Mobil Bau Bikin Kesel, Simak Cara Mengatasinya!
Mobil Bau Bikin Kesel, Simak Cara Mengatasinya!

Mobil Kamu Bau?Ini Dia Cara Mengatasinya!

21 Mar 2022 | 11:02 WIB

Kondisi mobil yang sedang tidak beres dapat Sahabat rasakan ketika sedang berkendara. Sahabat juga bisa mengecek kondisi mobil apakah bermasalah dari bau yang dikeluarkan. Bila Sahabat sedang menyetir kemudian tercium mobil bau yang tak biasa, maka harus wajib waspada. Berikut bau mobil yang bisa jadi penanda bila mobil mengalami masalah.

Mobil Kamu Bau?Ini Dia Cara Mengatasinya!

Mobil Bau Bikin Kesel


Mobil Bau Bensin

Bau bensin umumnya tercium ketika kita sedang berada di SPBU. Nah, patut diwaspadai bila bau bensin masih tercium beberapa jam setelahnya. Jika ini terjadi kemungkinan adalah kebocoran pada tangki atau injektornya, dan Sahabat harus segera membawanya ke bengkel terdekat. Kebocoran pada tangki bensin juga bisa berpengaruh terhadap borosnya penggunaan bahan bakar.

Mobil Bau Asap Knalpot

Pernahkah Sahabat mencium bau asap knalpot tapi di dalam mobil? Adanya bau asap knalpot ini merupakan indikasi mobil mengalami masalah pada kebocoran sistem pembuangan atau bisa juga pintu dan jendela mobil memiliki lapisan yang kuat.

Bau asap knalpot yang terjebak di dalam mobil ini sangat berbahaya bagi pengendara maupun penumpang, karena bisa mengakibatkan kematian. Segeralah bawa mobil ke bengkel agar teknisi bisa melakukan analisis dan juga perbaikan secepatnya.

Mobil Bau Telur Busuk

Bau telur busuk bisa muncul bila meninggalkan sisa makanan dalam mobil. Tapi jika tidak membawa makanan kemudian bau telur busuk muncul, maka kemungkinan ada malfungsi pada sistem bensin.

Apabila katalis converter, filter bensin, atau sensor tekanan bensin rusak, gas sulfur bisa bocor dan baunya akan menyeruak ke dalam kabin seperti telur busuk.

Selain menjengkelkan, bau ini juga sangat berbahaya jika tak segera ditangani. Tapi terkadang bau telur busuk bisa diselesaikan dengan mengganti oli transmisi. Oli transmisi yang sudah lama tak diganti rupanya juga memiliki bau seperti telur busuk.

Mobil Bau Terbakar

Bau terbakar merupakan tanda ada sesuatu terbakar di balik kap mobil. Munculnya bau ini di mobil bisa disebabkan beberapa hal seperti kabel listrik, AC overheating, atau pedal rem yang sudah aus.

Nah bila bau yang muncul menyerupai plastik terbakar, mintalah teknisi untuk segera mengecek kondisi mobil Sahabat. Bisa jadi ada yang harus diperbaiki dari mesin mobil.

Berbeda hal pula dengan bau karet terbakar. Bau ini mengindikasikan selang karet atau belt di balik kap mobil kendur. Bila ini terjadi, maka ada beberapa komponen yang bisa berpindah tempat dan kontak langsung dengan mesin panas. Itulah sebabnya bau karet terbakar bisa muncul.  Bau karet terbakar juga bisa disebabkan oli atau cairan bocor atau belt yang sudah aus.

Mobil Bau Apek/Asam

Bau asam atau apek kerap muncul dari AC mobil Sahabat. Ini merupakan tanda bahwa ventilasi di filter udara di sistem AC mobil sangatlah lembab.  Akibatnya, di dalam filter udara muncul jamur yang mengeluarkan bau tak sedap. Bila terlalu lama didiamkan akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Bila AC Sahabat mengeluarkan bau seperti apek ataupun asam, segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Sahabat juga bisa meminta perawatan agar sistem ventilasi AC terhindar dari jamur.

Untuk mengatasi bau apek/asem pada mobil Sahabat bisa melakukan cara berikut ini :

Cara Mengatasi Mobil Bau Apek 

Cara menghilangkan bau apek di dalam mobil bisa menggunakan bahan alami, atau dengan menggunakan produk yang dijual di toko-toko.

Menggunakan Bahan Alami

Menghilangkan bau apek di dalam mobil bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami.

Cara ini cukup menguntungkan, karena bahan bisa diambil dari yang ada di sekitar rumah. Selain mudah, tentunya juga hemat pula. Bahan alami yang bisa digunakan adalah.

  • Bubuk Kopi 

Bisa dipastikan, bahan ini tersedia hampir di setiap rumah. Cara penggunaannya pun cukup mudah,yaitu dengan meletakkan bubuk kopi dalam wadah dan meletakkannya di bawah jok atau di tempat yang bau.

Biarkan semalaman. Kafein pada kopi akan menyerap asam sulfur penyebab bau tidak sedap.

  • Air Cuka 

Bumbu masak ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan mobil bau apek dan bau tidak sedap lainnya yang ada di dalam mobil. kandungan asam asetat dalam cuka mampu menyerap molekul air di sekitarnya.

Caranya bisa dengan disemprotkan, atau  meletakkan pada sumber munculnya bau.

  • Pandan

Bukan hanya membuat masakan menjadi sedap, pandan juga bisa membuat aroma di dalam mobil terasa segar.

Caranya adalah dengan meletakkan beberapa potong daun pandan yang sudah dipotong-potong di dalam mobil. Aromanya bisa bertahan hingga seminggu.

  •  Serai

Serai juga bisa mengusir bau tidak sedap di dalam mobil. Beberapa batang serai yang sudah digeprek dan diletakkan di dalam mobil, dipastikan akan membuat aroma di dalam mobil menjadi lebih segar dan bau-bau yang tidak sedap akan hilang seketika.

  • Kayu Manis

Ingin aroma di dalam mobil menjadi segar, terhindar dari bau apek, Sahabat bisa memanfaatkan kayu manis.

Tanaman rempah ini memiliki aroma yang mampu mengusir bau tidak sedap. Caranya, cukup dengan meletakkan kayu manis batang atau bubuk di dalam mobil.

Menggunakan Metode Lain

Cara menghilangkan bau apek di dalam mobil yang akan dibahas selanjutnya adalah dengan metode yang tidak menggunakan bahan alami tertentu. Cara ini lebih mudah, praktis, dan tentunya hasil yang didapat juga bisa cepat.

  • Produk Penyerap Bau

Berbagai produk dalam kategori ini bisa didapatkan dengan mudah di toko atau supermarket.

Produk ini berbentuk manik-manik dibungkus yang diletakkan dengan cara digantung di dalam mobil dan bisa bertahan hingga beberapa bulan. Ada juga  produk penyerap bau sekali pakai yang berbentuk spray. 

  • Sabun, Sikat, Air

Apabila bau apek dan tidak sedap dikarenakan tumpahan benda cair, maka cara menghilangkan adalah dengan membersihkannya. Untuk melakukan hal ini bisa dengan menggunakan sikat, air, serta sabun.

  • Vacuum Cleaner

Alat penghisap debu dan kotoran ini juga bisa Sahabat gunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap yang disebabkan oleh debu, kotoran, asap rokok dan sisa makanan.

Caranya adalah dengan mengarahkannya pada jok, karpet, interior mobil berbahan kain, dan bagian mobil lainnya.

Tips Mencegah Timbulnya Mobil Bau Apek 

Bau apek dan bau tidak sedap lainnya yang ada dalam mobil bisa dicegah agar tidak muncul.

Untuk mencegahnya, Sahabat bisa melakukan beberapa cara, diantaranya adalah seperti berikut ini.

  • Jemur di Bawah Sinar Matahari

Tips yang pertama adalah dengan membersihkan semua aksesoris di dalam mobil seperti karpet, jok, lalu menjemurnya di bawah sinar matahari. Di sini panas matahari bisa dimanfaatkan untuk untuk membunuh kuman dan bakteri serta bisa menghilangkan bau apek dan bau tidak sedap lainnya.

  • Rutin Mengecek Kabin

Bau apek di dalam mobil bisa berasal dari kabin. Hal ini bisa terjadi karena mobil jarang dipakai sehingga udara dalam kabin menjadi lembab.

Hal yang harus Sahabat lakukan adalah, rutin mengecek keadaan dalam kabin dan membuka seluruh pintu dan jendela agar sirkulasi udara di dalam mobil tetap bisa berjalan.

  • Hindari Penggunaan Pengharum Ruangan

Penggunaan pengharum ruangan ternyata juga bisa menimbulkan bau apek di dalam mobil.

Hal tersebut dikarenakan butiran air pengharum ruangan tersebut apabila masuk ke dalam evaporator AC, akan membentuk embun yang menyebabkan timbulnya jamur dan bau apek.

  • Menggunakan Bahan Alami

Mencegah munculnya bau apek dan bau tidak sedap di dalam mobil bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami dan meletakkannya di dalam mobil.

Bahan yang bisa digunakan misalnya bubuk kopi, serai, cuka apel, kayu manis dan lain-lainnya. Bahan–bahan tersebut bisa menetralisir bau yang tidak sedap.

  • Menggunakan Air Purifier

Cara praktis mencegah timbulnya bau apek di dalam mobil adalah dengan menggunakan air purifier.

Alat ini didesain mampu menyerap bau tidak sedap dan mengeluarkan udara yang segar. Selain itu, air purifier juga bisa membunuh bakteri dan jamur penyebab bau tidak sedap.

Menempuh perjalanan dengan mobil yang bersih, harum, dan segar tentunya harapan semua orang.

Nah, itulah berbagai cara menghilangkan bau apek di dalam mobil. Semoga dengan tips diatas Sahabat Garasi bisa mencobanya dan kabin mobil jadi selalu harum.

 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 21 Mar 2022 | 11:02 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifbaumobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family