Selalu Rawat Bagian Kelistrikan Mobil Kesayangan Kalian
Selalu Rawat Bagian Kelistrikan Mobil Kesayangan Kalian

Mobil Kamu Mati Total, Mungkin Ini Penyebab Utamanya!

22 Okt 2021 | 14:23 WIB

Sistem kelistrikan merupakan komponen vital dalam mobil kamu ya, Sahabat Garasi. Kelistrikan ini dapat menjalankan fungsi komponen-komponen mobil yang lain seperti AC, lampu hingga starter. Untuk itu, sistem kelistrikan ini harus dirawat secara berkala agar mobil kamu tak mati total di jalan.

Mobil Kamu Mati Total, Mungkin Ini Penyebab Utamanya!

Selalu Cek Kondisi Kelistrikan Pada Mobil Kesayangan Kamu Ya


Dari banyaknya penyebab matinya kelistrikan mobil, kamu mesti tahu agar tanggap saat menemukan permasalahan awal. Sistem kelistrikan mobil yang bermasalah bisa berdampak pada sejumlah fungsi komponen lainnya. Oleh karenanya, sebaiknya sebagai pemilik mobil rutin mengambil tindakan perbaikan.

Ada sejumlah kemungkinan yang bisa membuat sistem kelistrikan mobil mati total. Saat hal tersebut terjadi, kamu dapat memeriksa beberapa komponen yang mungkin terganggu. Berikut ini penyebab sistem kelistrikan mobil kamu mati total:

Mobil Kamu Mati Total, Mungkin Ini Penyebab Utamanya!

Jangan Aki Mobil Kalian Bermasalah


  1. Aki Bermasalah

Aki adalah salah satu komponen penyebab kelistrikan mobil mati total. Sebab, dalam sistem kelistrikan, komponen ini punya peranan penting untuk memasok aliran listrik di kendaraan, khususnya mobil. Jika bagian ini mengalami masalah, bisa dipastikan secara keseluruhan sistem kelistrikan mobil terkena dampaknya. Ada beberapa kemungkinan kerusakannya. Akan tetapi yang paling sering ditemukan adalah aki sudah aus. Penyebabnya tentu adalah pemilik kendaraan yang tidak peka untuk melakukan pengisian air aki saat sudah waktunya.

Untuk memeriksanya, Kamu dapat melihat lampu indikator di dashboard. Dalam keadaan normal, aki yang berfungsi dengan baik akan menunjukkan indikator biru. Namun jika berwarna merah, maka dapat dipastikan terjadi permasalahan. Selain itu, kabel yang sudah berkarat lambat laun bisa memberikan dampak sama yaitu terganggunya aliran listrik.  Untuk mengatasinya, Kamu harus membersihkan terminal aki dan jika sudah parah, sebaiknya ganti dengan yang baru.

  1. Alternator 

Masalah ini sering membuat kelistrikan mobil mati total serta dalam perbaikannya juga dibutuhkan kemampuan khusus. Ada beberapa masalah yang umumnya terjadi di bagian alternator, diantaranya:

Mobil Kamu Mati Total, Mungkin Ini Penyebab Utamanya!

Jangan Sampai Gulungan Tembaga Di Aki Mobil Kalian Putus


  • Gulungan Kawat Tembaga Terputus

Gulungan kawat tembaga terputus bisa dibilang sulit dideteksi tanpa alat khusus. Gejala kerusakan tersebut umumnya bisa mempengaruhi piranti yang tergantung sistem kelistrikan yang berjalan secara keseluruhan. Disamping itu, audio dan cahaya lampu juga akan berkurang kualitasnya. Jika sudah terlalu parah, maka bisa berpotensi membuat mesin mati mendadak dan sulit dihidupkan kembali.

  • Kabel Mengalami Korosi

Terjadinya korosi pada kabel atau berkarat juga dapat mengganggu aliran listrik terutama yang langsung berhubungan dengan aki. Apabila kondisi ini menimpa mobil Kamu, dapat dipastikan sistem kelistrikan tidak akan berjalan normal. Termasuk juga dalam menghidupkan starter pasti akan mengalami kendala.

  • Brush atau Arang Habis

Brush atau Arang yang sudah habis, juga akan berdampak terhadap kinerja alternator, khususnya pada bagian medan magnetnya. Pada tahap tersebut aliran listrik yang semestinya mengalir ke sejumlah komponen lainnya akan terganggu bahkan tidak bisa terbentuk sama sekali. Kendala tersebut umumnya terjadi karena penggunaan berlebihan. Tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru.

  1. Voltage Regulator

Penyebab kelistrikan mobil mati total umumnya juga karena permasalahan pada voltage regulator. Bagian ini akan mengalami permasalahan atau gangguan apabila memang terdapat problem juga di bagian aki dan alternator. Untuk mengeceknya tidak terlalu sulit karena bisa dikenali penyebabnya secara jelas. Gejala tersebut yaitu putusnya sekring serta bohlam lampu, dengan frekuensi sangat sering.

Jangan sampai mobil Kamu mati total ya, Sahabat Garasi. Untuk itu, sistem kelistrikan mobil harus diperhatikan dan dirawat secara berkala. Kalau sudah mati total, aktivitas kamu dijamin bakal terganggu. Padahal, ada cara mudah untuk merawat sistem kelistrikan mobil agar tidak sampai terkena masalah. Ini caranya:

  1. Perhatikan Kabel dan Soket

Seperti pada kabel busi, kabel distributor dan kabel lainnya di area ruang mesin, terutama kabel aki yang paling berat tugasnya. Lapisan kabel yang terkelupas atau sobek sangat berpotensi menghasilkan hubungan arus pendek (korsleting) hingga membuat mobil bisa terbakar sendiri.

Sedangkan kondisi soket yang kotor atau longgar akan mengganggu kerja kelistrikan. Bersihkan soket jika terlihat kotor dengan cairan penetran agar tidak ada penumpukan karat dan kerak. Jangan lupa untuk mengencangkan soket untuk mencegah potensi loncatan bunga api yang bisa menyulut kebakaran.

Mobil Kamu Mati Total, Mungkin Ini Penyebab Utamanya!

Selalu Rawat dan Cek Kondisi Aki Sahabat Garasi


  1. Rawat Aki Mobil

Secara berkala, periksa dan bersihkan aki atau baterai, termasuk kabel aki lantaran karat akan menumpuk di kabel aki mobil. Cek aki dan kabel sebulan sekali untuk memastikan tidak ada penumpukan kerak dan karat.

Periksa level cairan aki secara berkala untuk aki basah. Jangan sampai air aki di bawah level minimal atau low level karena akan membuat sel aki cepat rusak dan tidak bisa menyimpan daya listrik.

Mengisi air pun tak boleh melebihi level atas karena, pada saat aki panas, air bisa tersembur keluar bersamaan uap yang sangat korosif.

  1. Hati-hati Modifikasi Kelistrikan

Karena semua kabel dan sistem kelistrikan kendaraan saling terhubung satu sama lain, kesalahan pada satu titik akan berdampak besar pada seluruh sistem.

Tidak ada salahnya jika kamu ingin melakukan modifikasi yang berhubungan dengan kelistrikan mobil, seperti upgrade audio atau lampu, pastikan untuk menyerahkan pekerjaan pada ahlinya.

Selain itu, jangan asal pasang aksesori yang bisa berakibat fatal terhadap sistem kelistrikan mesin dan kendaraan. Jika ingin melakukan perubahan, jangan ragu untuk mendatangi bengkel resmi untuk konsultasi.

  1. Pasang Perangkat Elektronik

Salah satu alternatif untuk mendongkrak tenaga mesin adalah dengan memasang perangkat elektronik tambahan berupa chip microcomputer atau biasa disebut piggyback.

Tapi sistem kerja piggyback yang mengubah pola kerja engine control unit (ECU) berdampak cukup besar bagi mesin. Pemasangan pigyback itu membuat ECU dipaksa berkerja ekstra keras.

Memang tenaga mobil akan lebih responsif dibandingkan setingan standar pabrikan, tapi efek samping dari penggunaan pigyback itu bisa membuat ECU mobil rusak, bahkan jebol. ECU yang rusak harga dan biaya gantinya mahal.

Mobil Kamu Mati Total, Mungkin Ini Penyebab Utamanya!


  1. Hindari Kebocoran Cairan

Jaga komponen kelistrikan agar terhindar dari rembesan pelumas dan cairan lain karena akan menimbulkan karat dan korsleting. Selain itu, ada risiko hawa panas dari percikan cairan bisa menyebabkan kabel terbakar.

Nah Jika Sahabat Garasi ingin mencari aki mobil berkualitas, kalian bisa cek di website Garasi.id atau klik link ini ya.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 22 Okt 2021 | 14:23 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmobilmaticmobilmanualakimobil