Kekurangan dan kelebihan mobil listrik
Kekurangan dan kelebihan mobil listrik

Mobil Listrik Jadi Trend Baru Otomotif, Apa Sih Kelebihan dan Kekurangannya?

13 Des 2022 | 11:00 WIB

Seluruh dunia tengah bersiap menyongsong era kendaraan elektrifikasi. Bahkan Norwegia pada 2025 nanti hanya akan menjual mobil listrik, sekaligus menjadi negara pertama yang berkomitmen penuh atas penggunaan kendaraan tanpa emisi. 

Indonesia juga tak ketinggalan. Sejumlah peta jalan mengenai popularisasi kendaraan ramah lingkungan juga telah dicanangkan. Semuanya menginduk dari Peraturan Presiden 55 Tahun 2019, tentang percepatan kendaraan bermotor berbasis baterai untuk transportasi jalan. 

Mobil Listrik Jadi Trend Baru Otomotif, Apa Sih Kelebihan dan Kekurangannya?


Dengan peraturan tersebut, Indonesia berharap pada tahun 2025 kendaraan listrik jumlahnya mencapai 20 persen dari total volume kendaraan yang ada. Dan nggak ada salahnya nih kalau sekarang Sahabat Garasi mulai mengetahui lebih jauh tentang mobil listrik. Seperti kelebihan dan kekurangan mobil listrik dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Mobil listrik diprediksi akan menjadi pilihan transportasi utama pada saatnya nanti. Namun, tentunya masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai kelebihan dan kekurangan mobil listrik.

Hal ini merupakan sesuatu yang dapat dimaklumi karena mobil listrik masih tergolong sebagai barang baru di Indonesia. Pada tahun 2022 ini pun jumlah pilihan produknya masih jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan mobil mesin pembakaran internal atau mobil konvensional.

Kelebihan Mobil Listrik

1. Ramah lingkungan  

Mobil listrik diklaim sebagai kendaraan ramah lingkungan. Hal itu disebabkan karena mekanisme laju kendaraanya diproses dengan menggunakan daya listrik, sehingga tidak menghasilkan residu emisi berupa Co2 dan Co. Ilustrasi Berbeda dengan mobil berbahan bakar bensin atau diesel yang pastinya sisa pembakarannya yang dapat mencemari udara. 

2. Kabin lebih senyap  

Hal ini kerap menjadi nilai plus yang dicari oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya mobil dengan kabin yang senyap, sunyi dan tenang akan menambah kenyamanan dalam berkendara. Tidak seperti pada mobil konvensional yang mendapatkan mesin penggerak yang dapat menghasilkan getaran yang masuk dalam kabin.   

3. Biaya perawatan hemat  

Kelebihan ini tentunya tidak bisa dimiliki oleh mobil berbahan bakar bensin pastinya. Mobil listrik diklaim lebih menghemat uang untuk biaya perawatan kendaraan. Tidak perlu repot untuk ganti oli rutin, mengganti busi, mengganti koil, mengganti air radiator dan tidak repot keluar untuk isi BBM. Kunjungan servis rutin mobil listrik hanya terdiri dari pemeriksaan mekanis, dan rotasi ban termasuk spooring dan balancing, penggantian filter udara kabin dan bilah wiper, serta pengisian cairan washer  

4. Sekali charging dapat menempuh jarak ratusan kilometer   

Mobil listrik yang sudah dibekali dengan daya penampungan arus listrik yang besar sehingga dapat digunakan jarak jauh dalam sekali melakukan pengisian dengan melakukan pengecasan. Pada mobil Tesla Model 3 dapat menjangkau jarak tempuh sebanyak 240 mil atau 386 kilometer dengan sekali cas. Lalu pabrikan Jepan Hyundai Kona Electric juga mencatat jarak sebanyak 239 mill atau 384 kilometer dengan satu kali pengecasan.

5. Bebas Ganjil Genap

Pemilik mobil listrik di DKI Jakarta bisa menggunakan kendaraannya setiap hari tanpa perlu khawatir ditilang karena melanggar peraturan ganjil genap.

Hal ini didasari kebijakan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

6. Pajak Murah

Pemerintah memberi beberapa stimulus untuk memperluas penggunaan mobil listrik. Di DKI Jakarta, hal tersebut dilakukan dengan menggratiskan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan PKB yang hanya perlu dibayar 10 persen oleh pemilik mobil.

Hal ini tentunya merupakan sesuatu yang sangat menarik bagi calon pemilik. Dalam sebuah laporan media otomotif nasional dicontohkan pajak mobil listrik Hyundai Ioniq Electric dengan skema seperti ini jumlahnya tak sampai Rp1 juta per tahun.

Kekurangan Mobil Listrik

1. Stasiun pengisian listrik belum banyak  

Inilah yang membuat masyarakat Indonesia ragu meminang mobil listrik. Pasalnya belum tersebar luas stasiun pengisian bahan bakar khusus EV di Indonesia. Maka dari itu apabila ingin berkendara jauh seperti roadtrip maupun touring akan menjadi beban pikiran. Stasiun pengisian bahan bakar hanya tersebar dan mendominasi pada beberapa mall di kota besar Indonesia seperti Jakarta dan Tangerang. Saat ini update terbaru menjelaskan bahwa terdapat 31 stasiun pengisian bahan bakar listrik yang tersebar di seluruh Indonesia. 

2. Harga baterai mahal  

Dari segi perawatan mobil listrik unggul ketimbang mobil konvensional. Pasalnya mobil listrik minim perawatan secara berkala. Namun terdapat mimpi buruk bagi pengguna mobil listrik bila penyimpan daya listrik alias baterai mulai rusak. Jika itu terjadi maka butuh biaya yang tidak sedikit. Belum lagi tersedianya part yang indent dan tidak tersedia yang mengharuskan untuk menunggu lama apabila terjadi kerusakan.  

3. Pengecasan masih lama   

Ini juga kerap menjadi pertanyaan banyak masyarakat ketika ingin beralih ke mobil yang ramah lingkungan, yakni mengenai soal pengisian daya yang lama. Pasalnya pengisian yang dilakukan kerap membutuhkan waktu cukup lama yang tentu tidak efisien dari segi waktu. Berbeda dengan mobil konvensional yang hanya membutuhkan waktu sebentar untuk mengisi tangki bahan bakar dari nol hingga penuh.   

4. Harga lebih mahal   

Harga mobil listrik masih terlalu mahal. Faktor tersebut menjadi salah satu alasan konsumen mengurungkan membeli mobil listrik. Saat ini rata-rata harga mobil listrik termurah di Indonesia sekitar Rp600 jutaan.

Nah Sahabat, itulah informasi seputar mobil listrik baik secara kelebihan dan kekurangannya. Jadi buat Sahabat yang mulai tertarik untuk berpindah ke mobil listrik, semoga bisa mendapat pencerahan dari informasi yang diberikan ini ya. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 13 Des 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilmobillistrikmobilhybridlistrikPHEVkelebihankekurangan
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family