Mobil
Mobil Mogok

Mobilmu Produksi "Zaman Now", Lakukan Ini Ketika Mogok

14 Okt 2018 | 17:00 WIB

Alami mobil mogok di jalan tentu sangat tak diharapkan, tapi jika hal itu sampai terjadi jangan sampai Sahabat tak tahu harus berbuat apa, sehingga tak kebingungan saat mengalaminya. 

Berbincang dengan Didi Ahadi, Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM), dirinya menyebutkan tindakan yang perlu dilakukan sangat sederhana, tinggal hubungi saja nomor darurat bengkel. 

Mobilmu Produksi "Zaman Now", Lakukan Ini Ketika Mogok

Dirinya beralasan, ini karena kendaraan-kendaraaan masa kini sudah dilengkapi dengan Electronic Control Unit (ECU). Jadi diagnosa kerusakan atau malafungsi harus dilakukan dengan alat scanner.  

"Jika yang mogok mobil sekarang seperti itu tadi, sudah dilengkapi dengan ECU dan banyak sensor, sehingga sulit untuk mendeteksi tanpa alat scanner. Jadi yang dibutuhkan adalah nomer telepon darurat bengkel," ujar Didi yang dilansir dari laman KOMPAS.com, Kamis (11/10/2018). 

Baca Juga: Kenapa Mobil Zaman Now Tak Perlu 'Dipanaskan' Sebelum Jalan?

Namun, sebagai deteksi awal, mungkin saja terjadi kecerobohan, periksa indikator bahan bakar. Jika jarum berada di posisi kosong (empty). 

Kemungkinan besar mobil mogok karena kehabisan bahan bakar. Kemudian langkah selanjutnya, mungkin bisa memeriksa sistem pengapian dan kelistrikan dari mobil, seperti di antaranya komponen aki dan busi. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 22:38 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobiltipsmogokatasijualbelibengkelperawatanzamannowECUgarasiidotomotif
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family