Asuransi mobil
Asuransi mobil

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

14 Mei 2020 | 11:03 WIB

Masyarakat modern di kota besar, hampir sepenuhnya menggunakan transportasi mobil sebagai penunjang aktivitasnya. Kebutuhan untuk membeli mobil pun akan semakin meningkat karena infrastruktur transportasi di kota besar tidak jua semakin layak, baik dalam hal pelayanan kualitas maupun kuantitas. Walaupun begitu, banyak orang yang tidak menyadari bahwa selain membeli mobil ada hal yang dapat memberikan kenyaman, keamanan dan menjaga mobil dengan baik. Yak, hal tersebut adalah asuransi mobil.

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

Pada dasarnya asuransi mobil menawarkan perasaan aman dalam berkendara dan membantu kita menangani biaya-biaya tak terduga. Serupa dengan asuransi kesehatan, cara kerja dan aturan main dari asuransi mobil tidak berbeda jauh. Jika asuransi kesehatan atau asuransi jiwa melindungi kita, asuransi mobil melindungi mobil kesayangan kalian Sahabat.

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

Asuransi mobil bertujuan untuk melindungi mobil dari berbagai ancaman bahaya yang tidak terduga. Mulai dari kehilangan, kecelakaan, atau hal-hal yang memicu terjadinya kerugian terhadap mobil yang bersangkutan. Mungkin Sahabat disini sudah mengetahui apa sih itu asuransi mobil dan kenapa itu penting, namun dibalik semua itu ada jenis-jenis asuransi mobil lho. Jika kamu salah pilih, bisa-bisa kamu merugi di kemudian hari. Jadi, biar nantinya kamu tidak menyesal, yuk simak ada apa saja sih asuransi mobil itu, dan apa perbedaan dan kelebihannya. 

Asuransi mobil All Risk (Komprehensif)  dan Total Loss Only (TLO)

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa Sahabat dapatkan untuk melindungi kendaraan pribadi kamu. Yang pertama adalah asuransi mobil All Risk dan yang kedua adalah asuransi mobil TLO. Kedua jenis asuransi tersebut sama-sama bertujuan untuk melindungi mobil, namun memiliki nyatanya ada perbedaan di kedua jenis asuransi tersebut. Apa saja perbedaanya? Yuk kita bahas secara mendalam. 

Asuransi mobil All Risk (Komprehensif)

Asuransi mobil All Risk atau komprehensif berfungsi untuk melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai kerusakan. Mulai kerusakan ringan, seperti baret halus, penyok, atau kerusakan kecil lain, hingga kerusakan besar, seperti tabrakan yang mengakibatkan bodi mobil berubah bentuk atau pencurian mobil Semua itu dapat ditanggung jika Sahabat memilih Asuransi mobil All Risk sesuai dengan ketentuan polis masing-masing. 

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

Tidak hanya itu saja, perlindungan dari asuransi mobil All Risk juga bisa diperluas untuk memberikan perlindungan lebih menyeluruh. Perluasan tersebut biasanya mencakup kemungkinan mobil terkena bencana alam seperti banjir, gempa, kerusakan mobil yang diakibatkan aksi huru hara dan  risiko tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Asuransi mobil Total Loss Only (TLO)

Asuransi mobil jenis Total Loss Only atau TLO, berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap mobil ketika mobil yang telah diasuransikan mengalami kerusakan secara total. Kerusakan total yang dimaksudkan adalah mobil yang hilang karena pencurian, atau kerusakan mobil yang tingkatnya mencapai 75% dari nilai mobil tersebut pada saat terjadi kecelakaan. 

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

Sebagai ilustrasi, sebuah mobil mengalami kecelakaan cukup parah hingga harus melakukan perbaikan yang menelan biaya sekitar Rp100 juta. Bila ditaksir, harga mobil tersebut seharga Rp150 juta. Melihat banyaknya perbaikan yang diperlukan hingga menghasilkan nominal lebih dari 50% dari harga mobil, maka kerusakan mobil tersebut dikategorikan di atas 75% sehingga kerusakan akan ditanggung oleh asuransi mobil jenis TLO. 

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

Namun Sahabat harus pahami bahwa asuransi mobil TLO tidak memberikan pertanggungan mobil yang mengalami kerusakan minor kurang dari 75%. Kerusakan seperti bemper penyok atau pencurian kaca spion tidak akan diganti oleh pihak asuransi dan akan ditanggung sendiri oleh pemilik mobil.

Apakah kedua jenis asuransi mobil tersebut bisa digabungkan?

Jawabannya adalah tentu bisa. Kedua asuransi mobil baik itu asuransi mobil All Risk (komprehensif) atau asuransi mobil Total Loss Only (TLO) bisa dikombinasikan. Kita ambil contoh yang mudah, Sahabat sedang membeli mobil bekas dan menggunakan sistem kredit untuk pembayarannya. Pada saat Sahabat membeli mobil bekas tersebut, kamu lebih memilih asuransi mobil All Risk untuk 3 tahun pertama dan selanjutnya akan menggunakan asuransi Total Loss Only, itu sangat diperbolehkan. Begitu juga sebaliknya. Namun, Sahabat harus pastikan dulu jenis asuransi mobil mana yang memang dibutuhkan sehingga nantinya tidak merugi dan membuat kamu kecewa. 

Mana yang lebih menguntungkan? 

Pembeda asuransi mobil All Risk maupun asuransi mobil TLO adalah biaya premi yang harus dibayarkan. Asuransi mobil All Risk memiliki biaya premi yang lebih tinggi karena jika dilihat dari fungsinya, asuransi tersebut dapat memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh dan komprehensif bagi mobil Sahabat. Berbeda dengan asuransi mobil TLO yang rata-rata memiliki biaya premi yang rendah. 

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

Dari perbandingan biaya premi yang harus dibayarkan kita bisa menyimpulkan bahwa asuransi mobil Total Loss Only lebih tepat digunakan untuk kendaraan yang digunakan sehari-hari di dalam kota. Sedangkan asuransi mobil TLO akan lebih tepat bagi Sahabat yang memiliki mobilitas tinggi antar kota yang memiliki tingkat kecelakaan lebih tinggi. Tetapi itu semua balik kepada kalian manakah asuransi mobil yang cocok dan dirasa tepat untuk melindungi mobil. 

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

Meskipun Sahabat sudah mengetahui simulasi perhitungan premi asuransi kendaraan mu. Jangan jadikan simulasi tersebut sebagai acuan harga premi asuransi mobil All Risk  dan asuransi mobil TLO ya. Penghitungan simulasi tersebut hanyalah sebagai pandangan dan perkiraan jika Sahabat memang ingin mengajukan asuransi mobil. Sehingga kamu bisa mempersiapkan dana lebih awal. Tidak hanya membeli mobil saja namun juga mempersiapkan untuk membeli produk yang bisa memproteksi mobilmu.

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

Saat ini, kamu akan berpikir bahwa kecelakaan itu belum tentu terjadi, namun resiko bisa mengintai sewaktu-waktu. Bahkan ketika kita tidak sadar kecelakaan bisa terjadi di mana saja dan musibah bisa menghampiri.

Beli mobil bekas itu banyak untungnya

Bagi Sahabat yang menginginkan sebuah mobil bekas yang tentunya punya segudang keuntungan, fitur Mobil Pilihan Garasi.id adalah solusi yang paling tepat. Mengapa demikian ? Karena mobil-mobil bekas yang masuk di dalam fitur Mobil Pilihan Garasi.id sudah melewati tahapan inspeksi di 170 titik pengecekan.

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

Sahabat sudah mengerti kan membeli mobil bekas itu dibutuhkan ketelitian dan kesabaran. Jika terburu-buru sudah bisa dipastikan Sahabat akan menyesal di kemudian hari karena mendapatkan mobil yang tidak sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, salah satu aspek yang Garasi.id tawarkan adalah mobil bekas yang sudah melalui tahapan inspeksi. 170 poin pengecekan tersebut meliputi pengecekan mesin secara menyeluruh, interior, eksterior, ban dan hal lainnya. 

Tidak hanya itu saja, Sahabat juga akan mendapatkan mobil-mobil bekas yang berumur muda, kilometernya rendah, bergaransi 1 tahun untuk 200 komponen yang ada dalam persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Jadi bisa dipastikan mobil yang kamu dapatkan dalam kondisi terbaiknya. 

Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Bagus? Pahami Dulu Jenis dan Keuntungannya

Masih ragu atau bingung memilih mobil bekas? Garasi.id punya layanan yang akan memudahkan kamu dalam memilih mobil bekas yang kamu inginkan. Melalui fitur Bantu Beli Garasi.id kami siap membantu kamu mulai dari mencari mobil sesuai keinginan, memastikan kondisi mobil tidak bekas banjir dan kecelakaan, hingga mengajukan kredit dengan proses cepat dan mudah. Jadi, kamu ga perlu ragu lagi untuk memiliki sebuah mobil.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 19 Mei 2020 | 15:01 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilasuransimobilasuransikecelakaan