Brand Besar Bersaing Menjadi Pelopor Yang Memperkenalkan Mobil Hybrid Di Indonesia
Brand Besar Bersaing Menjadi Pelopor Yang Memperkenalkan Mobil Hybrid Di Indonesia

Mobil Hybrid Terbaik Di Indonesia

28 Feb 2023 | 10:00 WIB

Mobil hybrid yang canggih semakin menarik dan banyak perhatian masyarakat. Dilengkapi dengan mesin bensin dan motor/generator listrik, kendaraan hibrida memanfaatkan kekuatannya untuk menyediakan efisiensi bahan bakar superior dan kinerja mengemudi yang luar biasa. Sehingga timbul pertanyaan seputar apa itu teknologi hybrid dan keunggulannya? Keunikan apa yang mampu mendapatkan perhatian sebagian besar orang saat pertama kali diluncurkan?


Sebagai teknologi yang mulai populer di Indonesia, wajar jika banyak yang masih asing dengan kehadiran sebuah mobil yang dapat berjalan dengan dua sumber penggerak. Sudah mulai beredar merk mobil mulai merilis mobil dengan teknologi hybrid dalam beberapa tahun terakhir. Sahabat bisa simak penjelasan mengenai teknologi hybrid dan cara kerjanya agar lebih memahami teknologi ini.


Mesin Bensin Dan Motor Listrik Adalah Dua Sumber Daya Yang Membawa Efisiensi Lebih Besar

Mesin Bensin Dan Motor Listrik Adalah Dua Sumber Daya Yang Membawa Efisiensi Lebih Besar


Apa itu Teknologi Hybrid?

Teknologi hybrid adalah teknologi yang memungkinkan sebuah mobil memiliki dua sistem penggerak yang digunakan, yaitu mesin konvensional dan motor listrik. Penggunaan teknologi hybrid adalah salah satu cara untuk membuat mobil dapat melaju namun dengan konsumsi bahan bakar yang efisien.


Seperti yang Sahabat ketahui, mobil konvensional dengan sumber energi bensin dapat berjalan ketika terjadi pembakaran. Dalam prosesnya, pembakaran akan menghasilkan sisa pembakaran yang menyebabkan emisi karbon. Oleh sebab itu, terciptalah teknologi hybrid sebagai solusi pengurangan gas sisa pembakaran. Sebab sumber Energi yang diterima untuk menggerakkan kendaraan dibantu dengan motor listrik


Sejarah Teknologi Hybrid

Pada faktanya, teknologi hybrid telah dimanfaatkan sejak dahulu. Hanya saja, penggunaannya tidak dikhususkan untuk mobil melainkan untuk berbagai peralatan. Sebaiknya Sahabat mengenal bagaimana perjalanan teknologi hybrid dari awal muncul hingga saat ini. Berikut merupakan sejarah teknologi hybrid yang harus Sahabat ketahui.


1. Awal Kemunculan

Pada tahun 1900 silam, sebuah perusahaan mobil mulai menciptakan sebuah teknologi yang menggabungkan dua sistem penggerak. Mobil tersebut dilengkapi dengan mesin bensin sebagai tempat pemasok bahan bakar bensin ke bagian generator agar dapat menghasilkan daya listrik.


2. Inovasi dan Pengembangan

Sejak terciptanya produk mobil berteknologi hybrid pertama, terdapat berbagai inovasi untuk

menyempurnakan teknologi tersebut agar dapat diterapkan pada berbagai jenis mobil. Pada masa itu, tujuan inovasi dan pengembangan dikhususkan untuk pembuatan mobil balap.


3. Mulai Dikenal Banyak Orang

Inovasi yang dilakukan rupanya membawa respon positif dari berbagai kalangan hingga menjadikan momen tersebut sebagai tanda bahwa perkembangan otomotif dengan teknologi hybrid telah dimulai.


Kendaraan Hybrid Memiliki Unit Drive Unik

Kendaraan Hybrid Memiliki Unit Drive Unik


Banyak perusahaan mobil yang menerapkan teknologi tersebut pada produk mobil keluaran terbarunya dengan memanfaatkan listrik sebagai sumber energinya. Dalam hal ini, perusahaan besar otomotif sudah mengeluarkan tipe mobil hybrid dan sudah dipamerkan saat IIMS 2023 di PRJ Kemayoran, yaitu.


  • Pabrikan Jepang ada Toyota yang memamerkan Multi Purpose Vehicle (MPV) hybrid andalannya yakni Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, kemudian ada juga Corolla Cross Hybrid, Corolla Cross GR Hybrid dan sedan Camry Hybrid.


  • Sementara itu merek Jepang berlambang tiga berlian Mitsubishi ikut memamerkan kendaraan elektrifikasi yakni Outlander PHEV.


  • Bahkan merk Nissan juga memamerkan dengan teknologi mutakhir Nissan Intelligent Mobility yakni Kicks e-Power. 


  • Berlanjut ke brand Suzuki ada dua mobil dengan teknologi mild hybrid yang turut dipamerkan, yakni Ertiga Hybrid dan Grand Vitara.


  • Pabrikan asal China juga tak mau kalah memamerkan Sport Utility Vehicle (SUV) andalannya yakni Wuling Almaz.


Cara Kerja Teknologi Hybrid

Mengenal teknologi yang digunakan pada mobil tidak hanya pada pengertiannya saja, tetapi Sahabat juga harus memahami bagaimana teknologi tersebut bekerja. Tak terkecuali pada teknologi hybrid. Adapun cara kerja dari teknologi hybrid adalah:


  • Kecepatan Mobil

Pada proses awal mempercepat laju kendaraan, mobil akan digerakkan oleh teknologi motor listrik dan mengambil.daya dari baterai hingga nantinya akan berpindah menggunakan mesin bensin. Apabila Kecepatan melambat, energi penggerak yang ada pada mobil akan mulai mengambil daya dari baterai dan berhenti menggunakan bahan bakar bensin.


Masih berkaitan.dengan kecepatan. teknologi hybrid yang dilengkapi dengan mesin bensin dan motor listrik ini umumnya akan digunakan bersamaan pada kecepatan jelajah. Nantinya, generator akan mengubah energi gerak sebagai proses pengecasan baterai.


  • Pengereman Regeneratif

Apabila mobil digunakan untuk mendahului, daya akselerasi akan dibantu dari mesin bensin dan motor listrik diwaktu yang bersamaan Sedangkan untuk proses pengereman, energi kinetik yang dihasilkan akan diubah menjadi energi yang akan disimpan dalam motor listrik.


Teknologi hybrid akan mengganti mesin bensin pada saat mobil berhenti dan berpindah menggunakan mesin listrik, sehingga energi yang diterima untuk menyalakan seluruh bagian elektronik pada mobil hanya menggunakan daya listrik.


Tidak Ada Emisi Dalam Mode Kendaraan Listrik

Tidak Ada Emisi Dalam Mode Kendaraan Listrik


Keunggulan Teknologi Hybrid pada Mobil

Sahabat kini telah mengetahui bagaimana teknologi hybrid bekerja pada sebuah mobil.Ada beberapa keunggulan apabila kamu memilih mobil berteknologi hybrid untuk kendaraan sehari-hari. Simak informasi keunggulannya di bawah ini:


1.Konsumsi Bahan Bakar yang Efisien

Telah disebutkan sejak awal bahwa teknologi hybrid akan membuat penggunaan bahan bakar jauh lebih efisien. Terlebih saat keadaan jalan yang padat, Anda tidak perlu khawatir pada pembuangan bahan bakar yang terlalu besar sebab teknologi hybrid akan berhenti sejenak dan beralih pada penggunaan baterai.


2. Getaran Mesin yang Lebih Halus

Beberapa jenis bahan bakar minyak pada mobil menimbulkan suara yang cukup berisik. Hal tersebut tidak berlaku pada mobil hybrid dengan suara mesin yang halus dan senyap meskipun sedang dikemudikan.


3. Menggunakan Dua Sumber Penggerak

Memiliki dua mesin dalam satu mobil akan menguntungkan bagi penggunanya. Motor listrik akan aktif ketika kendaraan.dikendarai dalam rentang kecepatan tertentu, sehingga bisa menghemat penggunaan bahan bakar. Mesin listrik juga bisa membantu akselerasi ketika harus mendahului kendaraan di jalan.


Hybrid Memberikan Kenyamanan Berkendara

Hybrid Memberikan Kenyamanan Berkendara


Di tengah banyaknya permasalahan kenaikan harga bahan bakar minyak saat ini, memilih mobil yang dilengkapi dengan teknologi hybrid adalah salah satu solusi yang tepat. Sahabat  tidak hanya membantu mengurangi emisi namun juga bisa hemat karena kombinasi mesin listrik dan bensin yang sangat membantu. Inilah alasan mengapa teknologi hybrid mulai diterapkan di indonesia. Efektivitas dan kontribusinya dalam menjaga lingkungan dari asap emisi karbon menjadi nilai plus pada mobil dengan teknologi hybrid.


Gimana? Sahabat sudah tertarik untuk mencoba mobil berteknologi hybrid? Apapun tipe mobil yang diinginkan, pastikan dapat menjadi pilihan yang sempurna dan dapat menikmati kenyamanan untuk setiap perjalanan yang juga digabungkan dengan performa unggulan. Sahabat juga bisa cek informasi lengkap mengenai Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate hanya di www.Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 04 Okt 2023 | 09:42 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

Beritamobilhybridperawatanhybridteknologihybrid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family