Mobil Mercedes-Benz
Mobil Mercedes-Benz

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

03 Nov 2019 | 20:41 WIB

Siapa disini yang cinta dan memiliki mobil Mercedes-Benz? Pasti tulisan seperti AMG, Brabus, Carlsson, Kleeman, Hamann dan lain sebagainya sudah tidak asing lagi kan bagi kalian. Tapi, bagi yang awam nama tersebut mungkin akan terdengar seperti varian pada mobil Mercedes-Benz namun sebenarnya bukan sekedar varian lho.

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Nama-nama merk tersebut sebenarnya memiliki makna dari rumah modifikasi mobil Mercedes-Benz. Tuner atau rumah modifikasi adalah perusahaan yang mengkhususkan diri untuk memodifikasi dan menjual mobil hasil modifikasinya. Para tuner ini biasanya bekerjasama dengan beberapa produsen ataupun menjadi divisi khusus tersendiri. Biar lebih paham, yuk simak sejarah dari tuner mobil Mercedes-Benz berikut.

Asal usul rumah modifikasi AMG

AMG sendiri merupakan akronim dari Aufrecht, Melcher, dan Großaspach. Sedikit sejarahnya, di tahun 1967, sebuah rumah modifikasi yang berlokasi di Affalterbach, Jerman berdiri dengan nama AMG Motorenbau und Entwicklungsgesellschaft mbH (AMG Engine Production and Development, Ltd). Rumah modifikasi ini didirikan oleh eks insinyur mobil Mercedes-Benz yaitu Hans Werner Aufrecht dan Erhard Melcher.

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Proyek pertama AMG adalah membangun mesin mobil Mercedes-Benz 300SE agar dapat turun di ajang balap Championship Touring Car Jerman pada 1965. Mobil sedan sport tersebut mereka tingkatkan tenaganya hingga 238 hp dari sebelumnya 170 hp. Dengan dikemudikan pembalap Manfred Schiek, mobil ini berhasil menang di ajang balap bergengsi tersebut, hingga membuat AMG kemudian mendirikan sebuah bengkel di Burgstall, Jerman.

Pada 1971 lahir mobil Mercedes-Benz 300SEL bermesin 6.300 cc dengan tenaga semula 247 hp menjadi 428 hp dan dijuluki "The Pig". Selain itu, E-Class W124 bermesin V8 5.600 cc hadir di tahun 1984, sanggup memuntahkan tenaga hingga 385 dk, dan mampu mempecundangi hegemoni supercars sehingga dijuluki "The Hammer".

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Pada tahun 1976 kebanyakan produksi AMG dipindahkan ke Affalterbach, sementara pengembangan mesin balapnya masih berada di lokasi lamanya di Burgstall. Pada masa mobil Mercedes-Benz inilah Erhard Melcher berhenti menjadi partner, tetapi terus menjadi pegawai di Burgstall.

Pada 1990, hubungan antara Mercedes-Benz dan AMG menjadi lebih harmonis. Karena mereka menjalin kerja sama tak hanya soal tuning mesin, tapi hingga desain eksterior dan interior. Hasil kerja sama itu membuahkan mobil Mercedes-Benz terbaru dengan kode W202 C36 AMG. Model baru ini pun disambut baik para penggemar setia Mercedes.

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Pada tahun 1993, karena AMG sudah menjadi high-profile purveyor dari mobil-mobil modifikasi milik Mercedes-Benz, Daimler-Benz AG dan AMG menandatangani sebuah kontrak kerjasama. AMG kemudian diberikan kantor pusat di Affalterbach, Jerman. Dan dengan mempertahankan  filosofi "One Man One Engine", perusahaan ini sudah memproduksi 100 ribu unit mobil Mercedes-Benz dari berbagai model. Dimana penjualan terbesar AMG ada di Amerika Serikat, Jerman, serta Tiongkok.

Karakteristik Mercedes-Benz AMG

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Secara umum, model-model AMG memiliki tampilan yang lebih agresif, performance yang lebih tinggi, handling yang lebih baik, lebih stabil dan menggunakan material carbon fibre yang lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil Mercedes-Benz pada umumnya. Model-model AMG juga biasanya merupakan varian kelas mobil Mercedes-Benz yang paling mahal dan performanya paling bagus.

AMG awalnya mendesain dan mengetes mesin-mesin untuk mobil balap. AMG kemudian mengembangkan bisnisnya dengan merakit custom road car berbasis standar mobil Mercedes-Benz.

AMG memproduksi sederet paket upgrade dan aksesori yang kebanyakan untuk Mercedes-Benz R107 dan C107 (1971–1989 SL roadster), Mercedes-Benz W116 (1972–1980 S-class), Mercedes-Benz W123 (1976–1985 E-class), Mercedes-Benz W124 (1984–1997 E-class), Mercedes-Benz W126 (1979–1992 S-class), Mercedes-Benz R129 (1989–2001 SL roadster), dan Mercedes-Benz W201 (1990–1993 C-class).

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Di awal tahun 2000-an, AMG berfokus pada perakitan mesin V8 dan V6 yang dilengkapi supercharger tetapi perusahaannya justru mengabaikan teknologi ini pada tahun 2006 dengan mengenalkan mesin 6.2 L M156 V8. Hingga saat ini, AMG terus sukses dalam mengeluarkan model mobil Mercedes-Benz AMG yang memiliki performa gahar dengan model yang agresif. 

Tuner mobil Mercedes-Benz

Seperti sudah dijelaskan di atas, AMG adalah salah satu rumah modifikasi mobil Mercedes-Benz yang sukses membawa ‘aliran’ tersendiri di tubuh Mercedes. Selain itu ada beberapa rumah modifikasi lagi lho Sahabat yang melekat pada mobil Mercedes-Benz, apa saja itu? Yuk ikuti informasi selanjutnya.

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Brabus

Sama halnya dengan AMG, Brabus juga rumah modifikasi asal Jerman yang spesialisasinya memang menggarap mobil-mobil Mercedes-Benz, Smart, dan Maybach. Tuner Mercedes-Benz terbesar setelah AMG itu didirikan oleh Klaus Brackman dan Bodo Buschmann di tahun 1977. Nama Brabus itu sendiri diambil dari kombinasi tiga huruf pertama mereka.

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Fokus utama Brabus adalah meraih performa maksimum mesin yang tolak ukurnya dinilai dari tenaga dan torsi yang dihasilkannya. Jika seseorang ingin membeli sebuah mobil Mercedes-Benz dari Brabus, maka Brabus akan membelinya dari Mercedes dan memodifikasinya sesuai dengan keinginan konsumen.

Tak hanya menawarkan peningkatan performa, Brabus juga bisa melakukan perubahan kosmetik sampai penggunaan material serat karbon. Tentu saja ini semua biasanya harus ditebus dengan harga yang sangat mahal.

Carlsson

Biasanya tulisan ini lebih sering terlihat pada bagian velg yang digunakan oleh Mercedes Benz. Yap, Carlsson sebenarnya juga merupakan perusahaan tuner yang menangani mesin mobil Mercedes-Benz.

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Carlsson ini berdiri pada tahun 1989 yang didirikan oleh dua bersaudara bernama Rolf dan Andreas Hartge. Salah satu model yang membuat nama Carlsson terkenal adalah Mercy C25 yang lahir dengan torsi melimpah. Torsinya mencapai 1.150 Nm dan mampu melesat hingga kecepatan 352 km/jam.

Kleeman

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Nama Kleeman di Indonesia mungkin kurang terdengar akrab dibanding 3 perusahaan sebelumnya. Perusahaan yang lahir pada tahun 1985 ini menjadi in house tuner dari mobil Mercedes-Benz, Porsche, Audi dan BMW. Salah satu produknya yang terkenal adalah menciptakan mesin mobil dengan teknologi supercharge.

Nah, bagaimana Sahabat sudah paham kan asal muasal kenapa di model mobil Mercedes-Benz ada nama AMG untuk beberapa tipe mobilnya. Kamu sudah tentu mengetahui kan pembalap F1 tim Mercedes-Benz AMG, L. Hamilton dan V. Botas. Apakah kamu ingin seperti mereka? Kamu bisa menjadi seperti mereka di Garasi.id. Eits tetapi bukan menjadi pembalap seperti mereka ya, tetapi memiliki tunggangan Mercedes-Benz AMG Sahabat.

Mobil Mercedes-Benz AMG, Asal Usul dan Sejarahnya

Yuk intip koleksi mobil Mercedes-Benz AMG di Garasi.id dan wujudkan impianmu berkendara layaknya pembalap F1.

Foto: Internet

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 07:32 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

amgmercedesbenzamgperformancebrabustipsotomotif