Penanggulangan mobil matik terendam banjir
Penanggulangan mobil matik terendam banjir

Mobil Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

21 Mar 2020 | 15:08 WIB

Kemarin banjir melanda sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya. Bagi para pemilik kendaraan mobil matic, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan parah jika mobil Sahabat terendam banjir. Sebenarnya, musim hujan di Indonesia normalnya terjadi pada bulan Oktober hingga Maret, dengan intensitas hujan paling tinggi terjadi di Desember dan Januari. Namun karena perubahan cuaca dan hal lainnya, musim hujan akan dimulai di awal Januari 2020.

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Musuh utama mobil matik atau mobil manual ketika menghadapi musim hujan adalah banjir. Beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, yang cukup rawan banjir akibat saluran air atau drainase yang sudah tidak mampu lagi menampung beban luapan air, karena penataan kota yang kurang ideal dengan bangunan-bangunan yang tidak beraturan.

Dampak banjir pun bermacam-macam, mulai dari kerugian materi maupun immateri atau yang sifatnya bukan benda seperti sakit, perasaan tidak nyaman, dan sebagainya. Namun bukan hanya bagi ketidaknyamanan diri yang dirasakan ketika menghadapi banjir, namun apabila salah satu benda penting, seperti mobil pribadi kamu ikut terkena banjir.

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Saat ini hampir semua mobil keluaran teranyar sudah menggunakan mesin yang dirancang serba otomatis, bukan manual lagi. Sehingga cukup sistem otomatisnya itu cukup rawan terganggu jika mobil terendam banjir.

Tidak tanggung-tanggung, setiap kerusakan mobil akibat banjir membutuhkan biaya yang besar untuk memperbaikinya. Namun, bukan tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan mobil kesayangan kamu ini. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan pada saat mobil terendam banjir.

Memutus sumber kelistrikan mobil

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Salah satu hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mobil terendam banjir adalah melepaskan kabel pada aki. Lepaskan kabel di kutub negatif pada aki mobil. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya korsleting yang mana sistem kelistrikan mobil masih menyisakan aliran listrik walau sudah dimatikan.

Pindahkan mobil dengan cara didorong

Jika banjir sudah surut, segera pindahkan mobil ke tempat yang kering dan aman. Namun, jangan nyalakan terlebih dahulu mesin mobil guna menghindari korsleting dan masalah mesin lainnya.

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Cara memindahkan mobil terendam banjir adalah dengan didorong dengan cara menggeser tuas ke N dengan menekan shift lock. Tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin, saat kondisi sudah memungkinkan. Pasalnya, semakin lama terendam, potensi kerusakan pada mobil akan semakin parah. Setelah dirasa mobil sudah aman dari genangan air, jangan pernah untuk mencoba menghidupkan mesin mobil segera setelah terkena banjir.

Non-aktifkan rem tangan mobil

Segera non-aktifkan rem tangan mobil Sahabat agar rem kanvas tidak lengket. Tindakan ini mirip dengan mobil yang ditinggal pergi dalam jangka waktu lama dan kita harus menetralkan dulu kondisi mesin saat akan mengendarainya.

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Sebagai gantinya, agar mobil tidak bergerak terbawa arus banjir, gunakan batu untuk mengganjal atau memasukkan persneling atau perputaran gigi mesin ke gigi satu. Untuk jenis mobil yang menggunakan mesin otomatis, transmisi atau perpindahan persneling bisa dimasukkan pada posisi parking (parkir) alias kondisi berhenti.

Keringkan komponen di bagian mesin mobil

Setelah berada di tempat yang kering dan aman, keringkan berbagai komponen mobil dengan cara melepaskan semua kabel kelistrikan. Komponen-komponen mobil yang harus segera dikeringkan dan dibersihkan adalah busi, saluran angin, saringan angin, karburator, coil, delco, alternator, dinamo starter, V-belt, dan juga seluruh rangkaian kabel.

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Jika mobil kamu menggunakan komponen ECU (electronic control unit), segera bawa saja ke bengkel resmi. Sebab komponen ECU ini sangat sensitif dan berisiko mengalami kerusakan fatal akibat terendam air banjir. Butuh biaya yang cukup mahal bila bagian ini terkena banjir.

Lakukan pengecekan fluida mobil

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Jangan lupa untuk menguras oli pada mesin mobil dan membersihkannya dengan angin kompresor. Hal tersebut dilakukan agar tidak air yang tertinggal di mesin mobil. Jangan lupa juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobilmu. Cek juga cairan lainnya yang menurut kamu harus dilakukan pengecekan karena berbahaya jika terendam banjir. Siapa tau gasket di bagian mesin atau komponen yang terendam banjir sudah robek sehingga air meresap masuk.

Kuras bahan bakar mobil

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Kalau kamu merasakan ada yang aneh pada mesin, lakukan kuras tangki bahan bakar. Bensin berisiko tercampur dengan air banjir jika mobil terendam banjir. Jika Sahabat mampu melakukannya sendiri, kuras tangki bensin untuk memastikan bahwa tidak ada air yang tercampur dalam bensin. Sebab air yang masuk ke tangki dan bercampur dengan bensin berpotensi menimbulkan karat pada tangki bensin. Jika demikian yang terjadi, maka akan mengganggu sistem pengapian dan membuat tangki bensin menjadi keropos, serta mudah bocor dalam jangka panjang.

Keringkan panel dan lampu mobil

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Komponen mobil selanjutnya yang harus kamu tangani adalah bagian lampu. Sebab arus listrik pada lampu juga rentan terhadap arus pendek atau korsleting. Jika lampu mobil kamu tiba-tiba tidak menyala sebelah, sebaiknya kamu membawa mobil kamu ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.

Cek kondisi interior mobil

Bagian interior mobil terdiri dari berbagai macam, mulai dari kursi, karpet, kain pintu dalam (door trim), dan lainnya, wajib diperiksa ketika terkena banjir. Sebab bisa jadi rusak karena terkena air. Jangan sampai kotoran yang ada menempel akan menjadi jamur atau karat. Untuk itu segera cuci dan keringkan dengan baik guna mencegah munculnya aroma tak sedap di dalam mobil kamu.

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Namun, untuk membersihkan bagian interior mobil ini biasanya membutuhkan tempat khusus cuci mobil. Bengkel variasi menjadi tempat yang cocok untuk service bagian interior mobil ini.

Cek komponen pengereman mobil

Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya

Komponen mobil lainnya yang terkena dampak banjir adalah komponen pengereman. Sebab jika terendam banjir, kampas rem akan mengeras. Kamu dapat melakukannya dengan melepaskan roda dan membuka komponen rem. Jika ingin dibersihkan dapat menggunakan amplas.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Apr 2020 | 05:18 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasjasadanservispromojabodetabek