Mobil Listrik Vs Mobil Bensin, Pilih Mana?
Mobil Listrik Vs Mobil Bensin, Pilih Mana?

Mobil Listrik Vs Mobil Bensin, Mana Yang Lebih Efisien?

27 Jul 2022 | 13:33 WIB

Beberapa waktu lalu sempat ramai dibicarakan soal kualitas udara yang memburuk, penyebab hal tersebut salah satunya dari emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan dengan bahan bakar bensin yaitu hidrokarbon, karbon monoksida dan nitrogen oxide (NOx) dapat menghasilkan polusi udara. Karena hal tersebut, pemerintah mulai gencar melakukan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Terkait hal tersebut, mari kita sama-sama perbandingkan mobil listrik vs mobil bensin yuk, kira-kira mana yang lebih efisien?

Cara kerja mobil listrik vs mobil bensin

Sesuai namanya, mobil bensin menggunakan bahan bakar minyak (BBM) atau bensin sebagai penggerak utama mobil. BBM dipasok ke dalam mesin untuk melalui proses pembakaran. Dari proses pembakaran ini, akan dihasilkan energi untuk menggerakkan piston. Piston melakukan gerakan linear yang ditransfer menjadi gerakan putar dengan menerapkan mekanisme slider crank. Baru setelah itu terdapat transmisi untuk mentransfer gerakan putar ke roda penggerak.

Cara kerja mobil bensin tersebut tentunya berbeda dengan mobil listrik. Namun, sebelum membahas cara kerja mobil listrik, perlu diketahui bahwa mobil listrik berbeda dengan mobil hybrid. Bisa dikatakan bahwa mobil hybrid merupakan "jembatan" antara mobil bensin atau konvensional dengan mobill listrik.

Mobil Listrik Vs Mobil Bensin, Mana Yang Lebih Efisien?


Jadi, mobil hybrid memadukan mesin mobil bensin dan energi listrik yang didapatkan dari baterai. Saat mobil melaju dan mengerem, energi kinetik diubah menjadi listrik yang disimpan di baterai. Ketika berjalan normal, mobil hybrid menggunakan tenaga bensin. Lalu saat diam, awal melaju, atau sudah melaju pelan, barulah mobil menggunakan tenaga listrik. Sedangkan saat melaju pada kecepatan agak tinggi, mobil menggunakan perpaduan tenaga bensin dan tenaga dari motor listrik.

Sementara itu, sumber energi mobil listrik berasal dari baterai. Pada mobil listrik, terdapat teknologi inverter yang bertugas mengubah daya baterai DC menjadi tiga fase AC. Nah, ketiga fase AC inilah yang akan mengubah motor induksi sehingga bisa mengaktifkan roda penggerak.

Mobil Listrik Vs Mobil Bensin, Mana Yang Lebih Efisien?


Efisiensi daya mobil listrik vs mobil bensin

Meski relatif lebih mahal dari mobil bensin, mobil listrik lebih efisien dan rendah emisi. Dari segi harga, mobil listrik (BEV) dibanderol Rp 674 juta hingga Rp 2,9 miliar. Sementara harga mobil konvensional lebih murah, yakni Rp 141 juta hingga Rp 1,2 miliar. Adapun biaya pengisian daya untuk mobil listrik lebih murah dibanding biaya pengisian bahan bakar minyak. Biaya pengisian daya mobil listrik sebesar Rp. 1.700-1.800 per 1,3 kWh, sedangkan biaya pengisian mobil bensin berkisar Rp 7.000-8.000 per liter. Dengan biaya tersebut, mobil listrik hanya mengeluarkan Rp 200 ribu untuk perjalanan dari Jakarta ke Denpasar. Sementara mobil mobil konvensional membutuhkan biaya Rp 1,2 juta untuk rute yang sama.

Selain lebih efisien, mobil listrik juga rendah emisi. Emisi karbon dioksida (CO2) yang dikeluarkan mobil listrik sebesar 0-5 g/km, sedangkan mobil bensin mengeluarkan 125 g/km emisi CO2. Mobil listrik memiliki beragam jenis, yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug in Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Dampak terhadap lingkungan mobil listrik vs mobil bensin

Saat melakukan pertimbangan antara mobil bensin atau listrik, penting juga untuk memikirkan dampak pemakaiannya terhadap lingkungan. Untuk hal ini, bisa dibilang mobil listrik lebih unggul. Emisi gas buang mobil bensin mengandung hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) yang dampaknya cukup buruk terhadap udara. Kabar baiknya, dengan beralih menggunakan motor listrik, Sahabat bisa membantu mengurangi emisi karbon di bumi melalui sektor transportasi.

Nah Sahabat, itulah info tentang mobil listrik vs mobil bensin. Kira-kira Sahabat Garasi lebih tertarik yang mana nih? Tapi apapun kendaraanmu, tetap perawatan rutin adalah kunci. Dan untuk urusan perawatan mobil berkala, Sahabat bisa menemukan solusinya di Garasi.id. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 27 Jul 2022 | 13:33 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifmobillistrik
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family