Mobil pertama di Indonesia berasal di kota Surakarta pada tahun 1894
Mobil pertama di Indonesia berasal di kota Surakarta pada tahun 1894

Mobil-Mobil yang Meluncur Pertama di Indonesia

10 Agt 2019 | 22:00 WIB
BAGIKAN

Tahukah kalian bahwa mobil pertama yang hadir di Indonesia ternyata dimiliki oleh orang asli Indonesia lho. Banyak isu simpang siur yang menyebutkan bahwa mobil pertama di Indonesia dimiliki oleh Belanda. Justru sebaliknya, mobil pertama yang hadir di Indonesia dimiliki oleh Sri Susuhunan Pakubuwono ke-10 atau PB X pada tahun 1894 dengan tipe Benz Phaeton.


Mobil yang dimiliki oleh PB X ini disebut-sebut sebagai mobil pertama yang meluncur di Indonesia. Mobilnya Benz Phaeton merupakan mobil keluaran Benz (Mercedes-Benz) yang mengusung mesin satu silinder, 2.0 liter dan bertenaga 5 hp. Keren bukan Sahabat? Nah, selain mobil milik PB X, ada beberapa brand lainnya yang akhirnya meluncur di Indonesia hingga saat ini, apa sajakah brand tersebut? Mari simak ulasannya dikutip dari futuready.com di bawah ini :

Benz

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mobil pertama yang masuk di Indonesia adalah mobil Benz Phaeton yang dimiliki oleh Paku Buwono X. Mobil itu sempat terlihat di muka umum di tahun 1924 saat akan dibawa ke Belanda untuk diikutsertakan dalam pameran mobil RAI melalui pelabuhan Semarang. Namun sayangnya hingga saat ini belum diketahui keberadaan pasti mobil tersebut.

Mobil-Mobil yang Meluncur Pertama di Indonesia

Pada tahun 1902, Pulau Sumatera kehadiran mobil Benz pertamanya yang merupakan kepunyaan Prof Dr W Schuffner di Medan. Kemudian ia menjadi kepala Deli Automobile Club, mobil Benz itu bermesin 2-silinder, dengan sistem pendingin air. Sang profesor kemudian membeli mobil Benz-nya yang kedua pada tahun 1910, yakni Benz Percival.

Daimler

Di tahun 1907, brand mobil Daimler, dibeli oleh keluarga kerajaan Solo lainnya yakni oleh Kanjeng Raden Sosrodiningrat. Pada saat itu, mobil merek ini termasuk dalam kategori mobil mahal dan hanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kedudukan tinggi.

Mobil-Mobil yang Meluncur Pertama di Indonesia

Orient Backboard

Berikutnya sebagai brand mobil yang termasuk pertama masuk Indonesia adalah Orient Backboard. Dimiliki oleh Raden Mas Ario Tjondro, seorang Bupati Brebes memiliki mobil pertama untuk daerahnya di Pekalongan. Mobil ini dilengkapi dengan persneling maju dan mundur, namun hanya memiliki satu silinder dan berkekuatan delapan daya kuda, serta menggunakan tenaga rantai untuk menggerakan roda-rodanya.

Mobil-Mobil yang Meluncur Pertama di Indonesia

Nah, itulah beberapa brand mobil pertama yang konon katanya meluncur pertama kali di Indonesia. Dominasi Belanda pada jaman penjajahan membuat mobil-mobil Eropa lah yang masuk untuk pertama kalinya di Indonesia. Sayangnya, beberapa mobil tersebut tidak diketahui keberadaanya padahal jika memang masih ada, mobil-mobil tersebut menjadi aset yang penting dalam sejarah perkembangan otomotif di Indonesia hingga saat ini.

Foto : Internet


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 10 Agt 2019 | 22:00 WIB
BAGIKAN