Mobil Kamu Karatan? Ini Cara Mengatasinya!
Mobil Kamu Karatan? Ini Cara Mengatasinya!

Mobil Kamu Karatan? Awas Nyebar! Begin Cara Jitu Mengatasi Karat Mobil

26 Okt 2022 | 11:00 WIB

Karat merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada kendaraan termasuk pada mobil. Karat mobil bisa disebabkan oleh banyak hal seperti seringnya mobil terkena air, panas, atau hal apapun yang mengandung garam dan zat besi yang tinggi. Karat biasanya menyerang mobil pada bagian seng atau besi yang akhirnya akan membuat bodi mobil menjadi keropos sedikit demi sedikit dan menjadi rapuh. Karat pada mobil merupakan sebuah proses yang alamiah dan tidak dapat dihindari.

Mobil Kamu Karatan? Awas Nyebar! Begin Cara Jitu Mengatasi Karat Mobil


Namun Sahabat bisa melakukan beberapa usaha untuk mencegah dan membersihkan karat pada mobil. Berikut beberapa kondisi yang dapat mempercepat terjadinya karat mobil:

  • Garam, bahan-bahan kimia, udara yang ada di sekitar pantai serta polusi udara pabrik yang dapat membuat perkembangan karat menjadi cepat pada metal.

  • Kelembaban udara yang tinggi terutama jika berada pada suhu udara di atas titik beku.

  • Keadaan kendaraan yang basah dan pada waktu yang lama meskipun terdapat beberapa bagian yang kering.

  • Suhu yang tinggi namun tidak didukung dengan ventilasi yang baik sehingga kondensasi timbul pada saat suhu menurun.

Pemicu kondisi mobil yang berkarat juga dapat disebabkan karena kesalahan dari pemilik mobil tersebut dalam hal perawatan. Misalnya saja dalam proses mencuci mobil, terdapat sisa-sisa air yang mengendap lama di bagian mobil tersebut. Selain itu, penyebab lainnya adalah membiarkan mobil Sahabat terlalu lama dalam keadaan yang kotor setelah terguyur hujan. Banyak bagian mobil yang selalu terlewatkan dalam pengecekan yang rawan terkena resiko berkarat misalnya saja bodi mobil yang tertutup oleh karet atau karpet. Untuk mobil yang menggunakan roof rack, bagian mobil yang selalu tertutupi juga menjadi titik yang rawan terkena resiko karat.

Berikut beberapa cara membersihkan karat mobil yang dapat Sahabat lakukan sendiri di rumah:

Membersihkan Karat Mobil Pada Eksterior Mobil

Cara membersihkan karat mobil bagian eksterior sebenarnya menggunakan prinsip melarutkan dan merontokkan karat. Pada kendaraan mobil biasanya dilakukan abrasi mekanik yaitu dengan menggosok karat sampai habis tak tersisa kemudian setelah itu memberikannya perlindungan anti karat. Berikut ini langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan karat dengan tepat dan menggunakan alat-alat yang sederhana:

  • Siapkan alat dan bahan yang akan Sahabat gunakan seperti kertas gosok halus dan kertas gosok kasar, sikat, cairan pembersih karat, air, detergen, lap, serta pelindung karat.

  • Kemudian bersihkan dengan menggunakan air dan detergen. Gosok pada bagian bodi mobil yang berkarat dengan menggunakan kertas gosok kasar hingga karat yang ada di bodi mobil hilang dan terlihat bersih.

  • Setelah itu gosok dengan menggunakan kertas gosok halus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Gunakan air asam yang dapat Sahabat gunakan untuk membersihkan karat. Air asam ini yang dapat Sahabat gunakan seperti air jeruk, HCl, Cuka, dan masih banyak lainnya. Sahabat dapat menggunakan cairan pembersih karat untuk pembersihan tahap ketiga. Setelah itu, Sahabat dapat membilas nya dengan menggunakan air dan lap hingga kering.

  • Setelah pembersihan selesai dilakukan, Sahabat dapat memberikan perlindungan bodi mobil dari karat dengan melakukan pengecatan, menggunakan cairan pelindung karat, dan cara lainnya.

 

Membersihkan Karat Mobil Pada Bagian Knalpot

Bagian mobil lainnya yang rentan terhadap karat adalah knalpot mobil. Saluran pembuangan ini memang terletak di bagian bawah mobil sehingga seringkali terkena cipratan air. Ada beberapa cara membersihkan karat mobil bagian knalpot, nah berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai membersihkan karat mobil pada bagian knalpot.

  • Pertama kali siapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan untuk membersihkan karat pada bagian knalpot seperti kuas, pisau tumpul, amplas kasar, oli bekas, serta cairan pembersih.

  • Setelah bahan-bahan sudah tersedia, Sahabat dapat menghidupkan terlebih dahulu mesin mobil kurang lebih selama 10-15 menit. Pada saat kondisi mesin sudah menyala, Sahabat dapat mengoleskan oli pada seluruh bagian knalpot. Ulangi proses ini sampai 4 kali perlakuan.

  • Matikan mesin kendaraan dan kerok pada bagian yang berkarat. Perlu diperhatikan agar hati-hati supaya tidak mengenai bodi mobil. Setelah bersih, Sahabat dapat menyiram nya dengan cairan pembersih dan diamkan kurang lebih sekitar 30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

  • Setelah itu, amplas knalpot hingga benar-benar bersih.

Namun untuk knalpot yang dilapisi dengan krom, Sahabat dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkan karat yang ada. Sahabat tinggal mengoleskan bagian yang berkarat dan diamkan beberapa menit. Kemudian gosok dengan menggunakan lap hingga bersih. Lakukanlah hal tersebut selama beberapa kali hingga hasilnya bersih maksimal.

Membersihkan Karat Mobil Pada Bagian Interior Mobil

Seperti hal nya dengan bagian eksterior mobil, bagian interior mobil juga dapat mengalami karatan di beberapa komponennya. Biasanya hal ini terjadi pada bagian baut dan mur ataupun komponen lain yang berbahan logam. Untuk menghilangkan karat yang terdapat pada bagian interior mobil sebenarnya Sahabat dapat melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan pada bagian eksterior mobil :

  • Untuk bagian dalam mobil yang berkarat kecil dan mudah untuk dilepaskan, Sahabat dapat direndam terlebih dahulu dengan cairan pembersih karat atau cairan asam seperti jeruk nipis ataupun cuka.

  • Rendam kurang lebih selama 10 menit dan kemudian Sahabat dapat menggosok komponen tersebut dengan menggunakan kain.

  • Bila dirasa bagian yang berkarat tersebut susah untuk dibersihkan, maka Sahabat dapat menggosok bagian-bagian yang terkena karat tersebut dengan menggunakan sikat gigi dan cairan pembersih yang Sahabat gunakan.

  • Setelah dirasa cukup bersih, Sahabat dapat mengelapnya dengan menggunakan kain lembut yang bersih.

 

Menghilangkan Karat Mobil Dengan Cara Mengecat

Salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan karat pada mobil Sahabat adalah dengan mengecat mobil. Cara ini dianggap solusi utama untuk menghilangkan karat pada mobil Sahabat. Nah berikut ini langkah-langkah untuk menghilangkan karat di mobil dengan mengecat kembali:

  1. Pertama kali tentunya Sahabat perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan untuk mengecat mobil misalnya amplas dan gerinda serta perlindungan seperti sarung tangan dan kacamata yang dapat melindungi Sahabat dari debu.

  2. Hilangkan cat pada bagian mobil yang berkarat dengan menggunakan gerinda tangan. Untuk memoles bagian mobil yang berkarat sebaiknya kerjakan secara perlahan-lahan. Sahabat dapat menggunakan amplas dengan ukuran 150 grit untuk mengamplas bagian mobil Sahabat yang berkarat termasuk bagian mobil yang berbahan logam. Amplas bagian mobil tersebut hingga halus.

  3. Pada saat Sahabat menggunakan gerinda sebaiknya diperlukan kehati-hatian. Karena bila Sahabat menggunakannya berlebihan akan membuat bodi mobil menjadi rusak. Untuk membersihkan bagian yang berkarat, Sahabat dapat menggunakan asam fosfat yang dapat dibeli di toko-toko kimia terdekat. Sahabat juga dapat menggunakan cairan pembasmi karat.

  4. Bila dibutuhkan, Sahabat juga dapat menggunakan dempul untuk meratakan bodi mobil yang sudah di amplas tersebut. Langkah akhir untuk finishing yaitu dengan mengamplasnya dengan menggunakan amplas 120 grit. Apabila bagian yang berkarat di rasa sudah halus, Sahabat dapat mulai melakukan proses persiapan untuk pengecatan.

  5. Siapkan cat dasar untuk bodi mobil

  6. Langkah implementasi cat dasar ini biasanya dilakukan dengan cara mengelap bagian mobil yang akan Sahabat beri cat dasar dengan menggunakan thinner.

  7. Kemudian tutup bagian mobil tersebut dengan menggunakan koran agar tidak terkena debu dan kotoran.

  8. Cat menggunakan cat dasar dengan jarak sekitar 20-30 cm

  9. Terapkan 3 lapis cat dasar, namun sebelumnya tunggulah hingga bagian cat dasar tersebut mengering sekitar semalaman atau minimal sekitar 12 jam.

  10. Bila lapisan dasar sudah mengering maka Sahabat dapat mengamplas nya dengan menggunakan amplas 400 grit.

  11. Setelah itu Sahabat dapat mengecat tipis bagian mobil tersebut. Pengecatan yang tipis akan membuat cat tidak akan menggumpal seperti air dan ulangi hingga susunan cat tersebut dirasa cukup. Biarkan kondisi tersebut selama 24 jam.

  12. Untuk tahapan terakhir adalah dengan menggunakan cat pernis atau clear coat yang menjadi lapisan terakhir.

  13. Setelah itu biarkan hingga cat tersebut mulai mengering sekitar 48 jam. Kemudian bersihkan dengan cara menggosok bagian mobil tersebut. Jangan menggunakan komponen pada bagian mobil yang baru dicat setidaknya selama satu bulan setelah pengecatan.

 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 26 Okt 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

garasiidmobilkarat
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family