ini dia beberapa mitos mengenai mobil listrik yang wajib diketahui:

 

  • Mobil Listrik Memiliki Jarak Tempuh Pendek

Hingga saat ini masih banyak orang yang menganggap bahwa mobil listrik hanya memiliki jarak tempuh pendek. Padahal, jarak tempuh tersebut tergantung pada kapasitas baterai yang dimilikinya, lho.

Sebagian besar mobil listrik yang beredar di tanah air, kini sudah ditargetkan mampu menjangkau jarak sepanjang 400 - 500 kilometer (Km). So, mobil ini memiliki jarak tempuh yang cukup jauh.

Kamu membutuhkan waktu 8-17 jam kalau ingin mengisi daya mobil listrik di rumah masing-masing. Berbeda dengan di stasiun pengisian, yang hanya membutuhkan waktu tiga jam saja.


  • Laju Mobil Listrik Lebih Pelan

Tidak tersedianya sistem mekanikal pada mobil listrik. Ternyata menimbulkan asumsi di masyarakat bahwa kecepatan mobil listrik, lebih pelan dibanding mobil konvensional. Tentu saja hal tersebut hanyalah mitos belaka saja.

Sebab kenyataannya, saat ini sudah banyak pabrikan mobil listrik yang memproduksi kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Maka itu gak kalah saing dengan mobil yang menggunakan bahan bakar.

Bahkan, saat ini sudah ada beberapa mobil listrik yang menghasilkan tenaga listrik 0-100 Km hanya dalam 4,2 detik saja.

 

  • Mobil Listrik Tidak Ramah Lingkungan

Ramah atau tidaknya mobil listrik terhadap lingkungan tergantung pada di mana dan bagaimana Anda mengisi ulang mobil listrik. Jika Anda menggunakan jenis listrik terbarukan, seperti tenaga surya, maka tidak ada emisi karbon dioksida (CO2) yang dikeluarkan oleh mobil listrik.

Namun, untuk negara-negara yang sebagian besar listriknya berasal dari sumber intensif CO2 seperti batu bara dan gas, termasuk Indonesia, mobil listrik tetap mengeluarkan emisi CO2. Hitungannya, mobil listrik menghasilkan 1,07 kilogram CO2 per kilowatt-jam listrik yang digunakan. Untuk mobil listrik dengan baterai 80 kWh, jumlah CO2-nya mencapai 85,6 kilogram.

 

 Kenali Jenis Mobil Listrik dan Prinsip Kerjanya

Kenali Jenis Mobil Listrik Dan Prinsip Kerjanya


Perlu Sahabat ketahui, jumlah emisi CO2 yang dikeluarkan oleh mobil listrik itu pun masih lebih kecil dibanding jumlah emisi CO2 hasil mobil bertenaga bensin yang memerlukan sekitar 40 liter bahan bakar sehingga menghasilkan 92,4 kilogram CO2. Jadi, mobil listrik tetap lebih ramah lingkungan dibandingkan mobil berbahan bakar, bahkan untuk hitungan listrik yang masih dihasilkan dari sumber daya tidak ramah lingkungan.

 

  • Mobil Listrik Lebih Boros

Sistem kerjanya yang didominasi listrik ini kerap kali menuai mitos lainnya. Salah satunya, menggunakan mobil listrik lebih boros dibanding konvensional. Padahal, mobil listrik biasanya hanya menghabiskan Rp4ribu per kilowatt-jam. 

Misalnya, mobil listrik kecil membutuhkan sekitar Rp278ribu untuk mengisi penuh yang diklaim dapat digunakan sejauh 450 kilometer. Anggap saja biaya tersebut bisa membuat mobil listrik melaju hingga 400 kilometer atau setara dengan Rp70ribu per 100 kilometer. 

Sedangkan, pada mobil yang berbahan bakar bensin, rata-rata menghabiskan lebih dari Rp150ribu setiap menempuh jarak 100 kilometer. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa mobil listrik membutuhkan biaya sekitar setengah dari total keseluruhan yang dibutuhkan mobil bensin, sehingga punya mobil listrik tidak bisa dikatakan lebih boros.

 

  • Mobil Listrik Korsleting Saat Hujan

Mengingat air merupakan media penghantar arus listrik. Hal ini tentu membuat para peminat mobil listrik khawatir, jika mobil bakal gampang korsleting nantinya saat terkena air atau hujan. Padahal, hal tersebut sama sekali salah.

Sebab sebelum mobil listrik meluncur, pastinya produsen sudah merancang kendaraan tersebut sedemikian rupa. Bahkan, memperhitungkannya biar gak terjadi korsleting listrik.

Meski demikian, Sahabat tidak dianjurkan untuk menerobos banjir atau genangan air yang terlalu tinggi. Batas aman genangan air yang bisa dilintasi yaitu tingginya gak melebihi setengah ban. Kalau dipaksakan lebih dari itu, kemungkinan air akan masuk ke bagian-bagian berbahaya di balik kap mesin. Tentu hal ini bisa membuat mobil listrik menjadi mogok.

 Efisiensi Mobil Listrik Untuk Kendaraan Masa Kini

Efisiensi Mobil Listrik Untuk Kendaraan Masa Kini


Sahabat bisa mengetahui beberapa pandangan dan penjelasan seputar mitos-mitos yang ada saat ini di masyarakat. Kamu tidak perlu lagi khawatir atau takut untuk menggunakan mobil listrik karena sudah terbukti memiliki banyak kelebihan dan tidak kalah dibanding mobil konvensional, bahkan mungkin lebih baik.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 21 Okt 2022 | 09:06 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

BeritaMitosMobilListrik
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family