Mobil Ceper
Modifikasi Mobil Ceper

Modifikasi Mobil Jadi Ceper Tapi Tetap Aman, Ini Kisaran Biayanya

19 Mar 2019 | 16:51 WIB

Untuk bicara tampilan, memang modifikasi kaki-kaki bisa merugikan Sahabat Garasi ke depannya, dengan semakin pendek umur suspensi. Eits, tapi tunggu dulu Sahabat Garasi. hal itu bisa terjadi saat melakukan modifikasi yang salah, dengan memotong per sehingga mengurangi daya kerja suspensi.

Namun jika memodifikasi mobil lebih ceper dengan cara yang benar, dijamin tampilan keren dan kenyamanan akan tetap dirasakan Sahabat Garasi. Tapi kira-kira berapa biaya yang dibutuhkannya ya?

Tentu jika memilih air suspension dengan banderol yang lebih mahal memang menjadi langkah yang tepat. Akan tetapi Sahabat Garasi bisa memilih untuk memodifikasi kaki-kaki dengan cara sederhana namun tetap aman lho. Tentunya harganya lebih murah dibandingkan menggunakan Air Suspension.

Modifikasi Mobil Jadi Ceper Tapi Tetap Aman, Ini Kisaran Biayanya

Untuk menjadikan mobil kesayangan Sahabat Garasi menjadi ceper dengan cara sederhana, Sahabat Garasi hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 1.5 hingga Rp 2 jutaan. Dengan penggantian per, roll, fender, yang membuat tampilan mobil kesayangan Sahabat Garasi makin keren. Namun kisaran biaya ini tergantung dari bengkel kaki-kaki pilihan Sahabat Garasi ya.

Nah biasanya langkah ini kerap dipilih oleh anak sekolah atau kuliahan yang ngejar tampilan aja. Dengan prioritas masih dapat berkendara dengan tampilan keren.

Namun buat Sahabat Garasi yang memiliki "kantong agak tebal" bisa memilih modifikasi kaki-kaki sederhana yang lebih lengkap. Dengan kisaran dana mencapai Rp 5 jutaan Sahabat Garasi dijamin masih akan merasakan kenyamanan berkendara. Kisaran modifikasi kaki-kaki ini akan meliputi penggantian per sport, sporkit, shockbraker rigid.

Baca juga: Kamu Pemula? Ini Cara Tepat Modifikasi Mobil Biar Nggak Lebay

Modifikasi dengan kisaran harga Rp 5 jutaan ini dijamin akan tetap nyaman karena modifikasi ini bisa diartikan seperti suspensi standar, berkat ada perubahan pada shockbraker yang memang dibuat khusus untuk memberi rasa nyaman dan aman.

Nah lebih keren lagi, jika Sahabat Garasi memiliki dana sekitar Rp 12 jutaan sampai Rp 27 jutaan. Dengan menggunakan Coilover, kenyamanan modifikasi kaki-kaki namun tetap aman untuk dikendarai akan dirasakan Sahabat Garasi.

Karena suspensi ini memiliki settingan naik-turun hanya cukup diatur saja. Terlebih menggunakan Coilover juga memiliki stelan mengatur keras dan empuknya suspensi, Serta memiliki setelan rebon dan pillow ball yang bisa mengatur kemiringan ban.

Suspensi bisa menjadi keras karena beberapa hal. Berikut hal-hal yang membuat suspensi keras dan cara mengatasinya.

3 Penyebab Suspensi Mobil Keras dan Cara Mengatasinya

1. Masa Pakai Telah Habis

Penyebab Suspensi Mobil Keras pertama yaitu masa pakai yang sudah habis, ya mungkin faktor ini merupakan hukum alam yang sudah tidak bisa dihindari. Pada umumnya suspensi mobil yang sudah expaired, oli yang ada di dalam suspensi mobil akan habis atau bocor sehingga kualitas suspensi mobil menjadi keras. Untuk mengetahui oli suspensi mobil yang bocor, Sahabat bisa melihatnya pada dibagian suspensi apakah bocor atau tidak. Jika ada debu yang menempel dibadan suspensi, tidak menutup kemungkinan oli sudah bocor. Dan untuk mengatasi oli suspensi mobil yang bocor, sebaiknya mobil dibawa ke tempat bengkel khusus shockbeker.

2. Mobil Sering Melaju di Jalan Berlubang

Penyebab Suspensi Mobil Keras yang kedua yaitu karena seringnya mobil melaju di jalanan yang tidak rata alias berlubang. Mobil yang sering melewati jalanan yang berlubang alias tidak rata maka suspensi mobil akan bekerja lebih berat sehingga mempercepat masanya, khususnya untuk mobil sedan atau hatcback yang kualitas suspensinya tidak terlalu tangguh seperti mobil suv atau mpv. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya ketika melewati jalanan yang tidak rata laju mobil dalam keadaan pelan supaya suspensi bisa bekerja secara optimal.

3. Pemasangan Upper Mounting Tidak Tepat

Dan untuk Penyebab Suspensi Mobil Keras yang terakhir yaitu pemasangan upper mounting yang tidak pas atau tepat. Perlu diketahui jika pemasangan mounting tidak tepat, akibat yang dirasakan yaitu suspensi tidak bisa duduk sebagaimana mestinya. Jika kondisi tersebut dibiarkan maka kinerja suspensi akan melebihi batas, maka dari itu untuk mencegah suspensi mobil yang keras sobat perlu mengecek bagian upper mounting apakah sudah pas atau tidak.

Nah Sahabat, begitulah perkiraan harga untuk modifikasi suspensi kendaraan kesayangan kamu dan penyebab suspensi menjadi keras. Semoga dengan informasi diatas Sahabat bisa semakin paham tentang suspensi kendaraan. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:36 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

modifmobilmodifikasibarubekascepersuspensiper