Mobil Anti Baret, Cek Disini!
Mobil Anti Baret, Cek Disini!

Mobil Kamu Baret dan Lecet, Ini Cara Mengatasinya!

18 Des 2021 | 14:00 WIB

Mobil Kamu tidak selamanya mulus ya, Sahabat Garasi. Bisa saja diparkir di suatu tempat yang bisa menimbulkan baret-baret di mobil Kamu. Noda atau kotoran yang tidak dibersihkan pun bisa menimbulkan baret,

Memiliki mobil yang selalu tampil bersih dan mengkilap merupakan dambaan semua para pemilik mobil. Maka dari itu, tidak jarang para pemilik kendaraan itu selalu merawat cat kendaraan mereka agar tetap terlihat mengkilap dan mulus.

Detailing dan Coating memang bisa menjadi solusi yang tepat dalam menghilangkan baret atau lecet pada bodi mobil. Tapi kamu pun punya cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi baret ataupun lecet. Bahkan, alat-alat rumah tangga bisa Kamu gunakan untuk menghilangkan baret atau lecet pada mobilmu.

Berikut alat rumah tangga yang bisa Kamu gunakan untuk menghilangkan lecet dan baret pada mobilmu. Ini ulasannya: 

  • Pasta Gigi

Kamu dapat menggunakan kanebo ataupun lap dengan permukaan yang lembut. Oleskan pasta gigi secukupnya pada permukaan lap yang sudah dibasahi, kemudian gosokkan lap pada permukaan bagian baret mobil. Gosokkan lap secara melingkar agar dapat merata pada seluruh bagian yang terdapat baret.

  • Minyak Rem

Baret pada bodi mobil ternyata juga bisa dihilangkan dengan menggunakan minyak rem, lho Sahabat Garasi. Cukup menuangkan minyak rem pada kanebo atau lap kering secukupnya, lalu oleskan pada bagian yang tergores. Setelah itu, bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan air dan kain kering yang baru.

  • Cairan Amonia

Campurkan 15 ml cairan amonia dengan setengah liter air dan aduk hingga rata. Setelah itu, siapkan kain bersih dengan tekstur lembut dan celupkan pada campuran tadi. Gosokkan kain pada bagian kaca mobil yang mengalami baret atau goresan ringan, lalu biarkan cairan amonia menyerap secara menyeluruh.

  • Obat Nyamuk Cair

Siapa sangka obat nyamuk cair dapat menghilangkan baret pada permukaan body mobil Kamu. Cara ini tergolong mudah, Kamu hanya perlu menuangkan obat nyamuk cair ke lap yang kering dan usap pada bagian mobil yang tergores. Oleskan nyamuk cair pada bodi mobil dengan gerakan melingkar hingga merata. Lalu, kemudian menunggu hingga 15-20 detik. Selanjutnya, bersihkan dengan air. 

  • Kompon

Untuk cara ini, Kamu hanya perlu menyiapkan kain bersih yang bertekstur lembut dan juga kompon poles. Kamu dapat mulai memoles bagian mobilmu yang mengalami baret dengan menggunakan kompon secara secukupnya. Usahakan agar mengusap kompon secara satu arah dan merata hingga baret hilang.

Perhatikan jenis kompon yang Kamu gunakan, umumnya  di pasaran terdapat 2 kompon diantaranya kompon coklat dan kompon putih. Untung masalah pada baret mobil gunakan kompon berwarna putih karena lebih halus. 

Bersihkan terlebih dahulu mobil,lalu keringkan dan oleskan kompen lalu gosok perlahan dengan lap halus. Jika sudah selesai, bilas kompon sampai bersih. Setelah itu aplikasikan produk wax mobil yang digunakan untuk membuat body mobil mengkilap.

  • Amplas

Ingat jangan gunakan sembarang amplas, gunakan amplas P2000 atau P2500 yang memiliki tingkat kehalusan cukup tinggi. Basahi amplas dengan sedikit air, hal ini dilakukan supaya tidak merusak permukaan cat yang ada pada mobil. Setelah permukaan yang baret sudah hilang dan terasa halus, gunakan finishing wax untuk meningkatkan warna cat agar tidak memudar. 

  • Air Mendidih 

Gunakan Air mendidih untuk membantu menghilangkan penyok pada mobil. Ini adalah teknik kuno yang ampuh dan banyak digunakan hingga hari ini pada bumper yang penyok. Anda membutuhkan dua panci, satu dengan air mendidih, dan yang lainnya dengan air dingin. 

Hal yang perlu Kamu lakukan adalah menuangkan air panas ke atas penyokan agar bumper yang penyok menjadi cukup lentur sehingga Anda dapat mendorongnya keluar dari dalam. Selanjutnya, tuangkan air dingin ke atasnya untuk mendinginkan area tersebut.

Namun tanpa disadari, ada beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan body mobil Kamu lecet.

Untuk itu, Kamu harus lebih memperhatikan apa saja yang dapat memungkinkan cat mobilmu lecet. Simak ulasannya beberapa kesalahan tersebut:

  1. Noda Aspal 

Ketika Kamu mendapati ada noda bintik-bintik putih pada bodi mobilmu, itu berarti terkena noda aspal. Dan tanpa disadari, noda aspal ini telah merusak cat pada bodi mobil Kamu. Memang terlihatnya sepele, namun jika dibiarkan noda akan lebih susah hilang. Untuk menghindari noda aspal ini, sebaiknya Kamu menghindari juga jalan berkerikil agar tidak terkena noda aspal.

  1. Air Hujan 

Memang terlihatnya sangat sepele. Namun ketika mobil Kamu terkena air hujan dan dibiarkan hingga mengering, akan merusak cat pada bodi mobil Kamu? Jika dibiarkan, air hujan tersebut akan meninggalkan sebuah noda yang sulit dihilangkan karena mengandung zat asam. Oleh karena itu, Kamu segera mencuci mobil setelah terkena air hujan supaya tidak meninggalkan noda. Setelah dicuci bersih, segera lap dengan lap hingga kering

  1. Serangga 

Jika Kamu perhatikan, sering kali serangga menempel pada bodi mobilmu. Dan disadari atau tidak, ada beberapa serangga yang dapat menghasilkan zat asam. Zat asam ini berpotensi dapat merusak cat. Maka dari itu, disarankan lap mobil Kamu setiap pagi. Dan juga penting untuk menghindari mobil dari serangga berbahaya tersebut.

  1. Getah Pohon

Terkadang Kamu memarkir kendaraan di bawah pohon dan tidak menyadari jika pohon ada yang menggandung getah. Jika getah tersebut menetes di atas mobil Kamu, hal tersebut akan menjadi pemicu untuk menimbulkan noda pada bodi mobil.

Meskipun ini terlihat sepele, namun Kamu benar-benar harus memperhatikan. Bayangkan jika Kamu tidak memperhatikannya, saat memarkir di bawah pohon, dan banyak getah yang jatuh di atas mobil, ini akan berpotensi lebih parah menimbulkan noda pada mobil. Namun tidak perlu khawatir, untuk membersihkannya, Kamu dapat menggunakan pembersih lem atau cairan anti lengket setelah menggunakan cairan pelindung cat.

  1. Noda Kopi atau Soda

Noda kopi dan soda ini tidak hanya dapat merusak jok mobil saja, namun keduanya dapat merusak cat pada bodi mobil juga. Karena keduanya menggandung  zat asam, maka dari itu bila mobil Kamu terkena tumpahan kopi, segera bersihkan noda tersebut dengan air biasa.

  1. Kotoran Burung 

Jangan dianggap sepele dengan menempelnya kotoran burung di mobilmu. Karena kotoran burung yang telah menempel terlalu lama di bodi mobil akan merusak cat bahkan logam. Maka dari itu, Kamu harus berhati-hati dengan hal ini. Ketika Kamu mendapati ada kotoran burung menempel di bodi mobil, hal yang harus dilakukan adalah jangan langsung dilap dalam keadaan kering. Hal ini akan menyebabkan goresan dan berakibat baret pada cat bodi mobil Kamu. Namun Kamu perlu siram dengan air dan usap dengan lap lembab agar cat tidak berbaret. Sahabat Garasi jika ingin perawatan eksterior mobil yang mudah dan nyaman, kalian bisa klik link ini karena Garasi.id sedang ada promo Gaspol Servis diskon hingga 50%, hingga 30 Desember 2021. Buruan yuk rawat mobil kamu biar mobil kalian makin cihut

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 18 Des 2021 | 14:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmobilantilecetantibaret