Volvo dengan mesin tank
Volvo Tua Dijejali Mesin Tank

Ngeri, Volvo Lawas Dijejali Mesin Tank

31 Mei 2020 | 12:01 WIB

Merek mobil Volvo dikenal dengan kendaraan yang memiliki tradisi keselamatan tingkat tinggi. Namun di tangan seorang yang punya inovasi, Volvo bisa saja jadi mobil yang sangat sangar dan keren.

Setidaknya hal itu dilakukan seorang pemilik Volvo PV544 bernama Victor Jonsson. Dia memodifikasi mobil Volvo lansiran 1960 itu dengan merombak pada bagian jantung pacu menggunakan mesin Diesel 38,3 liter transmash V12. Demikian dilansir Motor1.

Ngeri, Volvo Lawas Dijejali Mesin Tank

Tak tanggung-tanggung, mesin mobil ini rupanya dicomot dari sebuah kendaraan militer Brobandvagn, yang dapat digunakan sebagai jembatan lipat yang disebut Brobandvagn 971. Setidaknya kendaraan tempur ini dibuat dengan basis dari tank T-55 milik Rusia.

Sementara menurut The Drive, mesin dari Brobandvagn 971 ini sangar besar, karena mampu menghasilkan daya hingga 520 Tk dan torsi 1.696 lb-ft.

Tentu saja angka tenaga dan torsi ini berkali-kali lipat dari Volvo PV544 yang hanya menyematkan mesin B16 berkapasitas 1,6 liter empat segaris, yang hanya menyemburkan daya 66 Tk dan torsi 86 lb-ft.

Ngeri, Volvo Lawas Dijejali Mesin Tank

Tentu saja, mesin yang besar diperlukan karena bobot tank ini mencapai 36,6 ton. Alhasil, tank ini memerlukan akselerasi yang juga seimbang. Hanya saja dapat dipastikan besarnya mesin yang digunakan tentu akan membutuhkan jumlah bahan bakar.

Setidaknya, dengan disematkan mesin tersebut di Volvo PV544, mobil akan lebih ringan sekaligus menjadi seimbang. Jonsson menggunakan sasis kustom sehingga memiliki panjang hampir enam meter, dengan tambahan penggunaan suspensi depan dari truk heavy duty GM yang disesuaikan dengan as roda belakang.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 31 Mei 2020 | 12:01 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

infogarasiidragamotomotifsolusipuasceritaotomotif