Mobil manual
Mobil manual

Mobilmu Manual? Simak 6 Cara Mudah Merawatnya

04 Jan 2021 | 15:01 WIB

Bukan hanya mobil bekas, mobil baru pun juga memerlukan perawatan secara berkala. Hal itu pun berlaku pula untuk mobil manual. Namun terkadang banyak orang yang merawatnya secara asal tanpa memperhatikan secara mendetail tentang cara merawat mesin mobil manual dengan benar. Sehingga terkadang menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada mobil Sahabat bukan?  Berikut beberapa tips agar mobil Sahabat tetap terawat dengan baik.

Ganti oli dan filter oli sesuai waktunya

Kinerja sebuah mesin sangat bergantung dengan perawatan yang satu ini. Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima, oli mobil selayaknya wajib diganti secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe mobil.

Mobilmu Manual? Simak 6 Cara Mudah Merawatnya

Pada umumnya, penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak hingga 5000 km. Selain oli mobil, filter oli juga saling berhubungan. Jadi jangan biarkan oli mobil Sahabat terjaga namun filter oli tidak diperhatikan. Karena hasilnya dapat menggangu kinerja dari oli mobil Sahabat menjadi tidak maksimal dan cepat kotor.

Cek dan isi ketersediaan air radiator

Mobilmu Manual? Simak 6 Cara Mudah Merawatnya

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang bekerja. Pastikan Sahabat mengisi air di tabung radiator secara berkala agar mesin dapat bekerja dengan baik. Selain itu, jika Sahabat cukup sering menggunakan air wiper, isi tabung air wiper dengan air bersih jika air sudah mulai habis.

Cek komponen starter mobil

Mobilmu Manual? Simak 6 Cara Mudah Merawatnya

Cobalah untuk menghidupkan mobil Sahabat, bila mobil tidak dapat di starter maka terdapat kerusakan didalamnya. Hal ini dapat dikarenakan berkurangnya suplai bahan bakar atau udara. Periksalah saringan (filter) nya dengan cara mencabut filter dan membersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Akan tetapi bila hal tersebut sudah Sahabat lakukan namun mobil Sahabat belum menyala juga, segera bawa mobil Sahabat ke bengkel terdekat.

Cek timing belt mobil

Mobilmu Manual? Simak 6 Cara Mudah Merawatnya

Timing belt merupakan komponen dalam mobil yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang dihubungkan ke bagian internal mesin. Bila terdapat suara dengung atau bising ketika mobil Sahabat dinyalakan maka terdapat kerusakan pada timing belt. Kerusakan timing belt yang terus dibiarkan akan menyebabkan timing belt putus sehingga komponen-komponen tertentu pada mesin mobil dapat rusak.

Isi BBM

Mobilmu Manual? Simak 6 Cara Mudah Merawatnya

Mungkin hal ini terlihat sepele karena banyak orang yang ternyata tidak pernah mengisi tangki bensinya dengan penuh. Kebiasaan ini dapat menyebabkan bagian atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi dengan kotoran dan kerak sehingga akan sangat membahayakan apabila kotoran dan kerak tersebut tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran. Oleh sebab itu sesekali isi penuh tangki bensin mobil Sahabat agar bagian atas tangki tetap bersih dan terhindar dari kerak.

Lakukan penarikan gas sesekali

Mobilmu Manual? Simak 6 Cara Mudah Merawatnya

Sesekali pacu mobil Sahabat dengan kecepatan tinggi. Mobil yang telah lama digunakan akan terdapat kerak pada bagian mesinnya. Sahabat dapat menghilangkan kerak-kerak pada bagian mesin mobil ini dengan cara memacu kendaraan mobil Sahabat sehingga menyebabkan kerak dapat keluar melalui knalpot. Namun tentu  saja tetap pastikan kondisi sekitar tempat Sahabat berkendara aman dan tidak membahayakan keselamatan Sahabat dan orang lainnya yang berada di jalan.

Lakukan tune up rutin

Kamu dapat melakukan tune up di bengkel-bengkel resmi terdekat. Hal ini dapat membuat mesin anda akan tetap awet. Pada proses tune up, kondisi komponen-komponen vital mesin mobil anda akan diperiksa secara menyeluruh.

Mobilmu Manual? Simak 6 Cara Mudah Merawatnya

Bagaimana, apakah Sahabat sudah siap merawat mobil manual Sahabat dengan baik? Lakukan perawatan berkala pada mobil Sahabat, agar umur mobil Sahabat semakin Panjang. Jangan lupa lakukan service secara rutin ke bengkel langganan Sahabat, sehingga kenyamanan mobil Sahabat lebih terjamin.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 04 Jan 2021 | 15:01 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilmanualmobilmanualtransmisimanualtuneupgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family