Modifikasi Mobil
Mobil American Muscle

Modifikasi Mobil American Muscle Ini Seharga Nissan GTR

27 Agt 2018 | 20:00 WIB

Mobil-mobil American Muscle selalu menarik perhatian pecinta otomotif Indonesia. Jumlahnya yang jarang membuat keberadaannya di setiap acara-acara otomotif jadi bintang utama. 

Salah satunya Impala tahun 1962 milik Jonathan Salim. Ditemui beberapa waktu lalu di Tangerang, Impala ini hadir bukan dalam keadaan standar tapi sudah full modifikasi. 

"Untuk luar kita pakai warna tosca di bagian dasar. Lalu kita lapisi warna khusus merah muda. Pengecatannya biasa, di oven saja tapi efeknya jadi seperti warna bunglon," ucap Jonathan, seperti dilansir dari laman Kompas.com. 

Modifikasi Mobil American Muscle Ini Seharga Nissan GTR

Jonathan menceritakan awal mula Impala ini sampai di tangannya adalah berkat orang tuanya yang hobi mobil klasik. Jonathan diserahkan Impala ini dalam keadaan penuh karat atau dalam kondisi bangkai. 

Baca Juga: 5 Mobil Muscle Terbaik Sepanjang Masa

Ia dan bengkelnya, JHL Custom Garage, pun mengerjakan mobil ini untuk dijadikan ikon bengkel. Langkah pertama yang dilakukan adalah memperbaiki eksterior kendaraan. 

"Kita tidak mau dempul.Semua bagian kita pesan dari luar, seperti pintu dan aksesori krom yang ada. Untuk di luar masih ada yang jual. Hanya waktu kedatangan barang saja yang cukup memakan waktu, bisa dalam sebulan hanya satu barang yang datang," ucap Jonathan. 

Untuk bagian dalam, Jonathan mengejar tampilan orisinil mobil klasik ini. Tidak ada penambahan perangkat modern yang merusak estetika, kecuali beberapa tambahan indikator. 

Bagian mesin, Jonathan membuang mesin lama dan menggantinya dengan mesin baru. Mesin Chevrolet V8 350 3.500 cc dipasangkan ke dalam Impala tersebut. 

"Kita pasangkan mesin yang lebih bertenaga. Pesannya juga dari luar, tinggal pasang. Pengerjaan hanya pada dudukan yang harus dibuat lebih dulu menyesuaikan mesin baru," ucap Jonathan.

Tambahan lainnya untuk Impala ini adalah penggunaan RideTech air suspension di keempat roda. Ini membuat tinggi rendah mobil dapat diatur sesuai kebutuhan. 

Modifikasi Mobil American Muscle Ini Seharga Nissan GTR

Meski Impala ini sudah nampak sempurna, Jonathan masih belum puas mendandani mobilnya. Ia masih mengincar sisi pengereman mobil yang masih menggunakan perangkat jadul untuk diganti menjadi cakram. Selain itu di bagian steering rack yang saat ini masih belum menggunakan power steering. 

Lantas berapa biaya yang dikeluarkan selama lima tahun memodifikasi Impala ini? 

"Kalau berapa, karena dikerjakan satu per satu agak sulit ya mengukurnya. tapi bila ditotal jumlahnya sudah melebihi harga Nissan GT-R 2009," ucap Jonathan sambil terkekeh. 

Itu artinya biaya modifikasi Impala ini sudah melebihi angka Rp 2 miliar.

Foto : Kompas.com

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 03:26 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelimodifikasimuscleamericanindonesiahargaNissanGTRotomotifgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family