Baca Ini Kalau Mobil Kamu Mengalami Mogok
Baca Ini Kalau Mobil Kamu Mengalami Mogok

Mobil Mogok? Coba Cek Bagian Ini Pada Mobil Kamu.

13 Des 2021 | 10:05 WIB

Sebagai pengendara, Kamu harus mengetahui secara langsung penyebab mogoknya mobilmu. Ada beberapa komponen yang bisa menyebabkan mobil menjadi sulit untuk distarter. Sayangnya, tidak semua orang menyadari atau mengetahui berkaitan dengan hal ini.

Mobil yang mengalami mogok atau mesinnya mati merupakan gangguan yang paling umum dialami oleh para pengendara mobil. Sehingga sebaiknya paling tidak Kamu harus memahami apa saja yang menjadi penyebab mobil mengalami mogok dan tidak bisa distarter kembali. Berikut penyebabnya:

  • Aki Bermasalah

Komponen ini bisa dikatakan sebagai faktor utama yang menyebabkan terjadinya mobil mogok. Diketahui bahwa aki sendiri merupakan otak dari kendaraan. Jika rusak maka dapat menyebabkan mobil mogok. Apalagi, ketika aki sudah mulai soak namun tetap terus dipaksakan. Hal tersebut pun nyatanya bisa memicu terjadinya masalah pada komponen lainnya.

Dalam hal ini, Kamu harus memastikan mobil kamu mogok karena aki yang rusak atau tidak. Jika benar, maka kamu harus membeli aki baru. Akan tetapi yang perlu diingat bahwa tidak semua kemogokan disebabkan karena aki. Namun, bisa juga karena kurang kencangnya terminal aki sehingga mengakibatkan mesin kendaraan tiba-tiba mati.

  • Altenator Bermasalah

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan mobil mogok adalah altenator yang bermasalah. Altenator sendiri sebenarnya sangat berguna sebagai penyuplai listrik atau penyalur listrik ke aki. Nah bila komponen ini rusak, maka aki tidak bisa digunakan sehingga mesin mobil enggan menyala.



  • Overheat

Overheat nyatanya juga dapat memicu terjadinya hal tersebut. Sebab, suhu mesin yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mobil akan berhenti secara tiba-tiba. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena terjadinya masalah pada radiator mobil.

  • Gearbox Kehabisan Oli

Pada dasarnya, gearbox merupakan komponen yang cukup penting pada kendaraan. Oleh karena itu, Kamu harus rutin untuk melakukan pemeriksaan khususnya terhadap pelumasnya. Jangan sampai kekurangan atau bahkan sampai kehabisan oli. Adapun, untuk banyaknya oli tersebut disesuaikan dengan jenis dan model kendaraannya.

  • Karburator Mobil

Masalah yang sering terjadi pada karburator, biasanya berkaitan dengan bahan bakar yang masuk terlalu sedikit. Akibatnya, proses pembakaran tidak bisa dilakukan secara sempurna. Hal inilah yang menyebabkan mobil menjadi sulit untuk distarter. 

Namun, banyak cara untuk menghindari mobil mogok di tengah jalan. Hal ini dapat Kamu lakukan untuk mengatasi masalah mobil mogok. Ini caranya:

1. Rutin Memanaskan Mobil

Supaya mobil terhindar dari masalah mogok adalah selalu rutin memanaskannya. Cukup 10 menit saja waktu yang diperlukan saat memanaskan mobil. Rutinitas memanaskan mobil yang jarang dipakai ini bahkan juga tak perlu dilakukan setiap hari. Cukup dua hari sekali saja.

Pastikan saat memanaskan mobil lingkungan dan kondisi sekitar aman. Faktor keselamatan dan keamanan dalam memanaskan mobil antara lain adalah tidak memanaskan dalam garasi tertutup, dekat dengan anak kecil, dekat dengan binatang peliharaan dan dekat dengan bahan mudah terbakar.

2. Cek Usia Aki

Aki adalah komponen penting untuk menghidupkan mesin mobil. Jika aki rusak maka pasti mobil mogok. Ingat, aki merupakan komponen yang memiliki usia pakai.

Jika sudah lewat masa pakainya maka kemampuannya jauh menurun. Terlebih pada mobil-mobil berusia di atas 7 tahun, aki perlu dapat perhatian khusus. Selama banyak diam di rumah, aki harus dapat perhatian lebih.

Adapun sejumlah kondisi yang mempengaruhi usia atau daya tahan aki mobil sendiri ada beberapa hal. Mulai dari pemakaian mobil itu sendiri, hingga faktor cuaca. Rata-rata, aki mobil mampu bertahan antara 2 hingga 5 tahun.

3. Perhatikan Lampu Indikator

Pastikan saat memanaskan mobil Kamu melihat pada panel instrumen dan lampu-lampu indikator. Jika lampu engine check menyala saat mesin dipanaskan, maka ada sesuatu tidak beres yang terbaca oleh komputer mobil.

Jangan remehkan lampu engine check yang menyala atau berkedip saat mesin hidup. Jika dibiarkan maka dapat memungkinkan mobil mogok. Maka jika menemui kondisi tersebut segera hubungi bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Ada beberapa hal yang mengakibatkan lampu engine check menyala.. Mulai dari adanya gangguan pada sensor-sensor yang mengalami malfunction, bahan bakar yang terbaca tidak sesuai kebutuhan mesin, adanya korsleting, atau bisa saja terbacanya error pada perangkat komputer mobil.



4. Bahan Bakar Penuh

Masalah yang cukup sepele namun bisa saja terjadi adalah tangki bahan bakar yang kosong. Jika tidak ada bahan bakar maka otomatis mobil tidak akan hidup alias menjadi mobil mogok.

Maka dari itu pastikan bahan bakar selalu terisi di tangki mobil Kamu. Bisa juga isi penuh bahan bakar walau mobil lebih sering di rumah. Ada sejumlah keuntungannya.

Jika mobil kalian selalu terisi bahan bakar yang penuh maka potensi karat pada tangki mobil menjadi sangat minim. Keuntungan kedua adalah menjadikan mobil tersebut selalu dalam keadaan siap pakai jika Kamu memerlukan perjalanan mendadak, tak perlu khawatir harus mampir ke SPBU karena tangki bensin sudah penuh.

5. Lampu Mati

Pada beberapa kejadian mobil mogok kadang ditemukan sumber masalahnya adalah lampu. Saat mobil sudah berhenti, mesin dimatikan dan pintu dikunci namun lampu utama lupa dimatikan maka masalah pun timbul.

Terlebih jika mobil dengan lampu yang menyala tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama. Kemungkinan besar saat dihidupkan kembali, mobil mogok tak mau menyala.


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 17 Des 2021 | 15:16 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmobilmogokmobilmati